11 Warna Umpan Yang Disukai Ikan Laut Biar Cepat Strike

Warna Umpan Yang Disukai Ikan Laut – Salah satu faktor yang sangat berpengaruh pada hasil tangkap ikan yakni pemilihan umpan. Sebagai pemancing, sudah semestinya memahami setiap umpan ikan yang digunakan, terutama umpan untuk memancing ikan di laut.

Ada banyak jenis umpan ikan laut dengan berbagai bentuk dan variasi warna, namun tidak semua umpan disukai oleh ikan. Itu sebabnya, sebagai pemancing harus paham betul penggunaan umpan mulai dari bentuk hingga warna umpan benar-benar harus diperhatikan.

Penentuan lure (umpan buatan) membutuhkan penyesuaian dengan kondisi spot mancing. Warna pada lure umpan ikan laut buatan memang tak serta-merta menjamin rasio strike, akan tetapi warna termasuk salah satu penentu strike dalam memancing ikan laut.

Pemacing harus bisa menentukan warna umpan yang disukai ikan sesuai kondisi spot, jenis ikan, karakter ikan hingga waktu yang cocok kapan waktu menggunakan jenis lure berbeda-beda. Adapun jenis warna umpan yang paling disukai ikan laut yaitu sebagai berikut ini.

Cara Memilih Warna Umpan Yang Disukai Ikan Laut

Cara Memilih Warna Umpan Yang Disukai Ikan Laut
Advertisements

Dalam pemilihan warna umpan buatan, pilihlah warna yang kontras dengan keadaan air laut. Dimana warna umpan buatan yang paling disukai ikan laut umumnya warna biru dan merah.

Kedua warna tersebut sangat disukai, karena ini termasuk penentu insting ikan dalam menyambar umpan. Meskipun demikian, namun itu juga tidak semestinya karena memang tetap harus memperhatikan kondisi spot mulai dari tingkat kedalaman hingga kondisi cuaca.

Memang benar ada banyak UMPAN IKAN LAUT yang bisa Anda gunakan agar cepat strike. Akan tetapi, tidak semua umpan bisa digunakan dan cocok di berbagai kondisi spot.

Sebagian warna umpan ikan laut akan tersaring didalam air. Beberapa warna tidak dapat dilihat pada kedalaman tertentu, karena akan diurai oleh cahaya yang menembus kedalam air.

Tentu saja ini dipengaruhi oleh tingkat kejernihan, kondisi angin, cahaya serta kedalaman lure bermain. Maka dari itu, kami akan jelaskan sedikit hubungan antara cahaya dan air.

Spectrume warna cahaya yaitu merah, oranye, kuning, hijau, biru, nila serta ungu. Apabila semua warna dicampur maka akan menghasilkan warna putih mengkilap seperti sisik ikan laut.

Gambarannya, bila seorang berada di pinggir danau, kemudian melempar umpan maka lama-kelamaan warna akan berubah hingga tidak terlihat sampai ke dasar danau.

Pada kedalaman 10 feet warna merah hampir menghilang, oranye dan kuning juga memudar. Sedangkan di kedalaman 35 feet, warna oranye dan kuning hilang dengan cepat.

Lalu, pada kedalaman 75 feet warna kuning terlihat biru kehijauan dan warna yang terlihat hanyalah warna biru, nila serta ungu. Pada kedalaman lebih dari 150 feet warna biru dan nila sangat sulit dilihat, sementara itu warna ungu perlahan akan mulai menghilang.

Kedalaman beberapa ratus feet ke atas hanya ultra violet saja warna yang terlihat sampai tak terlihat sama sekali oleh mata. Warna neon menjadi warna tetap yang terlihat di dalam air.

Hal itu dikarenakan flourescene yang ada menurut pengamat flourescene pink dan kuning dapat dilihat pada kedalaman lebih dari 125 feet. Namun, ini jika kondisi air sangat jernih.

Kesimpulannya, jika menggunakan warna umpan oranye pekat, maka pakailah umpan di kedalaman sebelum 35 feet atau sebaiknya cukup di kedalaman 20 feet saja.

Itu artinya untuk warna umpan paling disukai ikan laut dalam yakni warna kuning dan pink. Namun, itupun harus disesuaikan dengan kondisi serta warna air laut spot memancing.

Warna Umpan Sesuai Kedalaman dan Warna Air

Warna Umpan Sesuai Kedalaman dan Warna Air
Advertisements

Setelah mengetahui sedikit penjelasan terkait klasifikasi warna di atas, berikut beberapa tips pemilihan warna lure paling disukai sesuai dengan kedalaman dan warna air.

  1. Sangat Jernih, untuk kondisi ini warna mencolok seperti hitam sangat disukai ikan pada kedalaman di atas 10 feet.
  2. Jernih, untuk kondisi air laut jernih warna yang paling disukai ikan laut yakni warna gelap mencolok seperti biru tua.
  3. Air kehijauan, dalam kondisi air yang kehijauan warna hijau sangat disukai oleh ikan.
  4. Air kotor sedikit keruh, warna paling disukai ikan laut untuk kondisi ini yakni orange, hijau, hijau muda kekuningan dan merah.
  5. Air keruh, warna paling disukai ikan ialah warna merah.

Warna Lure Yang Disukai Dalam Cahaya Yang Kurang

Warna Lure Yang Disukai Dalam Cahaya Yang Kurang
Advertisements

Selain itu, pemilihan warna umpan buatan dalam cahaya yang kurang seperti untuk sore dan malam hari. Berikut warna-warna umpan yang disukai ikan laut dalam cahaya yang kurang.

  1. Low Light, cocok untuk waktu subuh hingga matahari terbit.
  2. Medium Light, cocok untuk waktu subuh hingga matahari mencapai 20 derajat dari ufuk.
  3. High Light, mulai dari 20 derajat ufuk menuju arah yang berlawanan dari ufuk atau menjelang magrib.
  4. Low Light, warna paling disukai adalah ungu, biru, hitama dan kilauan warna silver.
  5. Medium Light, merah dan oranye menjadi warna paling disukai.
  6. High Light, Coklat dan abu-abu dengan tambahan warna flourescene menjadi warna paling disukai ikan laut.

Nah, itulah penjelasan lengkap dari inspired2write.com terkait warna umpan ikan yang disukai ikan laut lengkap beserta cara memilihnya. Demikianlah, semoga informasinya membantu.

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.