6 Umpan Ikan Mas Yang Dilarang Dalam Lomba Mancing

Umpan Ikan Mas Yang Dilarang – Ikan mas merupakan salah satu ikan air tawar yang sering digunakan untuk memperebutkan juara peringkat dalam mancing galatama.

Ketika mengikuti lomba mancing ikan emas di kolam galatama, pemilihan umpan benar-benar harus diperhatikan. Hal ini bertujuan agar bisa menang lomba dan mendapat banyak ikan.

Memang ada banyak UMPAN IKAN MAS jitu agar bisa menang lomba. Akan tetapi tidak semua jenis umpan diperbolehkan, ada beberapa umpan yang dilarang dalam lomba.

Lalu, apa saja jenis umpan ikan mas yang dilarang dalam lomba mancing galatama? Simak informasi lebih lengkap lagi, pada penjelasan selengkapnya di bawah ini.

Umpan Ikan Mas Yang Dilarang

Umpan Ikan Mas Yang Dilarang
Advertisements

Memang dalam galatama mancing ikan mas, peserta harus memperebutkan juara seperti juara induk terberat, juara prestasi total tangkapan terbanyak dan juara-juara lainnya.

Akan tetapi, bukan berarti peserta harus memancing tanpa mengikuti aturan. Pemancing mesti harus memperhatikan aturan terkait penggunaan umpan dalam lomba mancing galatama.

Perhatikan dengan jelas mana umpan ikan mas yang diperbolehkan dan mana yang dilarang. Jika tidak mengikuti aturan, maka panitia tak segan untuk mendiskualifikasi Anda.

Maka dari itu, ketika mengikuti galatama ikan mas, pastikan pemilihan umpan sesuai ketentuan panitia. Nah, berikut ini beberapa umpan dan trik memancing yang dilarang keras.

1. Umpan Tembleg Susu

1. Umpan Tembleg Susu
Advertisements

Jenis umpan ikan pertama yang dilarang yaitu umpan racikan yang terdiri dari tembleg susu. Tembleg susu adalah umpan ikan mas dilarang ketika lomba mancing galatama.

Meskipun sebenarnya umpan ini hanya berupa campuran kroto dan susu. Akan tetapi di beberapa kolam galatama melarang keras penggunaan racikan umpan ikan mas satu ini.

Proses pembuatan umpan ini sangat mudah, karena hanya perlu mencampur kroto dan susu serta tepung besar ketan putih untuk menambah kekenyalan, maka umpan siap digunakan.

Dengan umpan tembleg susu, terbukti mampu menghasilkan ikan mas dengan cepat. Maka tak heran jika pemancing menggunakan umpan ini untuk mendapatkan banyak ikan mas.

Oleh sebab itu, beberapa tempat pemancingan di Jawa Barat, umpan tembleg susu dilarang. Hal itu dikarenakan banyak pemancing lainnya merasa dirugikan karena tidak pakai umpan serupa.

Bukan hanya itu saja, pengelola ikan mas juga sempat melarang penggunaan tembleg susu, karena umpan yang dilarang tersebut bisa merusak kualitas ikan di kolam pemancingan.

2. Umpan Racikan Mie Instan

2. Umpan Racikan Mie Instan
Advertisements

Selain tembleg susu, di beberapa tempat pemancingan galatama juga melarang pemakaian umpan dari mie instal yang dihaluskan. Umpan racikan berbahan dasar mie instan ini sering kali dilarang dalam galatama ikan mas, karena dinilai dapat merusak ikan pada kolam itu sendiri.

Meskipun demikian, namun umpan mie instan ini masih diperbolehkan saat ada lomba-lomba tertentu. Setiap daerah memiliki kebijakan masing-masing soal umpan, jadi sebelum perlombaan di mulai, sebaiknya tanyakan penggunaan umpan kepada panitia terlebih dahulu.

3. Ngebom Umpan Ikan Mas Dilarang

3. Ngebom Umpan Ikan Mas Dilarang
Advertisements

Ketika memancing di kolam pelampung, sebaiknya jangan membuat umpan ikan mas sembarang atau lebih dikenal dengan istilah ngebom, karena hal itu dilarang oleh panitia.

Seringkali, kalimat tersebut dijumpai pada dinding kolam, hal ini bertujuan untuk menjaga kualitas dari air kolam serta endapan lumpur. Teknik ngebom yang dilarang meliputi :

  • Ngebom dengan menggunakan tangan dan umpan diberikan dengan cara dilempar ke kolam agar ikan mas mendekat.
  • Ngebom melalui cara menaruh umpan pada bemper atau kili-kili.

4. Umpan Hidup

4. Umpan Hidup
Advertisements

Jenis umpan lainnya yakni umpan hidup. Meskipun jenis umpan ini tak semuanya diterapkan di galatam, namun beberapa masih menerapkan larangan penggunaan umpan hidup.

Biasanya pada pemancingan galatama melarang penggunaan umpan hidup seperti cacing, kroto dan lain sebagainya. Meskipun begitu, namun jenis umpan ini terkadang tidak dilarang.

5. Umpan Ikan Yang Bisa Mengambang Dilarang

5. Umpan Ikan Yang Bisa Mengambang Dilarang
Advertisements

Bukan hanya umpan hidup saja, namun umpan yang bisa mengambang juga dilarang di beberapa kolam galatama. Beberapa tempat pemancingan biasanya melarang penggunaan umpan mengambang seperti roti kering, pelet multi, dan lain sebagainya.

Hal itu dikarenakan umpan tersebut bisa membuat ikan mas mati serta membuat ikan selalu mencari umpan di atas air. Jadi sebaiknya hindari penggunaan umpan yang satu ini.

6. Umpan Dari Nasi dan Umbi-Umbian

6. Umpan Dari Nasi dan Umbi Umbian
Advertisements

Jenis umpan yang dilarang lainnya yakni penggunaan umpan yang berasal dari bahan nasi dan umbi-umbian. Namun, penggunaan umpan ini terkadang juga tidak dilarang di beberapa kolam galatama, tergantung ketentuan dari pihak panitia penyelenggara.

Nah, itulah informasi lengkap dari inspired2write.com terkait jenis umpan ikan mas yang dilarang dalam lomba mancing galatama. Meskipun demikian, namun setiap pemancingan memiliki peraturan masing-masing terkait penggunaan umpan dalam perlombaan.

Agar lebih jelas terkait penggunaan umpan, sebaiknya pemancing menanyakan hal tersebut kepada panitia penyelengara. Karena jika peraturan terkait umpan ini dilanggar, maka panitia tak segan-segan hasil tangkapan tidak dihitung bahkan akan mendiskualifikasi.

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.