11 Umpan Ikan Gabus Paling Jitu dan Racikan Rahasia

Umpan Ikan Gabus – Siapa disini yang hobi memancing? jika iya, anda berada di artikel yang tepat karena kita akan membahas mengenai ikan gabusa yang dapat di pancing menggunakan umpan yang tepat.

Seperti kita ketahui bahwa ikan gabus merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang bisa hidup di air yang keruh. Tidak hanya itu saja, ikan gabus juga dikenal sebagai ikan predator.

Namun, banyak orang yang ingin memancing ikan yang satu ini, tidak heran karena ikan gabus memiliki kandungan vitamin yang cukup tinggi dan baik bagi kesehatan tubuh manusia.

Selain itu, tidak jarang para pemancing memburu ikan gabus untuk dijual karena ikan gabus memang memiliki nilai ekonomis yang cukup menguntungkan. Sehingga banyak yang tertarik memancing ikan satu ini.

Umpan Ikan Gabus Paling Jitu dan Racikan Rahasia

Umpan Ikan Gabus Paling Jitu dan Racikan Rahasia

Advertisements

Setelah membahas sedikit tentang ikan gabus dan bagaimana cara memancingnya. Rasanya kurang lengkap apabila kita tidak membahas juga apa saja umpan yang dapat di gunakan untuk memancing ikan tersebut. Penasaran? langsung saja simak ulasan lengkap berikut ini.

Umpan Ikan Gabus

Umpan Ikan Gabus

1. Ikan Kecil

Ikan gabus termasuk kedalam jenis ikan predator, oleh karena itu anda bisa memanfaatkan ini dengan cara menggunakan umpan ikan-ikan kecil. Apalagi jika ikan gabus dalam keadaan lapar, tentu saja akan cepat menyambar umpan dari mata kail pancing anda. Anda bisa menggunakan ikan kecil seperti cere, anakan mujaer, dan ikan-ikan kecil lainnya.

2. Belalang

Anda bisa dengan mudah mendapatkan belalang, di sawah biasanya terdapat banyak belalang yang hidup. Menggunakan umpan belalang juga menjadi salah satu pilihan tepat para pemancing. Cara menggunakannya cukup mudah, anda hanya perlu memotong kecil-kecil belalang sesuai dengan mata kail atau sesuai ukuran ikan yang akan anda pancing.

3. Kecoa

Hewan satu ini memang sedikit menjijikan ya. Namun, siapa sangka jika kecoa bisa di jadikan umpan yang jitu untuk menarik ikan gabus. Nah, cara menggunakannya hampir sama dengan belalang, anda perlu memotong kecil-kecil kecoa lalu kaitkan ke mata kail dan umpan siap untuk digunakan.

4. Jangkrik

Hewan yang memiliki suara nyaring ini memang banyak dimanfaatkan oleh orang-orang untuk memancing salah satunya memancing ikan gabus. Hal tersebut karena jangkrik memiliki bau yang cukup menyengat sehingga saat cairan di tubuhnya keluar maka bisa menarik ikan gabus untuk memangsanya.

5. Ulat Daun

Ulat daun pisang juga cukup populer di kalangan pemancing. Anda bisa menemukan ulat daun ini di pohon pisang yang daunnya menggulung. Buka gulungan pada daun tersebut maka anda bisa menemukan ulat daun yang ada di dalamnya. Potong kecil-kecil ulat sebelum digunakan untuk memancing.

6. Kodok Kecil

Kodok kecil juga bisa digunakan untuk umpan ikan, terlebih jika ikan dalam keadaan lapar, tentu saja bisa sangat cepat menyambar umpan anda. Perlu anda ketahui bahwa kodok merupakan makanan alami ikan gabus sehingga menggunakan umpan yang satu ini sangat cocok.

7. Cacing Tanah

Umpan selanjutnya yang bisa anda gunakan adalah cacing tanah. Meski terbilang menggelikan, nyatanya cacing tanah cukup jitu untuk menarik ikan gabus. Tidak hanya cacing tanah, anda juga bisa menggunakan cacing sawah, cacing kalung, dan berbagai macam jenis cacing lainnya yang mudah ditemui.

8. Cicak

Siapa sangka hewan satu ini bisa digunakan untuk memancing khususnya ikan gabus. Sama seperti kodok dan ulat daun, ketika anda menggunakan umpan cicak harus di potong kecil-kecil terlebih dahulu baru umpan siap untuk digunakan untuk memancing.

9. Orong-orong

Perlu anda ketahui bahwa orong-orong memiliki reputasi yang cukup baik di kalangan pemancing karena dianggap masuk kategori umpan alami yang jitu. Anda bisa mendapatkan orong-orong disekitar daerah persawahan ataupun lahan kering. Tingkat keberhasilan memancing menggunakan orong-orong juga cukup tinggi.

10. Umpan Buatan

Racikan Umpan Ikan Gabus

Bahan-bahan yang digunakan :

  • Bawang putih.
  • Tepung udang
  • Tepung ikan
  • Pelet PF 100
  • Telur ayam kampung
  • Daging ikan
  • Madu
  • Air secukupnya

Cara Meraciknya :

  • Blender semua bahan diatas.
  • Campurkan semua bahan dan aduk hingga merata.
  • Tambahkan air sedikit demi sedikit hingga membentuk adonan.
  • Aduk-aduk kembali sampai adonan berubah menajdi kenyal dan kalis.
  • Cara menggunakannya cukup mudah, bulatkan kecil-kecil dan ukurannya di sesuaikan dengan ukuran ikan
  • gabus atau mata kail pancing milik anda.

Terakhir, jika anda tidak ingin ribet, bisa menggunakan umpan buatan yang biasanya terbuat dari kayu yang di cet dan dibentuk menyerupai ikan kecil dengan warna yang cukup mencolok. Ada banyak model umpan buatan seperti kodok kecil, ikan kecil dan lain sebagainya.

Itulah tadi rekomendasi umpan ikan gabus yang bisa anda temukan di sekitar anda. Bagaimana tertarik menggunakan salah satu umpan yang sudah inspired2write.com sampaikan? jangan lupa untuk mencoba dan lihat bagaimana hasil memancing ikan gabus milik anda.

Tinggalkan komentar