7 Umpan Casting Toman Paling Ampuh 100% Strike

Umpan Casting Toman Paling Ampuh – Salah satu teknik mancing yang kerap kali digunakan oleh pemancing untuk memancing ikan toman yaitu casting menggunakan umpan tiruan.

Memancing ikan toman menggunakan teknik casting, hal yang harus diperhatikan adalah pemilihan umpan. Pemilihan umpan (lure) ikan gabus harus sesuai serta yang paling ampuh.

Umpan casting menjadi faktor yang akan meningkatkan rasio strike. Maka dari itu pemilihan umpan casting harus tepat agar bisa menarik ikan untuk menyambar lure yang angler gunakan.

Umpan casting toman harus punya bentuk dan warna yang menarik agar ikan mau menyambar. Adapun jenis umpan casting toman paling ampuh serta jitu yaitu sebagai berikut.

Umpan Casting Toman Paling Ampuh

Umpan Casting Toman Paling Ampuh
Advertisements

Untuk penggunaan umpan alami, umpan yang digunakan untuk memancing ikan toman ini sebenarnya sama dengan UMPAN IKAN GABUS. Namun dalam teknik casting ini pemilihan lure benar-benar sangat diperhatikan, karena tidak semua lure menarik perhatian toman.

Lure harus terlihat seolah-olah hidup ketika memainkan joran, sehingga toman akan terpancing mendekatinya hingga akhirnya menyambar umpan casting tersebut. Nah, dari pada makin penasaran, langsung saja simak daftar jenis umpan casting toman paling ampuh berikut ini.

1. Jump Frog

1. Jump Frog
Advertisements

Umpan casting toman di permukaan paling ampuh yaitu Jump Frog. Umpan casting toman ini berbentuk katak yang biasa terbuat dari kayu atau plastik, namun harganya cukup mahal.

Lure Jump Frog ini akan meloncat-loncat di permukaan air ketika dimainkan dengan menarik senar secara perlahan. Pergerakan inilah yang membuat toman tertarik untuk menyambar.

Akan tetapi, umpan casting toman Jump Frog ini kurang cocok digunakan pada spot yang ditumbuhi banyak tumbuhan air, karena rentan tersangkut. Jadi hindari kondisi spot tersebut.

2. Mini Popper

2. Mini Popper
Advertisements

Mini Popper menjadi satu jenis lure paling ampuh untuk memancing toman. Warna dan bentuknya menyerupai mangsa toman asli, membuat lure jenis ini sangat disukai ikan toman.

Meskipun demikian, namun penggunaan umpan casting ini sama seperti Jump Frog yakni memilih spot lokasi mancing lapang dengan sedikit tumbuhan air karena rentang tersangkut.

Umpan tiruan ini diklaim menjadi umpan paling ampuh dan jitu. Terlebih lagi terdapat trible hook sebanyak dua buah, dimana masing-masing hook dilengkapi 3 mata kail pancing.

3. Soft Frog

3. Soft Frog
Advertisements

Lure untuk toman paling ampuh berikutnya yaitu soft frog. Jenis lure ini masih berupa umpan katak tiruan seperti jump frog, hanya saja ini lebih bulan dan teksturnya lembut.

Dengan bentuk seperti ini membuat lure soft frog ini sangat aman meskipun digunakan pada spot banyak ditumbuhi tanaman air, karena umpan tiruan satu ini tidak mudah tersangkut.

Pilihlah tekstur soft frog yang lembut dan kenyal, karena semakin lembut maka semakin bagus dan ampuh. Jika teksturnya keras, maka lure akan sulit menancap di mulut toman.

4. Kicker Frog

4. Kicker Frog
Advertisements

Lure toman paling ampuh di permukaan air selanjutnya yaitu kicker frog. Umpan ini memiliki bentuk menyerupai katak dan umumnya terbuat dari bahan dasar karet atau lateks murni.

Seperti namanya, pada saat digunakan maka kaki dari umpan ini akan menendang-nendang, sehingga menimbulkan percikan air di permukaan. Dengan begitu ikan tertarik menyambarnya.

Tentu saja lure kicker frog ini sangat ampuh untuk memancing toman. Terlebih lagi ukurannya bisa melebar, membuat umpan casting ini cocok untuk berburu toman berukuran besar.

Umpan Casting Toman Dasaran Paling Ampuh

Umpan Casting Toman Dasaran Paling Ampuh
Advertisements

Untuk casting toman dasaran beda juga lure yang digunakan. Untuk teknik casting toman dasaran pemilihan umpan juga harus sesuai agar bisa menarik ikan untuk menyambar umpan.

Umpan casting dasaran biasanya digunakan untuk memancing toman yang susah makan. Adapun beberapa jenis umpan casting toman dasaran paling ampuh yakni sebagai berikut.

1. Spinner

1. Spinner
Advertisements

Umpan casting toman dasaran paling ampuh pertama adalah spinner lure. Untuk penggunaan lure casting toman paling ampuh satu ini, spot harus bersih dari tumbuhan air.

Spinner lure dilengkapi dengan bulu unik paling disukai ikan gabus dan toman. Selain itu pada lure spinner juga terdapat lonceng yang bisa berbunyi untuk menarik perhatian ikan predator.

2. Spoon Lure

2. Spoon Lure
Advertisements

Spoon lure menjadi umpan casting toman paling ampuh selanjutnya. Spoon lure sangat cocok digunakan untuk menargetkan ikan-ikan toman berukuran besar di dasaran.

Memiliki bentuk seperti sendok dengan warna gold dan silver yang berkilau membuat lure ini sangat cocok digunakan untuk mancing toman dasaran, khususnya air keruh.

3. Minnow

3. Minnow
Advertisements

Lure dasaran paling ampuh berikutnya yakni minnow. Umpan casting paling ampuh ini memiliki bentuk ikan-ikan kecil layaknya mangsa toman dengan berbagai pilihan warna.

Umpan minnow paling ampuh dapat bergoyang atau bergerak di dalam air. Dengan begitu, maka tentu saja ikan toman akan tertarik untuk menyambar umpan tiruan paling ampuh ini.

Nah, itulah informasi lengkap dari inspired2write.com terkait jenis umpan paling ampuh untuk toman. Sekiranya cukup itu saja, semoga artikel umpan ikan di atas membantu.

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.