7 Umpan Ikan Hampala & Spot Mancing Terbaiknya

Umpan Ikan Hampala – Apakah anda menjadi salah satu orang yang punya hobi memancing?. Bagi sebagian orang kegiatan memancing memang sangat asyik. Salah satu rekomendasi ikan yang patut anda coba pancing adalah ikan Hampala. Taukah anda bahwa ikan hampala merupakan ikan air tawar anggota suku Cyprinidae.

Tidak hanya itu saja, ikan Hampala juga tersebar luas di Asia Tenggara daratan dan juga tersebar luas di Indonesia bagian barat. Nama lokal ikan ini juga beragam mulai dari hampalong, hambal, dongan, barau, sebaju, suco, wader sebarau, dungan, dongan, dan lain sebagainya

Ikan Hampala memiliki ciri umum yaitu strukur tubuhnya hampir sama persis dengan ikan mas. Bedanya hanya ada di ukuran mulut ikan Hampala yang lebih lebar. Selain itu, ikan hampala memiliki sisik berwarna hitam mengkilat mulai dari ujung ekor sampai ke bagian perut bawah ikan hampala.

Perlu anda tau, ikan hampala sangat menyukai ikan-ikan kecil ataupun memangsa serangga. Untuk ukuran ikan hampalan yang kecil, biasanya dia akan berenang di dekat permukaan air dengan cara hidupnya yang berkelompok untuk menuju ke hulu sungai, waduk, atau danau.

Umpan Ikan Hampala & Spot Mancing Terbaiknya

Umpan Ikan Hampala Spot Mancing Terbaiknya

Advertisements

Untuk bisa mendapatkan ikan hampalan yang anda inginkan, tentu saja membutuhkan umpan yang jitu pula agar hasil pancingan memuaskan. Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas apa saja umpan yang dapat digunakan untuk memancing ikan Hampala lengkap dengan spot memancing terbaiknya, silahkan simak ulasan di bawah ini.

Umpan Ikan Hampala

Umpan Ikan Hampala

1. Udang Kecil

Anda bisa menggunakan udang kecil sebagai umpannya. Menggunakan udang kecil sangat cocok digunakan untuk memancing ikan di air yang keruh. Usahakan anda menggunakan udang kecil yang masih segar. Caranya cukup mudah, hanya perlu menancapkan udang kecil ke mata kail dan umpan siap digunakan.

2. Kulit Ayam

Sebagian ikan memang banyak para pemancing yang menggunakan kulit ayam sebagai umpannya. Sama seperti umpan ikan gabus yang membutuhkan kulit ayam dan telur ayam di dalam campurannya. Berbeda dengan ikan hampala, anda cukup memotong kecil-kecil kulit ayam atau bisa di sesuaikan dengan kail yang digunakan. Aroma dari kulit ayam membuat ikan bergairah lalu mendekat ke arah umpan dan tentunya akan melahapnya.

3. Belalang Sawah

Karena pada dasarnya ikan hampala memang sangat menyukai ikan-ikan kecil dan serangga. Anda bisa mencoba memancing menggunakan belalang sawah, serangga satu ini sangat mudah ditemukan. Gunakan serangga sawah untuk memancingnya, cara menggunakan umpan satu ini cukup mudah, kaitkan belalang sawah ke mata kail dan umpan siap digunakan.

4. Anak Katak

Anda juga bisa menggunakan anak kata untuk umpan jitunya. Tidak perlu membutuhkan bahan lainnya, cukup cari anak katak kemudian potong kecil-kecil sesuai ukuran mata kail dan umpan anak katak siap digunakan untuk memancing ikan Hampala.

5. Jangkrik

Tidak hanya belalang dan anak katak, anda juga bisa mencoba memancing menggunakan jangkrik. Serangga dengan suara nyaring ini memang sangat cocok dijadikan umpan ikan tersebut.

6. Cacing Tanah

Ya, seperti kita tau bahwa cacing tanah sudah populer digunakan untuk memancing beberapa jenis ikan. Tidak terkecuali dengan ikan yang satu ini, ikan hampala. Gunakan cacing tanah lalu potong sesuai ukuran kail.

7. Ulat Daun

Ulat juga menjadi salah satu umpan cukup jitu yang digunakan untuk memancing jenis ikan satu ini. Anda bisa menggunakan ulat daun pisang atau ulat daun lainnya.

Spot Memancing Ikan Hampala

Spot Memancing Ikan Hampala

  • Tepian Sungai

Ikan yang satu ini jarang ada di tengah sungai, biasanya ikan hampala berada di sungai kecil ataupun sisi kelokan air. Dan disitulah spot terbaik anda memancing ikan hampala.

  • Arus Deras

Ikan hampala memang terkenal sangat menyukai arus air yang deras, ikan hampala biasanya menunggu ikan-ikan kecil yang berenang melawan arus ataupun ikan yang terbawa arus deras.

  • Tempuran

Biasanya anda mudah menemukan ikan hampala di tempuran. Tempuran adalah titik pertemuan antara dua sungai yang menjadi satu. Krena di tempat inilah ada arus yang deras dan juga arus lambat, sehingga ikan hampala pasti banyak di spot seperti itu.

  • Di Dekat Batu Besar atau Pohon Tumbang

Biasanya terdapat batu besar ataupun pohon yang ada di sungai, disana juga terdapat aliran air yang tertahan disitulah ikan hampala berada.

Demikian informasi tentang apa saja umpan ikan hampala yang bisa digunakan lengkap dengan bahan dan cara membuatnya dan telah inspired2write.com sampaikan dengan jelas. Tidak hanya itu saja, informasi di atas juga dilengkapi dengan spot mana saja ikan hampala berada.

Tinggalkan komentar