25 Cara Menghemat Baterai Xiaomi 100% Efektif 2020

Cara Menghemat Baterai Xiaomi – Kemajuan teknologi yang semakin berkembang, membuat ponsel kita buka hanya sekedar untuk menelepon atau mengirim pesan saja. Namun, juga digunakan untuk bermain game, nonton YOUTUBE PREMIUM GRATIS, mengakses Instagram, Facebook dan lain sebagainya.

Salah satu merek ponsel yang sudah cukup populer yaitu Xiaomi. Xiaomi mengadirkan berbagai tipe HP yang memiliki kapasitas baterai besar. Meskipun memiliki kapasitas baterai yang cukup besar. Namun, baterai masih memiliki batasan yang membuatnya tidak bisa dioperasikan secara sukarela.

Penggunaan ponsel yang tidak wajar juga menyebabkan konsumsi baterai menjadi lebih boros. Sebenarnya, lama tidaknya kapasitas baterai Xiaomi bertahan tergantung banyaknya aplikasi yang berjalan di ponsel tersebut. Selain itu, banyaknya aplikasi bawaan di HP Xiaomi juga mempengaruhi konsumsi baterai.

Hal inilah yang membuat banyak pengguna Xiaomi, MENGHAPUS APLIKASI BAWAAN untuk menghemat konsumsi baterai. Namun, hal ini juga belum cukup efektif untuk menghemat baterai. Lantas bagaimana cara menghemat baterai Xiaomi yang efektif? Adapun caranya, silahkan simak ulasan di bawah ini.

Cara Menghemat Baterai Xiaomi 100% Efektif

Cara Menghemat Baterai Xiaomi 100 Efektif
Advertisements

Berbagai hal-hal tertentu juga dapat membuat konsumsi baterai menjadi lebih boros. Cara menghemat baterai Xiaomi menjadi solusi yang paling tepat untuk mengatasi konsumsi baterai boros saat bermain game, mengekses media sosial dan lain sebagainya. Sebelum melakukan cara menghemat baterai, sebaiknya pahami terlebih dahulu, hal-hal yang menyebabkan konsumsi baterai menjadi lebih boros.

Penyebab Baterai Xiaomi Boros

Penyebab Baterai Xiaomi Boros
Advertisements

Adapun beberapa penyebab yang membuat konsumsi baterai Xiaomi menjadi lebih boros yaitu sebagai berikut.

1. Pengoperasian Ponsel yang Tidak Wajar

Banyak pengguna ponsel Xiaomi yang sering menggunakan ponsel untuk memainkan game HD. Hal ini terbilang wajar, pasalnya Xiaomi memiliki spesifikasi yang mumpuni. Tapi, bila digunakan selama berjam-jam pastinya akan membutuhkan daya yang besar. Hal ini bisa ditandai dengan cepat naiknya temperatur pada ponsel.

2. Widget Home Screen Berlebihan

Selain itu, penggunaan widget yang terlalu berlebihan pada home screen juga menjadi pemicu borosnya penggunaan baterai. Pasalnya RAM ponsel berada pada kondisi yang terbebani dengan keadaan tersebut. Sehingga konsumsi baterai akan lebih cepat habis.

3. Banyaknya Aplikasi yang Berjalan Pada Background

Banyaknya aplikasi yang berjalan di belakang layar (Background) akan membutuhkan RAM yang cukup besar. Hal ini tentunya akan meningkatkan kinerja, namun juga akan membutuhkan daya yang sebanding. Sehingga dalam kondisi ini baterai akan lebih boros.

4. Layar Terlalu Cerah

Salah satu hal sepele yang jarang diperhatikan oleh pengguna Xiaomi yaitu kecerahan layar. Kecerahan layar juga menjadi salah satu penyebab borosnya konsumsi baterai. Apabila kecerahan diatur terlalu kontras, maka ponsel akan terasa semakin terbebani. Semakin tinggi tingkat kecerahan layar, maka daya yang dibutuhkan juga akan semakin besar.

5. Melakukan Overlock pada Ponsel

Penyebab baterai Xiaomi cepat habis lainnya yaitu karena pengguna melakukan overlock yang berlebihan. Meskipun sebenarnya fitur ini memberikan dampak positif seperti kenarja ponsel menjadi lebi cepat, namun fitur ini juga memberikan dapak negatif. Dampak negatif dari fitur ini yakni suhu ponsel menjadi lebih cepat panas.

