20 Bank Syariah Terbaik di Indonesia & Menguntungkan 2020

Bank Syariah Terbaik di Indonesia – Sebagian masyarakat Indonesia beragama Islam, sehingga tidak heran apabila tabungan berbasis syariah banyak di pilih karena sistem di dalamnya menganut syariat Islam.

Di dalam sistem perbankan syariah tidak ada riba tentunya hal ini berbeda dengan bank pada umumnya atau bank konvesional. Ada dua tipe tabungan yang dilakukan oleh bank Syariah yaitu akad Wadi’ah dan akad Al-Mudharabah.

Perbedaan antara bank konvesional dan syariah ada di perjanjian awal yaitu Akad Wadi’ah adalah titipan atau uang yang berasal dari nasabah itu sendiri, sedangkan akad Al-Mudharabah merupakan pembiayaan atau financing.

Indonesia memiliki beberapa bank Syariah terbaik yang bisa anda pilih untuk melakukan transaksi keuangan yang telah sesuai dengan syariat Islam seperti bank BRI Syariah, Bank BNI Syariah, Bank Mandiri Syariah dan lainnya.

Bank Syariah Terbaik di Indonesia & Menguntungkan

Bank Syariah Terbaik di Indonesia Menguntungkan

Advertisements

Setelah membahas sedikit mengenai bank Syariah dan sistem pendanaan di dalamnya, untuk melengkapi informasi yang lebih detail, kami akan membahas satu per satu bank syariah terbaik di Indonesia serta jenis-jenis produk tabungan bank Syariah. Berikut ini ulasan lengkapnya.

Daftar Bank Syariah Terbaik di Indonesia

1. Bank BRI Syariah

Bank BRI Syariah

Advertisements

Seperti yang kita tau, bank BRI menjadi salah satu bank terkemuka di Indonesia dengan jumlah nasabah mencapai jutaan. Tidak hanya itu saja, bank BRI juga menyediakan layanan perbankan berbasis syariah. Bank BRI Syariah resmi beroperasi pada tangganl 1 Januari 2009.

Sebagai anak perusahaan dari bank BUMN terbesar di Indonesia, tentunya anda dapat memanfaatkan berbagai fasilitas seperti jaringan ATM, layanan SMS Banking, Internet Banking, dan Mobile Banking. Sehingga tidak kalah dengan bank konvesional dari segi layanan yang di tawarkan.

2. Bank BNI Syariah

Bank BNI Syariah

Advertisements

Bank BNI mengembangkan layanan perbankan syariah dengan menawarkan bisnis keuangan yang berbasis hukum Islam. Perlu anda ketahui bahwa bank BNI menjadi bank syariah terbaik nomor 4 karena memang memiliki pelayanan yang baik tidak kalah dengan bank BNI konvesional.

Memilih bank BNI Syariah sebagai tempat menyimpan uang, investasi ataupun kredit menjadi pilihan tepat. Karena nantinya anda bisa menikmati beragak keuntungan menarik. Cara membuat ATM BNI Syariah juga mudah dan cepat prosesnya.

3. Bank BCA Syariah

Bank BCA Syariah

Advertisements

Bank BCA adalah bank swasta terbesar di Indonesia. Tidak hanya itu saja, bank BCA memiliki aset yang besar sehingga bank BCA mengerti bahwa keuangan syariah sangat di butuhkan oleh masyarakat Indonesia yang mayoritas muslim. Anda bisa menikmati layanan yang di berikan oleh bank BCA yaitu mesin ATM, mesin EDC tanpa di kenai biaya sedikitpun.

4. Bank Mega Syariah

Bank Mega Syariah

Advertisements

Bank Mega Syariah menjadi salah satu bank Syariah yang patut untuk di perhitungkan karena sudah mendapatkan izin dari Kemenag RI sebagai Bank Penerima Setoran Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji atau di singkat BPS BPIH.  Untuk sejauh ini bank Mega Syariah lebih fokus ke sektor mikro dan kecil dengan berbagai macam produk unggulan tabungan.

5. Bank Syariah Mandiri

Bank Mandiri Syariah

Advertisements

Salah satu keunggulan Bank Syariah Mandiri adalah mampu tumbuh serta memadukan idealisme usaha dengan nilai spiritual agama Islam. Ada banyak produk pilihan dengan akad yang bisa di ambil oleh nasabah bank Mandiri Syariah mulai dari akad Wadi’ah dan akad Al-Mudharabah.

