15 Umpan Ikan Bandeng Tambak Racikan Jitu : Siang, Malam & Pagi Hari

Umpan Ikan Bandeng Tambak – Dalam kegiatan memancing, hal terbesar keberhasilan mendapatkan ikan bandeng yaitu dari segi penggunan umpan. Penggunaan umpan harus benar-benar tepat.

Para pemancing biasanya akan sangat memperhatikan penggunaan umpan. Hal ini dikarenakan, di setiap kondisi saat memancing penggunaan umpan akan berbeda-beda, baik itu pada siang, malam atau pagi hari.

Apalagi saat memancing ikan bandeng di tambak, dimana seorang pemancing profesional benar-benar harus memperhatikan penggunaan umpan. Pasalnya ikan bandeng tambak punya karakteristik berbeda dengan di laut.

Meskipun dapat dikatakan, bahwa bandeng dapat diberi makan apapun. Akan tetapi bukan berarti memancing ikan bandeng menggunakan umpan. Perlu pemilihan umpan paling tempat agar bisa mendapatkan ikan bandeng besar.

Umpan Ikan Tambak Paling Jitu di Siang, Malam & Pagi Hari

Umpan Ikan Tambak Paling Jitu di Siang Malam Pagi Hari
Advertisements

Termasuk jenis ikan air payau, jadi memancing ikan air bandeng bisa menggunakan UMPAN IKAN LAUT. Nah, bagi anda yang ingin memancing ikan bandeng tambak, berikut umpan paling tepat serta jitu untuk memancing ikan bandeng tambak.

Lumut Halus

Lumut Halus
Advertisements

Lumut merupakan umpan alami yang sering digunakan oleh para pemancing untuk mancing ikan bandeng di tambak. Lumut halus ini sangat jitu sebagai umpan ikan bandeng tambak saat cuaca panas seperti pada siang hari.

Meskipun demikian, namun lumut yang digunakan sebagai umpan harus bertekstur halus. Tapi, jika Anda hanya mempunyai lumut kasar dengan memanfaatkan garam atau bumbu penyedap untuk menghaluskan tekstur lumut.

Anda bisa mencampur dengan garam dapur 2-5 sendok makan atau dengan bumbu penyedap rasa seperti Royko atau Vanili untuk menambah aroma umpan lumut tersebut.

Cacing

Cacing
Advertisements

Umpan memancing kedua yaitu cacing. Cacing ini sangat jitu digunakan mancing ikan bandeng tambak air tawar. Namun, umpan ini, dianjurkan mancing di pagi hari atau malam hari.

Jenis yang paling cocok sebagai umpan ikan bandeng yaitu seperti cacing merah, susu, sawah, cacing hitam dan cacing laut. Biasanya jenis cacing merah menjadi umpan paling sering digunakan.

Cacing ini memiliki warna merah darah serta mudah digunakan di beberapa toko pancing atau toko pakan ternak. Sedikit informasi, jika anda menggunakan cacing sebagai umpan pastikan pemasangannya jangan sampai putus.

Umpan Pelet

Umpan Pelet
Advertisements

Pelet merupakan pakan ikan untuk memberikan nutrisi pada ikan peliharaan. Karena itu, ikan bandeng sering dibudidayakan di tambak, maka umpan ini sangat jitu. Selain itu, pakan ikan yang satu ini bisa digunakan mancing di berbagai kondisi, baik itu siang hari, malam hari dan pagi hari.

Ikan bandeng sangat senang dengan umpan berbau amis, sehingga anda dapat mencampurkan pelet dengan telur ayam. Misalkan pelet oplosan dibuat menggunakan campuran essense tengiri atau sarden.

Hal tersebut bertujuan untuk menambah daya tarik ikan bandeng. Atau mungkin anda dapat membuat umpan racikan dari pelet merah dan kuning telur agar memiliki tekstur lengket, sehingga tidak mudah hancur di dalam air.