Kondisi ini menyebabkan baterai Xiaomi menjadi cepat habis. Apabila hal ini dibiarkan, maka akan memberikan efek yang lebih parah. Jika terjadi overheating, maka ponsel akan mengalami hang atau restart secara tiba-tiba. Dengan demikian, maka umur prosesor akan lebih pendek sehingga ponsel akan cepat rusak.

Cara Menghemat Baterai Xiaomi

Setelah mengetahui beberapa hal yang menyebabkan baterai menjadi lebih boros. Selanjutnya, tinggal lakukan beberapa hal di bawah ini yang akan membuat baterai menjadi lebih hemat. Adapun cara menghemat baterai saat bermain game atau saat mengakses media sosial yaitu sebagai berikut.

1. Selektif Dalam Memilih Aplikasi

Selektif Dalam Memilih Aplikasi
Advertisements

Menginstal banyak aplikasi memang akan mempermudah hidup anda. Namun, ponsel Xiaomi yang memiliki banyak aplikasi juga akan membuat konsumsi baterai semakin besar. Hal ini karena kinerja RAM semakin terbebani, sehingga kondisi ponsel akan cepat panas, sehingga baterai Xiaomi akan cepat habis. Nah, untuk mengatasi baterai Xiaomi agar tidak boros yaitu selektif dalam memilih aplikasi. Pililah aplikasi yang benar-benar diperlukan saja untuk mengurangi beban ponsel Xiaomi anda.

2. Aktifkan Mode Auto Close

Xiaomi memiliki keunggulan dari segi fitur ROM MIUI yang belum dimiliki oleh ponsel merek lainnya yaitu sebuah fitur yang membersihkan RAM ponsel yaitu fitur Auto Close App. Fitur ini akan membantu membersihkan RAM setelah ponsel Xiaomi dalam keadaan sleep. Adapun cara mengaktifkan mode auto close app yaitu sebagai berikut.

  1. Langkah yang pertama, buka menu “Pengaturan“.
  2. Kemudian, silahkan pilih menu “Baterai & Performa“.
    Kemudian silahkan pilih menu Baterai Performa
  3. Selanjutnya, klik ikon gerigi di pojok kanan atas.
    Selanjutnya klik ikon gerigi di pojok kanan atas
  4. Lalu, silahkan klik pada bagian “Bersihkan Cache Saat Perangkat Terkunci“.
    Lalu silahkan klik pada bagian Bersihkan Cache Saat Perangkat Terkunci
  5. Setelah itu, tinggal pilih waktu sesuai yang anda inginkan.
    Setelah itu tinggal pilih waktu sesuai yang anda inginkan

3. Atur Tingkat Kecerahan Layar

Selanjutnya, cara untuk menghemat baterai Xiaomi yang lainnya yaitu mengatur tingkat kecerahan layar. Kecerahan layar akan mempengaruhi konsumsi daya baterai. Dengan tingkat kecerahan layar yang terlalu kontras akan membutuhkan daya baterai yang besar. Untuk mengatur kecerahan layar, anda bisa mengaktifkan fitur kecerahan layar otomatis. Adapun cara mengaktifkan kecerahan layar otomatis yaitu sebagai berikut.

  1. Pertama, buka menu “Pengaturan” di HP Xiaomi anda.
  2. Kemudian, pilih menu “Tampilan“.
    Kemudian pilih menu Tampilan
  3. Lalu, pilih “Kecerahan Layar“.
    Lalu pilih Kecerahan Layar
  4. Selanjutnya, tinggal aktifkan fitur “Kecerahan Layar Otomatis“.
    Selanjutnya tinggal aktifkan fitur Kecerahan Layar Otomatis

4. Bersihkan File Cache yang Sudah Kadaluarsa

Agar baterai Xiaomi lebih hemat, membersihkan file sampah juga sangat berpengaruh. File sampah yang menumpuk akan mengkonsumsi ruang penyimpanan RAM, yang akan menyebabkan RAM menjadi terbebani. Kondisi ini akan menyebabkan ponsel menjadi lebih panas, sehingga baterai Xiaomi lebih cepat habis. Maka dari itu, rajinlah membersihkan file cache paling tidak selama 1 minggu sekali. Adapun cara membersihkan file cache di HP Xiaomi, sebagai berikut.

