5 Umpan Tiruan Untuk Ikan Kakap Putih Paling Jitu

Umpan Tiruan Untuk Ikan Kakap Putih – Memancing ikan kakap putih atau barramundi menjadi kepuasan tersendiri bagi para pemancing. Khususnya para pemancing ikan predator.

Salah satu teknik paling ampuh dan jitu untuk menaklukkan ikan kakap putih yakni dengan teknik casting. Dimana teknik ini memungkinkan memancing dengan umpan tiruan (lure).

Dalam teknik casting barramundi, umpan tiruan yang digunakan harus tepat. Hal ini bertujuan untuk menarik perhatian ikan kakap putih agar mau menyambar umpan tersebut.

Pemilihan lure kakap putih harus yang paling ampuh dan jitu, karena ini bisa meningkatkan rasio strike. Lantas, apa saja umpan tiruan ikan kakap putih paling jitu? Simak di bawah ini.

Umpan Tiruan Untuk Ikan Kakap Putih

Umpan Tiruan Untuk Ikan Kakap Putih
Advertisements

Faktor yang paling menentu ketika casting kakap putih yakni penggunaan umpan tiruan. Meskipun sebenarnya, pemancing bisa menggunakan UMPAN IKAN KAKAP PUTIH alami yang juga cukup efektif untuk memancing ikan barramundi, namun lure casting dinilai lebih efektif.

Itulah sebabnya mengapa banyak pemancing yang lebih melakukan casting menggunakan umpan tiruan. Adapun umpan tiruan untuk ikan kakap putih paling jitu yaitu sebagai berikut.

1. Rapala Clacking Minnow

1. Rapala Clacking Minnow
Advertisements

Umpan tiruan pertama paling jitu untuk mancing barramundi yaitu Rapala Clacking Minnow. Jenis lure killer ini termasuk yang paling ampuh dan jitu untuk casting ikan kakap putih.

Rapala Clacking Minnow cocok digunakan untuk casting kakap putih dengan kondisi air hijau bening sampai kehijauan. Maka dari itu, lure minnow ini sangat direkomendasikan.

2. Topwater WTD

2. Topwater WTD
Advertisements

Jenis lure selanjutnya yaitu Topwater WTD. Jenis umpan killer satu ini banyak digunakan pemancing profesional untuk casting kakap putih di semua kondisi, baik malam ataupun siang hari.

Topwater WTD memiliki gerakan cepat di atas permukaan dengan gerakan zigzag, sehingga akan menarik perhatian ikan kakap putih untuk menyambar umpan tiruan satu ini.

3. Floating Stickbait

3. Floating Stickbait
Advertisements

Umpan tiruan berikutnya ialah Floating Stickbait, merupakan salah satu lure killer top water. Jenis umpan tiruan ini sebenarnya memiliki action seperti lure Topwater WTD.

Selain itu, bentuknya menyerupai jenis lure pencil dan ukurannya pendek menjadi daya tarik tersendiri lure ini untuk menarik perhatian barramundi menyambar umpan.

4. Pencil Sinking

4. Pencil Sinking
Advertisements

Umpan tiruan paling jitu untuk casting barramundi selanjutnya yaitu pencil sinking. Lure ini memiliki bentuk menyerupai mangsa asli dari ikan kakap putih atau barramundi.

Selain bentuk, warna dari jenis lure ini juga seperti aslinya serta bisa tenggelam sekitar 1-3 meter. Dengan bentuk dan warna seperti mangsa aslinya, membuat lure ini disukai barramundi.

5. Soft Lure

5. Soft Lure
Advertisements

Umpan tiruan paling umum digunakan untuk casting kakap putih di air tawar ialah soft lure. Umpan tiruan ini punya bentuk menyerupai makanan asli kakap putih dihabitatnya.

Selain itu, lure ini juga dibuat dari bahan dasar karet yang kenyal dan lunak serta ekornya bisa bergerak seperti ikan asli membuat ikan kakap putih sangat tertarik untuk menyambarnya.

Warna Lure Untuk Ikan Kakap Putih

Warna Lure Untuk Ikan Kakap Putih
Advertisements

Selain jenis umpan tiruan, warna umpan tiruan juga cukup penting. Dimana pemilihan warna umpan tiruan untuk ikan kakap putih harus disesuaikan berdasarkan kondisi air.

Kondisi air sangat berpengaruh terhadap warna umpan tiruan itu sendiri. Adapun tipe ampuh untuk memilih warna umpan tiruan ikan kakap sesuai kondisi air yakni sebagai berikut.

  • Apabila kondisi air spot casting kakap putih jernih, sebaiknya gunakan warna umpan tiruan agak gelap seperti hitam, biru malam serta ungu.
  • Jika kondisi air spot casting agak keruh, dianjurkan untuk menggunakan umpan tiruan berwarna terang seperti silver, orange, hijau stabilo.

Selain itu, ada juga warna umpan tiruan yang bisa digunakan di segala kondisi yakni umpan tiruan yang memiliki 2 warna sekaligus, contohnya merah putih cocok untuk air jernih dan keruh.

Jika ingin mendapatkan hasil banyak, maka memancinglah ketika bulan musim ikan kakap putih. Bulan paling cocok untuk mancing kakap putih yakni ketika bulan sudah benar-benar gelap atau bisa juga setengah gelap (half moon), karena nafsu makan kakap putih meningkat.

Jangan memancing pada saat keadaan bulan sedang terang (full moon), karena pada bulan ini nafsu ikan kakap putih berkurang, baik itu pada siang hari maupun malam hari.

Nah, itulah informasi lengkap dari inspired2write.com terkait umpan tiruan untuk ikan kakap putih paling jitu. Demikianlah informasi dari kami, semoga ulasan di atas membantu Anda.

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.