5 Umpan Ikan Laut & Teknik Paling Jitu Memancingnya

Umpan Ikan Laut – Memancing ikan di laut bisa jadi kegiatan yang menyenangkan bagi sebagian orang atau orang yang hobi memancing. Karena anda bisa mendapatkan beragam jenis ikan di laut.

Tentunya untuk bisa mendapatkan hasil pancing yang banyak dan maksimal, anda membutuhkan umpan yang cukup jitu untuk memancing di tengah laut, di bawah karang, ataupun di pinggir dermaga.

Di laut tentunya anda bisa mendapatkan beragam jenis ikan dengan ukuran yang beragam pula. Mulai dari ukuran ikan yang besar sampai dengan ikan sedang atau kecil-kecil.

Tidak hanya itu saja, memancing di tengah laut tentu berbeda dengan mancing di sungai. Mancing di laut anda membutuhkan peralatan yang mumpuni agar pancing tidak mudah patah atau lepas.

Umpan Ikan Laut & Teknik Jitu Memancingnya

Umpan Ikan Laut Teknik Jitu Memancingnya

Advertisements

Setelah mengetahui sedikit tentang mancing di laut. Anda tentu penasaran umpan apa saja yang bisa digunakan untuk memancing ikan laut. Nah tidak cukup umpannya saja, anda juga harus mengetahui teknik jitu yang benar untuk memancing di laut. Penasaran? langsung saja simak ulasan berikut ini.

Umpan Ikan Laut

Umpan Ikan Laut

1. Daging Ikan Besar

Ikan di laut tentu memiliki ukuran yang besar, sehingga umpan yang digunakan untuk memancing juga harus berukuran besar. Anda bisa menggunakan daging ikan apa saja.

2. Rumput Laut

Jika memancing di sungai dan memancing ikan putihan biasanya menggunakan lumut. Ketika anda memancing di laut bisa menggunakan rumput laut untuk memancing ikan disana.

3. Udang

Udang juga menjadi umpan yang cukup jitu untuk memancing ikan di laut, baik di tengah laut, pinggir laut, dermaga, ataupun di bawah karang.

4. Cacing Laut

Saat anda ingin memancing di laut, bisa menggunakan cacing laut untuk memancing ikan-ikan besar ataupun ikan kecil-kecil yang bergerombol di dekat batu karang.

5. Ikan Artifical

Ikan artifical merupakan jenis umpan yang cukup jitu dan bentuknya sangat mirip dengan ikan asli. Namun, terbuat dari bahan-bahan tiruan.

Teknik Memancing Ikan Laut

Teknik Memancing Ikan Laut

1. Teknik Memancing di Pinggir Laut

Teknik yang satu ini memilik kemudahan yaitu anda tidak harus menggunakan sampan/perahu untuk ke tengah laut, tentu saja hal tesebut membuat lebih ekonomis dari segi biaya tentunya karena anda masih berada di daratan.

Anda membutuhkan alat pancing yang dapat menjadikan lemparan jauh ke tengah yaitu menggunakan joran dan real yang bagus. Pilihlah joran yang panjang khusus pancing laut sekitar 5 meter dan real yang memiliki bearing besar sehingga lemparan anda lebih mudah terlempar ke dalam laut yang cukup jauh.

Gunakan timah/pemberat yang sesuai dengan kail agar tidak mudah terbawa ombak ke tepian. Jangan lupa siapkan safety seperti topi, jaket, sarung tangan, dan juga kacamata ultraviolet. Biasanya untuk teknik ini umpan yang cocok digunakan adalah ikan hidup, umpan tiruan, kerang pantai, udang, dan daging ikan.

2. Teknik Memancing Ikan Laut di Bawah Batu Karang

Spot di bawah batu karang biasanya membutuhkan perjalanan yang cukup menantang. Namun, biasanya di bawah batu karang terdapat ikan laut yang cukup besar. Mungkin hal tersebut disebabkan karena area bawah batu karang jarang di jamah manusia sehingga ekosistem yang ada di bawahnya tidak terganggung.

Untuk memancing di bawah batu karang anda bisa menggunakan umpan senis daging ikan yang telah di potong-potong lalu umpan seperti udang hidup/segar, cacing laut, ikan kecil dan sedang. Selain itu, anda juga harus menyiapkan alat pancing yang memadai untuk memilih teknik memancing yang satu ini.

Siapkan alat pancing dari joran yang kuat serta kail yang sesuai dan sama kuatnya, senar pancing dengan ukuran yang sedang namun berkualitas, timah/pemberat yang berukuran sedang agar nantinya ketika sampai ke dasar tidak mudah terbawa oleh ombak. Jangan lupa membawa topi, jaket, sarung tangan, dan kacamata.

3. Teknik Memancing Ikan di Tengah Laut

Untuk anda yang ingin memancing di tengah laut, dibutuhkan teknik yang benar karena sasaran utama di tengah laut adalah ikan-ikan besar. Berikut ini beberapa teknik yang bisa anda gunakan :

  • Mancing Dasaran atau Bootom Fishing

Jika anda menggunakan teknik ini harus menggunakan pemberat seperti timbah dengan ukuran yang besar serta umpannya dan kail yang sampai ke dasar laut. Untuk sasaran ikan besar biasanya berada di perairan yang cukup jauh dan dalam.

  • Mancing Hentak atau Jerking

Teknik mancing hentak atau jerking inimenggunakan gaya di sentak. Pastikan anda menggunakan benang pancing yang panjang dan kuat serta pemberat agar umpan dan kailnya sampai ke dasar laut. Teknik memancing hentak yaitu setelah pancing dilempar dan sampai ke dasar laut kemudian gulung dan beri sedikit hentakan untuk memberi sesnasi dan kesan ada hewan hidup, hal tersebut membuat ikan tertarik dan memakan umpannya.

  • Mancing Terhanyut atau Drifting

Teknik yang satu ini dilakukan dengan cara menghanyutkan umpan serta menjalankan perahu secara perlahan di area sekitar terumbu karang dimana spot tersebut banyak ikan berkumpul. Setelah ada ikan yang menyambar umpan lalu lemparkan jangkar untuk menangkap ikan yang sudah terkumpul. Anda bisa menggunakan alat piranti yang berjenis baitcasting, spinning, atau conventional.

  • Mancing Tonda atau Trolling

Biasanya target ikan yang dipancing menggunakan teknik tonda adlaah ikan-ikan berukuran besar. Anda perlu menggunakan piranti conventional. Usahakan anda menggunakan umpan hidup, segar, ataupun umpan tiruan.

Dalam hal memancing ikan di laut, umpan saja tidak cukup untuk mendapatkan hasil pancingan yang maksimal. Anda membutuhkan kail, pemberat, umpan, dan piranti yang mumpuni untuk memancing di laut. Itulah tadi ulasan lengkap yang sudah inspired2write.com sampaikan tentang umpan ikan laut dan teknik lengkap memancingnya.

Tinggalkan komentar