6. Bank Muamalat Indonesia

Bank Muamalat Indonesia

Advertisements

Bank Muamalat menjadi bank umum yang memiliki konsep syariah pertama di Indonesia dan memiliki status murni karena memang bank Muamalat tidak memiliki bank konvesional seperti bank syariah lainnya. Di dirikan tahun 1991 bank Muamalat remsi beroperasi untuk umum pada tahun 1992. Bank Muamalat sendiri selalu konsisten dengan menerapkan syariat Islam di dalam sistem perbankannya.

7. Bank Syariah Bukopin

Bank Syariah Bukopin

Advertisements

Bank Syariah Bukopin berawal dari 2 bank koperasi yang berada di Samarinda, Kalimantan Timur. Kedua koperasi tersebut merupakan Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Gunung Sindoro dan juga BPR Gunung Kendeng kemudian melebur menjadi Bank Swansarindo tanggal 29 Juli 1990. Satu tahun kemudian memindahkan kantor pusat ke Jakarta dan bak Swasarindo berstatus menjadi bank umum.

8. Bank BTPN Syariah

Bank BTPN Syariah

Advertisements

Bank BTPN menjadi bank syariah ke 12 di Indonesia. Perlu anda ketahui berdirinya lembaga perbankan ini terbentuk dari meleburnya Bank Sahabat Purbadanarta atau BSP dan juga UUS BTPN. Terdapat dua produk utama dari BTPN Syariah yaitu Pendanaan antara lain Citra iB, Taseto iB, Deposito iB, Taseto Mapan iB dan juga Pembiayaan antara lain Paket Masa Depan, dan juga Tabungan Wow! Syariah.

9. Bank Danamon Syariah

Bank Danamon Syariah

Advertisements

Bank Danamon Syariah adalah produk tabungan dari Bank Danamon yang menganut prinsip syariah Wadi’ah atau titipan. Hal tersebut sebagai solusi bertransaksi dengan berbagai macam kemudahan. Ada banyak produk yang di tawarkan bank Danamon Syarian antara lain Tabungan, Tabungan Qurban, Tabungan Haji & Umrah, Deposito, Giro, dan Pembiayaan KPR Syariah.

10. Bank BJB Syariah

Bank BJB Syariah

Advertisements

Pada awal terbentuknya bank BJB Syariah saat induk mereka yaitu BJB mengembangkan unit usaha di tahun 2000. BJB Syariah terbentuk pada tanggal 15 Januari 2010 di Bandung. Seluruh produk pendanaan dan juga pembiayaan yang di tawarkan bank BJB yaitu Murabahah atau jual beli dan bagi hasil. Hal tersebut untuk mempermudah semua transaksi nasabahnya.

11. Permata Bank Syariah

Permata Bank Syariah

Advertisements

Bank Permata Syariah berada di naungan PT Astra Internasional Tbk menyediakan layanan perbankan syariah. Bagi anda yang belum tau dari mana asal usul Bank Permata, bank tersebut adalah hasil marger dari PT Bank Bali Tbk, PT Bank Prima Express, Bank Artamedia, Bank Patriot, dan PT Bank Universal Tbk.

12. Bank Panin Syariah

Bank Panin Syariah

Advertisements

Bank Panin syariah mampu memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia serta menghadirkan perbankan syariah untuk melayani semua golongan masyarakat tanpa terkecuali. Sama halnya dengan berbagai bank syariah lainnya. Bank Panin Syariah juga menawarkan produk mulai dari titipan sampai investasi.

13. Bank Bumiputera Syariah

Bank Bumiputera Syariah

Advertisements

Bumiputera Syariah merupakan perusahan asuransi jiwa yang sudah beridi sejak tahun 2016 dan berkantor pusat di Jakarta. Ada banyak produk yang di tawarkan untuk kemudahan nasabahnya. Mulai dari Mitra Iqra Plus, Mitra BP-Link Syariah, Mitra Mabrur Plus dan lain sebagainya.

14. Bank Kaltim Syariah

Bank Kaltim Syariah

Advertisements

Prinsip yang di anut oleh perbankan Syariah sama halnya dengan Bank Kaltim Syariah adalah berdasarkan hukum-hukum Islam antara anda dan pihak bank untuk melakukan proses penyimpanan dana atau pembiayaan sebuah kegiatan usaha sesuai dengan syariat Islam.

15. Bank Aceh Syariah

Bank Aceh Syariah

Advertisements

Pada awalnya, bank Aceh bernama Bank Pembangunan Daerah Aceh. Pada saat itu menjadi satu-satunya bank daerah yang mampu berguna untuk meningkatkan perekonomian masyarakat Aceh khususnya, kantor pusat bank Aceh berada di kota Banda Aceh.

