3 Penyebab Ikan Nila Tidak Mau Makan Umpan

Penyebab Ikan Nila Tidak Mau Makan Umpan – Ikan nila merupakan salah satu target mancing yang paling mudah. Pasalnya ikan nila termasuk hewan pemakan segala atau omnivora.

Bisa dipastikan umpan apa saja ikan nila akan menyambarnya. Meskipun demikian, tak jarang juga bila di sebuah spot seperti sungai, danau, kolam ikan nila tidak mau makan umpan.

Lalu, apa penyebab ikan nila tidak mau makan umpan, mengingat ikan nila adalah pemakan segalanya? Tentu saja ikan nila tidak mau makan umpan menimbulkan banyak pertanyaan.

Apakah karena umpan yang digunakan salah atau memang ikannya susah makan? Adapun penjelasan selengkapnya terkait penyebab dan cara mengatasinya yakni sebagai berikut.

Penyebab Ikan Nila Tidak Mau Makan Umpan

Penyebab Ikan Nila Tidak Mau Makan Umpan
Advertisements

Ikan nila tidak mau memakan umpan bukan tanpa alasan, ada kondisi dan penyebab tertentu yang menyebabkan ikan nila tidak mau memakan umpan yang digunakan untuk memancing.

Untuk mendapatkan solusi agar ikan nila mau makan umpan dibutuhkan penyebab. Adapun beberapa hal yang menjadi penyebab ikan nila tidak mau makan yakni sebagai berikut.

1. Umpan Mancing Ikan Nila Tidak Sesuai

1. Umpan Mancing Ikan Nila Tidak Sesuai
Advertisements

Memang hampir semua UMPAN IKAN NILA LIAR cocok untuk memancing. Akan tetapi pemilihan umpan juga harus disesuaikan berdasarkan kondisi spot dan ikan nila itu sendiri.

Penyebab utama mengapa ikan tidak mau memakan umpan tidak lain dan tidak bukan karena umpan itu sendiri. Dimana pemilihan jenis umpan tidak sesuai tidak akan membuat ikan tertarik.

Jadi, dalam memancing ikan nila susah maka, umpan benar-benar harus di perhatikan dan harus sesuai. Untuk umpan alami, ikan nila sangat menyukai umpan berupa cacing dan lumut.

2. Pemasangan Umpan Kurang Tepat

2. Pemasangan Umpan Kurang Tepat
Advertisements

Selain umpan tidak sesuai, pemasangan umpan yang kurang tepat juga menjadi penyebab ikan nila tidak mau memakan umpan Anda. Jadi, pastikan pemasangan umpan sudah benar.

Perlu diketahui, ikan sangat sensitif terhadap kail pancing, maka dari itu pemasangan umpan harus membuat kail tidak terlihat mencolok, jika bisa kail pancing tertutup umpan semuanya.

3. Kondisi Kolam Pemancingan

3. Kondisi Kolam Pemancingan
Advertisements

Penyebab lainnya yakni kondisi kolam dan kualitas air menurun. Penyebab ini sangat umum terjadi, khususnya untuk Anda yang gemar memancing ikan nila di kolam pemancingan.

Kondisi dan kualitas air kolam pemancingan galatama kurang baik membuat ikan nila stres, sehingga tidak mau memakan umpan meskipun umpan dan pemasangan sudah sesuai.

Cara Mancing Ikan Nila Tidak Mau Makan

Cara Mancing Ikan Nila Tidak Mau Makan
Advertisements

Nah, jika ikan nila tidak mau makan umpan, maka Anda tidak perlu khawatir karena kami akan memberikan cara terbaik untuk memancing ikan nila yang susah makan umpan.

Caranya sebenarnya sangat mudah, dimana ada beberapa trik yang bisa Anda lakukan jika ingin menaklukan ikan nila tidak mau makan. Berikut adalah trik memancingnya.

1. Ganti Umpan Dengan Racikan Umpan Nila

Salah satu penyebab ikan nila tidak mau makan ialah karena sudah bosan dengan umpan yang Anda gunakan. Jadi cobalah menggunakan racikan umpan ikan nila lainnya.

Berikut ini, kami sajikan 1 resep umpan racikan ikan nila paling jitu dan terbukti ampuh yang bisa Anda coba. Berikut resep dan cara membuat racikan umpan ikan nila-nya.

  • Bahan :
    • 5 butir telur bebek.
    • 2 ekor ikan kembung (dikukus terlebih dahulu).
    • 5 shet vanili.
    • 1 kg udang rebon (cuci dulu dan dijemur sampai kering).
    • ¼ kg tepung tapioka.
    • ¼ kg tepung roti.
    • Jika ada essen lebih bagus.
  • Cara Pembuatan :
    • Masukkan tepung tapioka dan roti kedalam wadah, lalu aduk hingga merata.
    • Setelah itu, haluskan udang rebon dengan blender.
    • Kemudian, masukkan udah rebon halus kedalam wadah berisi adonan tepung tapioka dan roti.
    • Tambahkan 5 butir telur bebek dan aduk hingga merata. Anda juga bisa menambahkan essen umpan ikan.
    • Setelah itu, masukkan vanili dengan ikan kembung dan campur semua bahan sampai tercampur. Jika sudah tinggal dikukus.
    • Racikan umpan ikan nila siap digunakan.

2. Buat Kondisi Air Menjadi Keruh

Trik untuk memancing ikan nila tidak mau makan selanjutnya yaitu membuat kondisi air menjadi agak keruh. Trik seperti ini sering kali digunakan para pemancing, khusunya di sungai.

Ikan nila memiliki penglihatan serta penciuman sangat tajam, sehingga mudah untuk menemukan umpan. Ditambah lagi, ikan nila sangat menyukai kondisi air keruh.

3. Jangan Melempar Pancing Terlalu Keras

Teknik memancing ikan nila susah maka ialah dengan mengatur lemparan kail. Melempar kail jauh, memang sangat berguna agar Anda bisa leluasa menggerakan joran pancing.

Namun, jangan melempar pancing terlalu keras karena itu akan mengejutkan ikan nila. Selain itu, lemparan joran terlalu keras juga dapat melepas umpan ikan pada kail pancing.

4. Hindari Penggunaan Bandul Terlalu Besar

Penyebab lainnya mengapa ikan nila tidak mau makan umpan yaitu karena penggunaan bandul (timbel atau timah) terlalu besar, karena itu membuat ikan nila kaget.

Gunakan bandul jangan terlalu besar, jadi biarkan umpan masuk kedalam air lalu tarik perlahan. Setelah itu, tinggal Anda tunggu hingga umpan disampar oleh ikan nila.

Nah, itulah informasi lengkap dari inspired2write.com terkait penyebab umpan ikan nila tidak mau makan umpan. Demikianlah informasi dari kami, semoga saja informasinya bermanfaat.

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.