10 Umpan Ikan Sepat Siam & Trik Jitu Memancingnya

Umpan Ikan Sepat – Seperti yang kita ketahui bersama, ikan sepat saat ini cukup mudah ditemui disetiap tempat seperti sawah, danau, sungai, empang, waduk, rawa dan lain sebagainya. Oleh karena itu, tidak heran jika banyak orang yang tertarik untuk memancing ikan sepat

Ikan sepat merupakan segolongan ikan air tawar yang masuk kedalam sejenis anggota ikan gurami. Di Indonesia sendiri ikan sepat dikenal sebagai ikan konsumsi yang banyak diminati oleh masyarakat, walaupn beberapa jenis dijual sebagai ikan hias namun tetap tidak mengurangi eksistensi ikan satu ini.

Biasanya ikan sepat dikenal sering bergerombol dan muncul ke permukaan air untuk mengambil udara. Tidak jarang banyak ikan sepat yang hidup berada di bawah tanaman air seperti eceng gondok, atau kangung dan tanaman air ini digunakan sebagai tempat untuk menyimpan telur-telur ikan sepat.

Bagi anda yang ingin memancing ikan sepat tentu ada beberapa yang harus diperhatikan selain ukuran kail yaitu umpan yang digunakan. Ada beberapa umpan yang biasanya digunakan untuk memancing ikan salah satunya adalah lumut yang lembuat ditambah dengan sedikit penyedap rasa.

Umpan Ikan Sepat Siam & Trik Jitu Memancingnya

Umpan Ikan Sepat Siam Trik Jitu Memancingnya

Advertisements

Sebelum memancing ikan sepat, hal yang perlu anda perhatikan selain alat pancing adalah umpannya. Pada artikel kali ini, kita telah merangkum apa saja umpan-umpan ikan sepat yang bisa digunakan untuk mendapatkannya. Silahkan simak ulasan di bawah ini.

Umpan Ikan Sepat

Umpan Ikan Sepat

1.Lumut

Untuk umpan sepat anda bisa menggunakan lumut yang lembut, tidak hanya menggunakan lumut, anda jugabisa menggunakan umpan lumut yang di campur dengan penyedap rasa sapi di dalam wadah kemudian aduk sampai rata.

2.Ulat Bambu

Jika anda menggunakan ulat bambu sebagai umpan ikan sepat, maka ada baiknya potong ulat sesuai dengan mata kail karena mulut ikan sepat tidak lebar. Dengan memotong ulat sebagai umpan kecil-kecil maka secara otomatis ikan sepat bisa langsung memangsanya.

3.Daging Ayam

Anda juga bisa menggunakan daging ayam sebagai umpan ikan sepat. Untuk menggunakannya, anda cukup membeli sedikit saja daging ayam lalu potong kecil-kecil susai ukuran kail.

4.Cacing

Untuk anda yang ingin menggunakan cacing sebagai umpannya, usahakan jangan memberi dengan ukuran besar. Potong ujung cacing sedikit serta sesuai dengan diameter mata kail agar nantinya bisa langsung di makan oleh ikan sepat. Hal tersebut dikarenakan ikan sepat mulutnya memang tidak seperti ikan lele atau ikan lainnya.

5.Laron

Seperti kita tau banyak orang yang memanfaatkan laron sebagai umpan ikan saat memancing. Ikan sepat salah satunya, gunakan laron yang sayapnya sudah dilepas lalu tusukkan ke kail pancing.

6.Lemak Ayam

Umpan yang dapat digunakan ikan sepat selanjutnya adalah lemak ayam. Anda bisa menggunakan lemak ayam dengan cara di potong sesuai ukuran mata kail pancing.

7.Mie Instan

Untuk menggunakan umpan mie instan anda perlu merendamnya sampai mengembang, kemudian bisa di cuil sedikit sesuai dengan ukuran mata kail pancing milik anda.

8. Telur Semut/Kroto

Selain umpan-umpan di atas, anda juga bisa mengguankan telur semut atau biasa disebut dengan kroto. Memang biasanya kroto banyak digunakan untuk umpan pancing ikan loh.

9. Kodok

Kodok juga bisa digunakan sebagai umpan, ukuran kodok memang besar jangan gunakan seutuhnya, potong kecil-kecil kemudian kaitkan ke kail pancing.

10. Kerupuk

Sama seperti mie instan, anda bisa gunakan kerupuk dengan cara di rendam terlebih dahulu baru digunakan sebagai umpan .

Trik Jitu Memancing Ikan Sepat

Trik Jitu Memancing Ikan Sepat

  • Gunakan kail yang sesuai dengan ukuran target ikan sepat yang anda inginkan.
  • Gunakan kenur yang sesuai dengan mata kail.
  • Gunakan timah model lembaran atau timah daun.
  • Anda bisa menggunakan pelampung model lancip.
  • Coba gunakan umpan yang bisa menarik ikan sepat karena nantinya anda bisa dengan mudah mendapatkan ikan tersebut.
  • Lempat umpan ke lokasi yang sekiranya banyak ikan bergerombol.
  • Jika pelampung sudah mulai bergerak, langsung saja di sentak.

Setelah anda mengetahui apa saja umpan-umpan yang bisa digunakan untuk memancing ikan sepat lengkap dengan tirik jitu memancingnya dari inspired2write.com membuat anda bisa mendapatkan ikan sepat yang banyak. Gunakan umpan sesuai mata kail agar bisa memudahkan ikan memangsanya dan anda bisa dengan mudah mendapatkan ikan tersebut.

Tinggalkan komentar