5 Perbedaan BCA dan BCA Syariah Terlengkap dan Terbaru 2020

Perbedaan BCA dan BCA Syariah – Bank merupakan tenpat paling tepat untuk menyimpan uang. Pasalnya dengan menabung di bank uang yang kita simpan akan lebih aman. Sekarang ini sudah banyak bank yang berdiri di Indonesia dengan menawarkan produk dan layanan yang menguntungkan, baik itu bank milik pemerintah (BUMN) maupun bank swasta.

Berbeicara soal bank, tentunya anda sudah tidak asing lagi dengan kedua bank ini yaitu BCA dan BCA Syariah. Nah, kedua bank ini bisa jadi pilihan anda untuk menyimpan uang. Namun, seringkali anda kebingung mana bank yang memang cocok untuk anda gunakan, terlebih lagi keduanya sama-sama menawarkan produk dan layanan yang menguntungkan.

Hal itu hanyalah anggapan orang saja, pada dasarnya setiap bank yang ada di Indonesia itu berbeda, termasuk bank BCA dan BCA Syariah. Secara umum keduanya sebenarnya memiliki fungsi yang sama yaitu sebagai tempat untuk menabung. Namun, nyatanya kedua bank tersebut sebenarnya berebeba, baik dari segi operasional maupun transaksi.

Lantas apa saja perbedaan dari bank BCA Konvensional dengan bank BCA Syariah? Nah, bagi anda yang belum mengetahui perbedaan kedua bank tersebut, maka inilah saat yang paling tepat untuk mengetahuinya. Dimana pada kesempatan kali ini inspired2write akan menyajikan informasi tentang perbedaan BCA dan BCA Syariah dengan lebih dalam lagi.

Perbedaan BCA dan BCA Syariah Terlengkap dan Terbaru

Perbedaan BCA dan BCA Syariah Terlengkap dan Terbaru
Advertisements

Banyak orang yang berfikir bahwa bank BCA dan BCA Syariah itu sama. Kamipun awalnya sependapat dengan anda, namun setelah dipahami lebih dalam lagi dan mencari informasi ternyata kedua bank tersebut berbeda. Nah, perbedaan yang paling menojol dari kedua bank tersebut yaitu dilihat dari sisi oparasional bank BCA dan BCA Syariah. Jika bank BCA biasa melakukan usahanya dengan cara konvensional sedangkan BCA Syariah menjalankan usahanya secara syariah. Adapun pengertian BCA Konvensional dan Syariah, sebagai berikut.

Pengertian BCA Konvensional

Bank BCA Konvensional merupakan salah satu bank terbesar di Indonesia yang menjalankan usahanya secara konvensional dengan menerapkan sistem bunga. Besaran BUNGA BANK BCA sudah diataur berdasarkan prosedur dan ketentuan yang sudah ditetapkan oleh Bank Indonesia (BI).

Pengertian BCA Syariah

Sedangkan, bank BCA Syariah adalah salah satu BANK SYARIAH TERBAIK di INDONESIA yang merupakan bank yang diakuisisi oleh bank BCA. Berbeda dengan BCA Konvensional, BCA Syariah menjalankan usahanya dengan prinsip sesuai dengan syariah islam yang melarang pemberlakukan bunga karena bersifat riba. Dalam bank BCA Syariah menggunakan sistem bagi hasil berdasarkan akad yang sesuai syariat islam.

Perbedaan BCA dan BCA Syariah

Perbedaan BCA dan BCA Syariah
Advertisements

Sebagai anak Bank BCA, membuat banyak orang menganggap BCA Syariah itu sama dengan BCA Konvensional. Namun, dibalik anggapan tersebut, ternyata ada perbedaan antara keduanya. Adapun perbedaan kedua bank tersebut yaitu sebagai berikut.

1. Perbedaan Akad dan Hukum

Bank BCA Konvensional menerapkan akad atau dasar hukum sesuai dengan peraturan perbankan dan hukum positif, sedangkan bank BCA Syariah berdasarkan hukum syariah islam, seperti akad mudharabah dan wadiah.

2. Perbedaan Pengelolaan Dana

Dalam Bank BCA Konvensional mengelola dana nasabah dengan sistem bunga yang nilainya tetap meskipun pendapatan bank meningkat. Sedangkan, dalam bank BCA Syariah mengelola dana dengan sistem nisbah bagi hasil sehingga tidak mengandung usur riba.

Dimana sistem nisbah bagi hasil dibagikan kepada nasabah dan pihak bank sesuai kesepakatan besama. Jika pendapatan bank BCA Syariah naik, maka nasabah akan mendapatkan bagi hasil yang lebih besar, begitu juga sebalikanya.

3. Perbedaan Dewan Pengawas

Dalam Bank BCA Konvensional, kegiatan perbankan di awasi oleh pemerintah, Bank Indonesia dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Sedangkan, untuk bank BCA Syariah di awasi oleh Dewan Pengawas Syariah (DPS).

4. Perbedaan Hubungan Antara Bank dan Nasabah

Hubungan atara pihak bank Syariah dengan nasabahnya lebih erat dibandingkan dengan bank Konvensional. Hal ini dikarenakan hubungan antara bank BCA Syariah dengan nasabah bersifat kemitraan melalui kerjasama. Sedangkan, hubungan antara bank BCA Konvensional bersifat kreditur dan debitur.

Itulah perbdaan antara bank BCA Konvensional dan bank BCA Syariah yang dapat inspired2write.com sajikan untuk anda. Dengan mengetahui perbedaan dari keduanya, bisa jadi acuan untuk memilih bank mana yang lebih tepat untuk digunakan.

Tinggalkan komentar