Udang Kecil

Udang Kecil
Advertisements

Udang juga merupakan makanan alami ikan cukup jitu, terutama ikan bandeng. Udang ini sangat jitu sebagai umpan memancing ikan bandeng di tambak pada malam hari atau pagi hari. Sementara, untuk siang hari juga bisa, namun lebih jitu lagi jika di air tawar.

Untuk teknik pemasangan umpan. Jika udang hidup, maka perlu melemparnya ke arah jauh, agar udang tidak mati serta tidak lepas dari mata kail. Bila memancing di danau atau sungai maka udang dimasukan dari bagian bawah ke atas.

Meskipun ini akan membuat udang mati, namun akan lebih menarik ikan bandeng menyambar umpan Anda.

Roti Tawar

Roti Tawar
Advertisements

Roti bakar juga cukup jitu sebagai umpan ikan. Terlebih lagi roti tawar dapat dijadikan sebagai umpan di siang hari, malam hari dan pagi hari juga cukup jitu.

Roti tawar juga mudah di dapat serta harganya murah. Untuk menambah bau amis agar menarik ikan bandeng mau menyambar umpan anda bisa buat umpan oplosan roti tawar dengan terasi.

Ulat Daun

Ulat Daun
Advertisements

Selain cacing, ulat bulu juga bisa digunakan mancing ikan bandeng tambak. Kandungan protein pada ulat daun lebih tinggi dibandingkan cacing, sehingga didalam air ulat daun akan mengeluarkan bau amis agar menarik bandeng tambak menyambar umpan anda.

Nah, ulat daun ini bisa untuk umpan mancing diberbagai kondisi, baik pada siang hari, malam ataupun pagi hari. Selain itu, ulat daun juga mudah di dapat sehingga anda tidak akan kesulitan menjadi umpan.

Roti Bakar

Roti Bakar
Advertisements

Selain roti tawar ternyata roti bakar juga bisa jadi umpan bandeng tambak cukup jitu. Aroma roti bakar dan teksturnya yang menggoda membuat ikan akan tertarik menyambar umpannya. Selain itu, roti bakar juga cukup jitu untuk mancing ikan di siang hari, malam maupun pagi hari.

Racikan Pelet Campur Kuning Telur Asin

Racikan Pelet Campur Kuning Telur Asin
Advertisements

Umpan racikan jitu bandeng tambak selanjutnya yaitu oplosan pelet dan kuning telur asin. Umpan racikan ini sangat cocok digunakan di pagi dan siang hari. Telur asin memiliki bau yang sangat amis.

Maka dari itu mencampur 2 bungkus pelet dengan satu kuning telur asin dan tambahkan sedikit air panas lalu diaduk hingga tercampur merata. Setelah itu taruh di wadah serta siap digunakan.

Racikan Sarden Campur Kroto

Racikan Sarden Campur Kroto
Advertisements

Untuk ikan bandeng tambak yang susah makan, bisa diatasi dengan resep racikan umpan campuran sarden dan kroto yang paling jitu. Cara meraciknya sendiri cukup siapkan sarden, kroto dan kuning telur.

Kemudian, campur semua bahan tersebut. Lalu aduk hingga merata dan umpan pun siap digunakan.Nantinya umpan racikan ini sangat cocok untuk mancing bandeng tambak di pagi atau malam hari maupun siang hari.

Racikan Pelet Campur Kroto

Racikan Pelet Campur Kroto
Advertisements

Umpan racikan lainnya yaitu racikan pelet campur kroto. Umpan racikan ini sangat cocok buat mancing di siang hari dan malam hari. Sama halnya dengan umpan racikan lainnya, Anda hanya perlu mencampur bahan-bahan seperti pakan ikan, kroto dan kuning telur. Bau amis pelet dan telur akan menarik perhatian bandeng tambak menyambar umpan racikan yang anda buat.

Itulah beberapa umpan ikan bandeng tambak jitu harian, baik siang hari, malam hari ataupun pagi hari. Dengan umpan di atas, maka bandeng tambak akan cepat menyambar umpan, meskipun ikan susah makan. Demikian informasi yang dapat inspired2write.com sajikan, semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.