5 Warna Lure Untuk Ikan Hampala Paling Disukai

Warna Lure Untuk Ikan Hampala – Ketika memancing ikan hampala, penggunaan umpan benar-benar harus diperhatikan oleh para pemancing, karena ini akan menentukan rasio strike.

UMPAN IKAN HAMPALA memang bisa berupa umpan hidup. Akan tetapi tak jarang juga banyak pemancing yang suka menggunakan umpan buatan, khusunya pencinta teknik casting.

Teknik memancing dengan umpan buatan atau lure ini dinilai lebih efektif. Hal itu dikarenakan lure akan dibuat menari di air, sehingga bisa menarik perhatian ikan untuk menyambar umpan.

Daya tarik utama memancing ikan menggunakan lure adalah dari segi jenis dan warna lure itu sendiri. Lantas, apa warna lure untuk ikan hampala paling disukai? Berikut penjelasannya.

Warna Lure Untuk Ikan Hampala

Warna Lure Untuk Ikan Hampala
Advertisements

Salah satu pemikat pada lure teknik casting agar disambar ikan hampala adalah warna lure itu sendiri. Ketika memancing ikan hampala, pemilihan warna umpan harus sesuai.

Pemilihan warna lure untuk casting hampala harus tepat dengan menyesuaikan kondisi air, seperti saat mancing di air kondisi jernih ataupun memancing saat kondisi air spot keruh.

Dalam hal ini warna lure sangat penting karena ini bisa meningkatkan rasio strike. Adapun warna lure paling cocok untuk casting hampala di air keruh dan jerih yakni sebagai berikut.

A. Warna Lure Untuk Ikan Hampala di Air Keruh

A. Warna Lure Untuk Ikan Hampala di Air Keruh
Advertisements

Setiap kondisi air, warna lure yang digunakan akan berbeda-beda. Ketika memancing ikan hampala dengan kondisi air keruh, maka pemilihan warna harus benar-benar tepat.

Pada saat memancing ikan hampala di air keruh, maka pilihlah warna lure yang mencolok atau terang seperti hijau stabilo, merah cerah, orange, pink, kuning stabilo dan putih.

Warna-warna itulah yang biasanya dapat melandedkan ikan hampala dengan kondisi air keruh. Untuk jenis lure spoon sebaiknya pilihlah warna gold atau emas untuk kondisi air keruh.

B. Warna Lure Untuk Ikan Hampala di Air Jernih

B. Warna Lure Untuk Ikan Hampala di Air Jernih
Advertisements

Lain kondisi air, lain pula warna lure yang digunakan. Dalam kondisi air jernih warna lura yang digunakan harus tepat karena kondisi spot yang jernih membuat ikan hampala lebih sensitif.

Ketika kondisi air spot memancing ikan hampala jernih, justru lure yang dilempar akan membuat ikan hampala menjauh pergi, karena memiliki kecenderungan sensitif terhadap kondisi spot.

Warna lure paling cocok untuk casting ikan hampala dikala air jernih sebaiknya disesuaikan berdasarkan warna mangsa aslinya. Jangan gunakan warna terlalu mencolok.

Misalnya saja, lure berbentuk ikan wader maka pilihlah warna lure dengan corak hijau tua dan hologram. Bisa juga warna red head, karena ini warna paling disukai ikan hampala.

Sedangkan, untuk jenis lure spoon sebaiknya gunakan umpan buatan spoon dengan warna silver ataupun gold serta pilihlah model lure spoon yang memutar seperti baling-baling.

Jenis Lure Untuk Ikan Hampala

Jenis Lure Untuk Ikan Hampala
Advertisements

Selain warna, jenis dan bentuk lure juga perlu diperhatikan. Karena tidak semua jenis lure disukai ikan hampala. Adapun jenis lure paling disukai ikan hampala yaitu sebagai berikut ini.

1. Lure Spoon

1. Lure Spoon
Advertisements

Jenis lure paling disukai ikan hampala yang pertama yaitu lure spoon, khususnya warna gold dan silver. Model lure spoon ini cocok digunakan untuk air keruh maupun air jernih.

Spoon memiliki bentuk seperti sendok dan akan berputar, sehingga ikan predator seperti hampala akan mengejar dan menyambar umpan yang memiliki warna berkilau satu ini.

2. Minnow

2. Minnow
Advertisements

Ada tiga jenis minnow paling disukai ikan hampala yaitu floating, suspen dan sinking. Pertama lure minnow floating, jenis umpan tiruan yang mengambang di permukaan air.

Untuk yang kedua, minnow suspending posisinya berada di tengah dan minnow sinking umpan ini tenggelam di bawah. Lure ini punya warna cerah, sehingga cocok untuk kondisi air keruh.

3. Swimbait

3. Swimbait
Advertisements

Jenis lure ini sangat cocok untuk casting hampala di air jernih. Model lure swimbaitt ini memiliki bentuk dan warna menyerupai mangsa aslinya, sehingga akan menarik ikan untuk menyambar.

Nah, itulah beberapa jenis lure paling disukai ikan hampala. Selain itu, masih ada beberapa jenis lure lainnya untuk casting hampala di arus deras. Berikut jenis lure untuk hampala paling jitu.

  • Mini Popper
  • Crank Bait
  • Pencil Bait
  • Softlure Tail

Demikianlah informasi lengkap dari inspired2wrute.com terkait warna dan jenis lure untuk hampala paling jitu dan disukai. Sekiranya cukup itu saja, semoga informasi di atas bermanfaat.

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.