15 Cara Mengecek IMEI Xiaomi Resmi atau Ilegal Terbaru 2022

Cara Mengecek IMEI Xiaomi – Xiaomi menjadi satu merek smartphone yang menguasai pasar Indonesia. Xiaomi menjadi brand yang menduduki peringkat k-2 mengalahkan Samsung sebagai produk terlaris di pasar Indonesia.

Namun dibalik kepopulerannya tersebut, membuat banyak smartphone bajakan yang membawa nama Xiaomi. Di Indonesia sendiri banyak smartphone bajakan yang beredar membanjiri pasar Indonesia tanpa membayar pajak.

Citayam

Untuk mengatasi produk ilegal, Pemerintah Indonesia mengeluarkan aturan baru yang menyatakan bahwa akan memblokir smarphone ilegal. Smartphone ilegal ditandai dengan nomor IMEI yang tidak terdaftar di Kemenperin.

Nah, untuk mengetahui nomor IMEI sudah terdaftar atau belum. Maka hal pertama yang harus dilakukan yaitu mengecek nomor IMEI terlebih dahulu. Lantas bagaimana cara mengecek IMEI Xiaomi? Adapun caranya, sebagai berikut.

Cara Mengecek IMEI Xiaomi Resmi atau Ilegal Terbaru

Cara Mengecek IMEI Xiaomi Resmi atau Ilegal Terbaru

Sebagai salah satu ALAT KOMUNIKASI modern, menjadikan smarphone menjadi produk yang dibutuhkan oleh setiap orang. Namun, seringkali banyak orang tidak memperhatikan keaslian dari produk smartphone yang dibeli. Untuk informasi lebih jelas dan lengkapnya, silahkan simak ulasan mendalam di bawah ini.

Fungsi Nomor IMEI

Sebelum mengecek IMEI Xiaomi, ada baiknya kamu ketahui terlebih dahulu fungsi dari nomor IMEI pada smartphone. Adapun fungsi dari IMEI yaitu sebagai berikut.

  • Mengetahui identitas smartphone.
  • Untuk mengecek masa garansi.
  • Untuk melacak smartphone yang hilang.

Mengecek IMEI Xiaomi Lewat Menu Setting

Mengecek IMEI Xiaomi Lewat Menu Setting

Untuk cara yang pertama, yaitu dengan melihat nomor IMEI di menu pengaturan. Setiap smartphone mensematkan seluruh fitur dan informasi penting tentang smartphonenya di menu pengaturan. Jadi kamu bisa melihat nomor IMEI smartphone Xiaomi kamu di menu pengaturan. Adapun caranya, silahkan ikuti langkah-langkah di bawah ini.

  1. Langkah yang pertama, silahkan masuk ke menu “Pengaturan” di HP Xiaomi kamu.
  2. Kemudian, silahkan pilih menu “Tentang Telepon“.
  3. Selanjutnya, pilih menu “Keseluruhan Spesifikasi“.
  4. Lalu, pilih “Status“.
  5. Terakhir, maka kamu bisa melihat IMEI SIM 1 maupun SIM 2, jika kamu menggunakan 2 slot SIM Card.

Mengecek IMEI Xiaomi Dengan Kode *#06#

Mengecek IMEI Xiaomi Dengan Kode 06

Untuk cara yang selanjutnya, kamu bisa cek IMEI Xiaomi kamu dengan kode *#06#. Buka hanya Xiaomi, sebenarnya kode ini juga digunakan untuk mengecek IMEI di semua merek smartphone. Adapun caranya, sebagai berikut.

  1. Langkah yang pertama, silahkan buka aplikasi “Telepon“.
  2. Kemudian, pada keypad, silahkan ketikkan kode *#06#.
  3. Maka akan langsung muncul nomor IMEI smartphone Xiaomi kamu.

Apabila muncul 2 nomor IMEI, itu tandanya smartphone Xiaomi yang kamu gunakan memiliki 2 slot SIM card. Apabila cuma satu nomor IMEI, maka smartphone kamu menggunakan 1 slot SIM card.