16. Bank Jateng Syariah

Bank Jateng Syariah

Advertisements

Pada awalnya bank Jateng adalah bank konvesional kemudian menyediakan layanan perbankan Syariah. Ada banyak produk tabungan yang menguntungkan tentunya sesuai dengan syariat Islam di dalamnya. Salah satu produk unggulan Bank Jateng Syariah adalah Tabungan iB Bima, iB Pembiayaan Umrah, iB Tabungan Haji, dan iB Rahn Emas.

17. Bank Sinarmas Syariah

Bank Sinarmas Syariah

Advertisements

Sama seperti bank syariah pada umumnya. Bank Sinarmas Syariah menganut prinsip sesuai dengan ajaran Islam di seluruh proses keuangan. Anda dapat memilih produk yang sesuai dengan kebutuhan seperti Tabungan Haji iB, Deposito, dan lain sebagainya.

18. Bank DKI Syariah

Bank DKI Syariah

Advertisements

Bank DKI Syariah adalah Unit Usaha Syariah atau UUS yang dimiliki oleh PT Bank DKI. Untuk saat ini, bank DKI Syariah lebih fokus terhadap bisis Usaha Mikro, Kecil, dan Menangah atau UMKM. Karena memang untuk sektor UMKM sudah terbukti lebih tahan krisis dan lebih banyak manfaatnya.

19. Bank NTB Syariah

Bank NTB Syariah

Advertisements

Hal yang perlu anda tahu tingginya pertumbuhan ekonomi syariah di NTB tentunya membuat provinsi Nusa Tenggara Barat optimis untuk menjadi benchmark keuangan syariah. Untuk jenis produk yang di tawarkan bank NTB Syariah hampir sama dengan bank-bank syariah lainnya mulai dari tabungan sampai dengan deposito.

20. Bank NET Syariah

20. Bank NET Syariah

Advertisements

Awal berdirinya bank NET Syariah adalah perusahaan bernama Maybank Nusa Internasional yaitu patungan usaha antara Maybank dan Bank Nusa Nasional. Tujuan adanya NET Syariah guna melakukan pengembangan ekonomi kerakyatan yang berbais sayriah tentunya untuk menyasar sektor usaha mikro kecil dan menengah.

Jenis-jenis Produk Tabungan Syariah

Jenis jenis Produk Tabungan Syariah

Advertisements

Sama halnya dengan bank kovesional, bank Syariah juga memiliki jenis produk tabungan, giro, dan deposito. Hanya saja, terdapat sedikit perbedaan antara bank konvesional dan bank syariah berikut ini :

1. Tabungan

Tabungan yang di lakukan oleh bank Syariah terdapat 2 tipe yaitu Wadi’ah dan Mudharabah. Anda dapat memilih dari salah satu akad tersebut untuk menyimpan uang. Apabila anda menggunakan prinsip Wadi’ah artinya tabungan akan mendapatkan keuntungan karena titipan uang tersebut dapat di ambil sewaktu-waktu baik menggunakan kartu ATM atau buku tabungan. Jika anda lebih memilih akad Mudharabah artinya keutnungan yang anda dapatkan di bagi menjadi dua antara pemilik uang tersebut dan bank.

2. Giro

Jenis tabungan berikutnya adalah Giro. Untuk anda yang menggunakan tabungan Giro artinya akan melakukan akad wadi’ah. Terdaapt dua macam jenis titipan yang pertama adalah wadi’ah yadud Amanah dan wadi’ah yadud Dhamanah. Perbedaannya untuk akad wadi’ah yadud Amanah merupakan jenis tabungan yang bank tidak wajib mengganti ketika terjadi kehilangan atau kerugian. Sedangkan akad wadi’ah yadud Dhamanah yaitu bank bertanggung jawab penuh sesuai nilai uang yang sudah anda titipkan.

3. Deposito

Jenis tabungan terakhir adalah Deposito, Untuk Deposito di dalam sistem perbankan Syariah perjanjian yang di tetapkan oleh bank adalah akad mudharobah. Pemilik uang atau nasabah disebut shohibul maal sedangkan bank disebut mudharaib. Ciri dari Deposito yaitu adanya tenggang waktu yang di setujui antara nasabah dan bank, jangka waktu yang diberikan mulai dari 30 hari, 90 hari, bahkan ada jangka waktu sampai tahunan.

Sekian informasi yang bisa inspired2write.com sampaikan untuk anda mengenai bank syariah terbaik di Indonesia lengkap dengan berbagai macam keuntungan yang bisa di dapatkan oleh nasabah. Bank Syariah sudah tersedia banyak di kota-kota Indonesia untuk memberikan pelayanan yang maksimal.

Tinggalkan komentar