5 Warna Umpan Yang Disukai Cumi 100% Jitu

Warna Umpan Yang Disukai Cumi – Memancing cumi-cumi, memang terbilang gampang-gampang susah. Apalagi jika bukan musimnya, tentu saja akan lebih sulit lagi.

Dalam memancing cumi, umpan benar-benar sangat diperhatikan oleh para pemancing. Jenis umpan jitu yang disukai cumi yaitu Capella, Squid Jig dan udang-udangan.

Selain memperhatikan jenis umpan, pemancing juga harus memperhatikan warna umpan cumi itu sendiri. Pasalnya warna juga menjadi salah satu penentu agar bisa mendapatkan cumi.

Agar dapat menghasilkan cumi yang banyak penggunaan umpan harus memiliki warna yang disukai cumi-cumi. Lalu, apa saja warna umpan yang disukai cumi? Berikut penjelasannya.

Warna Umpan Yang Disukai Cumi

Warna Umpan Yang Disukai Cumi
Advertisements

Sama halnya seperti memancing ikan laut, dimana WARNA UMPAN YANG DISUKAI IKAN LAUT menjadi pertimbangan paling utama sebagai penentu rasio strike saat mancing.

Begitupun ketika mancing cumi, dimana warna umpan harus cocok dan menarik perhatian cumi untuk memakan umpan. Berikut warna umpan paling disukai cumi-cumi.

1. Perpaduan Hijau, Kuning dan Merah

Warna paling disukai cumi pertama yaitu perpaduan warna hijau dikepala, kuning dibadan dan sedikit merah dibuntut. Ini merupakan warna Capella killer disegala waktu, baik malam hari pada bulan mati ataupun pas bulan penuh, warna umpan ini sangat disukai.

2. Umpan Cumi Warna Orange Kekuningan

Warna lainnya paling disukai cumi yaitu orange kekuningan. Umpan dengan kombinasi warna orange kekuningan sangat disukai cumi terutama pada saat bulan mati.

3. Kepala dan Badan Biru, Buntut Merah

Untuk warna ini sebenarnya juga cocok digunakan di segala kondisi, baik bulan mati maupun bulan penuh. Umpan Squid Jig sangat disukai cumi, karena perpaduan warna biru dan merah yang menarik dan terlihat jelas didalam air, sehingga cumi tertarik memakannya.

4. Kombinasi Warna Orange, Pink, Biru dan Hijau

Selain warna-warna di atas Squid Jig berwarna orange, pink, biru dan hijau juga menjadi warna paling disukai dan sangat jitu, karena punya warna cerah yang sangat menarik.

Warna Umpan Cumi Sesuai Kondisi Air

Warna Umpan Cumi Sesuai Kondisi Air
Advertisements

Selain itu, pemilihan warna umpan juga perlu memperhatikan kondisi air serta gerakan umpan. Berikut beberapa warna umpan cumi sesuai kondisi air dan gerakan umpan paling jitu.

  • Pemilihan warna sesuai kondisi spot, jika air keruh biasanya capella warna cerah lebih efektif seperti orange, merah muda, hijau dan kuning flou.
  • Capella kepala warna merah, buntut orange dan kepala hijau buntut kuning flou juga sangat disukai cumi, namun warna tersebut harus diselarasakan dengan gerakan umpan agar lebih maksimal.

Capella harus dalam keadaan menungging kala turun ke dasar air, kemudian ditarik secara perlahan serta diselingi dengan sentakan. Teknik ini berlaku untuk spot kedalaman 1-2 meter.

Jenis Umpan Yang Disukai Cumi

Jenis Umpan Yang Disukai Cumi
Advertisements

Meskipun pemilihan warna sudah sesuai, namun penggunaan umpan juga harus sesuai dengan spot memancing. Berikut jenis serta type umpan yang paling tepat untuk digunakan.

  1. Untuk air dangkal (Semi floating – dengan cirinya timah kecil), efektif digunakan untuk perairan dangkal 1 – 2 meter.
  2. Air sedang (Sallow – dengan cirinya timah sedang) efektif digunakan untuk perairan sedang 3 – 4 meter
  3. Air dalam ( Deep – cirinya timah besar) efektif digunakan untuk perairan dalam diatas 4 meter dan berarus agak kencang.

Lokasi Paling Disukai Cumi

Lokasi Paling Disukai Cumi
Advertisements

Untuk mancing cumi, bisa mencoba dari atas dermaga atau dari karang-karang pinggir pantai. Hindari memancing di lokasi dengan arus deras karena cumi biasanya tidak bermain di lokasi seperti itu.

Apabila memilih lokasi dasar laut, pastikan memiliki gugusan rumput laut atau karang sebagai tempat berlindung cumi. Idealnya air laut harus berwarna cerah/bening, ada sedikit angin (angin darat bukan angin laut) dan kedalaman laut berkisar antara 2-6 meter.

Jika mancing di atas dermaga, perhatikan bekas tinta (dari cumi) di lantai dermaga. Bekas tinta ini
menunjukkan bahwa Anda telah menemukan lokasi yang tepat untuk mancing cumi.

Waktu Paling Tepat Untuk Memancing Cumi

Waktu Paling Tepat Untuk Memancing Cumi
Advertisements

Waktu terbaik untuk mancing cumi adalah saat pagi hari (jam 6.00-9.00) dan menjelang malam (jam 18.00-21.00). Jika anda mancing di lokasi dengan lampu penerangan buatan seperti dermaga atau pelabuhan, maka Anda bisa mancing sepanjang malam, cumi akan tertarik dengan sinar lampu yang terang. Jadi cari lokasi dermaga yang paling terang.

Nah, demikianlah informasi lengkap dari inspired2write.com terkait warna umpan yang disukai cumi. Sekiranya cukup itu saja informasi dari kami, semoga ulasannya bermanfaat.

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.