Mengecek IMEI dengan Melihat Dus Kemasan atau Bodi Belakang

Mengecek IMEI dengan Melihat Dus Kemasan

Pada saat membeli smartphone Xiaomi baru, sudah pasti ada dus kemasannya. Nah, pada dus kemasan tersebut biasanya terdapat stiker atau tulisan berisi nomor IMEI Produk. Biasanya stiker tersebut berada di bawah atau di samping dus kemasan. Kamu bisa melihat nomor IMEI di stiker yang tercantum pada dus kemasan.

Mengecek IMEI dengan Melihat Bodi Belakang

Namun, jika tidak ada kami bisa cek di bodi belakang smartphone Xiaomi. Biasanya pada bodi belakang smartphone tertempel striker yang berisi nomor IMEI. Namun, jika di dus kemasan dan bodi belakang tidak ada, maka kamu bisa melihatnya di buku panduan penggunaan. Buku tersebut biasanya ada di dalam dus kemasan. Dalam buku tersebut biasanya tertera nomor IMEI smartphone Xiaomi anda.

Itulah caranya mengecek IMEI Xiaomi yang bisa kamu lakukan. Untuk yang selanjutnya, kamu bisa mengecek apakah smartphone Xiaomi kamu resmi atau ilegal menggunakan nomor IMEI. Oh ya! setelah mendapatkan nomor IMEI, jangan lupa untuk mencatat atau menyalinnya. Nantinya, pada saat mengecek keaslian smartphone Xiaomi kamu dimintai untuk memasukan nomor IMEI kamu.

Cara Cek Xiaomi Resmi atau Ilegal

Cara Cek Xiaomi Resmi atau Ilegal

Nah untuk mengetahui resmi atau tidaknya smartphone Xiaomi, caranya tinggal cek nomor IMEI Xiaomi kamu terdaftar atau tidak di Kementrian Perindustrian. Apabila sudah terdaftar maka smartphone Xiaomi kamu resmi, sebalikanya jika tidak terdaftar maka Ilegal. Caranya sendiri terbilang sangat mudah, kamu hanya perlu mengunjungi situs Kemenperin. Adapun caranya, silahkan ikuti langkah-langkah di bawah ini.

  1. Langkah yang pertama, silahkan kunjungi situs imei.kemenperin.go.id
  2. Selanjutnya, tinggal masukkan nomor IMEI pada kolom yang telah disediakan.
  3. Setelah itu, tinggal klik tombol “Cari“.
  4. Maka, jika muncul keterangan “IMEI terdaftar di database Kemenperin” maka artinya resmi. Jika tidak, maka Ilegal.

Cara Cek Keaslian Smartphone Xiaomi

Sedangkan, untuk mengetahui apakah smartphone Xiaomi kamu asli atau palsu, kamu bisa cek langsung di situs resmi Mi.com. Adapun caranya, sebagai berikut.

  1. Pertama, kunjungi situs link ini mi.com.
  2. Kemudian, silahkan masukkan nomor IMEI dan kode verifikasi yang tertera.
  3. Jika sudah tinggal klik “Verifikasi”.
  4. Maka akan langsung muncul keterangan seperti gambar di bawah ini.
Maka akan langsung muncul keterangan seperti gambar di bawah ini

Pada gamabar di atas menujukan Xiaomi Redmi Note 8 Pro, Mineral Grey RAM 6GB dan ROM 64GB dengan keterangan bahwa “Hadphone yang kamu beli dipastikan versi global atau resmi“. Maksudanya yaitu bahwa smartphone Xiaomi kamu ASLI.

Sedangkan, jika setelah melakukan pengecekan, ternyata hasilnya muncul pemberitahuan tanda seru merah dan tertulis keterangan “Perangkat yang kamu beri bukan versi Global yang resmi” maka itu artinya smartphone yang kamu beli ilegal, karena lewat jalur balck market, dengan kata lain PALSU. Seperti contoh gambar berikut.

Seperti contoh gambar berikut.

Itulah beberapa cara mengecek IMEI Xiaomi yang dapat inspired2write.com sajikan. Dengan nomor IMEI, kita bisa mengetahui apakah smartphone yang digunakan asli atau palsu, resmi atau ilegal. Selain itu, nomor IMEI juga bisa digunakan untuk melacak HP Xiaomi yang hilang. Sekian, semoga informasi di atas bermanfaat.

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.