  1. Buka aplikasi “Keamanan“.
    Buka aplikasi Keamanan
  2. Kemudian, pilih menu “Pembersih“.
    Kemudian pilih menu Pembersih
  3. Terakhir tinggal klik “Bersihkan“.
    Terakhir tinggal klik Bersihkan

5. Nonaktifkan Fitur WiFi, Bluetooth dan GPS

Nonaktifkan Fitur WiFi Bluetooth dan GPS
Advertisements

Pada setiap ponsel pastinya dibekali dengan fitur WiFi, Bluetooth dan GPS, termasuk Xiaomi. Mengkatifkan fitur ini memang sangat bermanfaat, terutama untuk berbagi file. Namun, fitur ini juga menjadi salah satu penyebab baterai Xiaomi menjadi lebih boros. Mematikan fitur-fitur tersebut memiliki pengaruh besar agar baterai Xiaomi menjadi lebih awat. Cara mematikan fitur tersebut juga sangat mudah, anda bisa membuka menu toolbar, lalu tinggal matikan saja.

6. Matikan Location Service di Akun Google

Matikan Location Service di Akun Google
Advertisements

Selain WiFi, Bluetooth dan GPS, fitur Location Service juga akan menguras baterai Xiaomi anda. Jika anda mengaktifkan Location Service selama 24 jam non stop, maka sudah dapat dipastikan bahwa baterai Xiaomi akan cepat habis. Dikarenakan fitur ini bekerja secara penuh. JIka fitur ini tidak dinonaktifkan, maka akan menjadi penyebab yang paling besar baterai Xiaomi anda cepat habis. Cara mematikan location service di akun Google sendiri dapat dimatikan melalui menu pengaturan telepon.

7. Menonaktifkan Suara

Menonaktifkan Suara
Advertisements

Mungkin hal ini terlihat sepele, namun nyatanya menonaktifkan suara dan getar, menjadi cara menghemat baterai Xiaomi yang efektif. Setiap notifikasi yang masuk umumnya akan membunyikan dan menggetarkan ponsel. Hal ini justru akan membuat baterai Xiaomi anda cepat habis. Nah, cara untuk menghemat baterai Xiaomi agar lebih hemat, sebaiknya gunakan mode senyap dan hanya mengaktifkan nada panggilan saja. Cara menonaktifkan suara terbilang cukup mudah. ANda bisa menonaktifkan fitur suara di menu toolbar pada HP Xiaomi anda.

8. Mengatur Sleep Display

Untuk cara lainnya agar konsumsi baterai Xiaomi lebih hemat yaitu dengan mengatur sleep display. Dengan mengatur sleep display, maka ponsel akan tertidur beberapa detik setelah tidak digunakan. Dengan demikian, maka konsumsi baterai akan lebih sedikit sehingga baterai Xiaomi lebih awet. Semakin cepat ponsel tertidur, maka konsumsi baterai akan lebih sedikit. Nah, untuk mengatur sleep display pada Xiaomi sendiri terbilang cukup mudah. Adapun caranya, sebagai berikut.

  1. Langkah pertama, buka menu “Pengaturan“.
  2. Kemudian, pilih menu “Layar Kunci“.
    Kemudian pilih menu Layar Kunci
  3. Selanjutnya, pilih menu “Tidur“.
    Selanjutnya pilih menu Tidur
  4. Terakhir, tinggal tentukan waktu sleep layar ke yang paling cepat.
    Terakhir tinggal tentukan waktu sleep layar ke yang paling cepat

9. Nyalakan Power Saving

HP Xiaomi sudah dilengkapi dengan penghemat daya. Fitur ini akan membantu menghemat daya baterai Xiaomi. Fitur ini juga akan meminimalkan fitur-fitur yang tidak digunakan agar baterai semakin hemat. Nah, cara mengaktifkan power saving ini juga terbilang sangat mudah. Adapun caranya sebagai berikut.

  1. Buka menu “Pengaturan” di HP Xiaomi anda.
  2. Lalu, silahkan pilih menu “Baterai & Performa“.
    Lalu silahkan pilih menu Baterai Performa
  3. Kemudian, tinggal aktifkan “Penghemat Baterai“.
    Kemudian tinggal aktifkan Penghemat Baterai

10. Nonaktifkan Screensaver

Nonaktifkan Screensaver
Advertisements

Cara lainnya untuk menghemat baterai Xiaomi yaitu dengan menonaktifkan screensaver yang sedang aktif di ponsel anda. Mamang fitur screensaver akan membuat tampilan ponsel Xiaomi anda menjadi lebih keren. Namun, fitur ini justru akan membuat baterai Xiaomi anda lebih boros. Jadi sebaiknya nonaktifkan screensaver agar baterai menjadi lebih hemat.

11. Gunakan Charger Original

Gunakan Charger Original
Advertisements

Hal sepele lainnya yang kurang diperhatikan oleh pengguna Xiaomi yaitu penggunaan charger KW. Charger KW mungkin memiliki harga yang terbilang lebih murah dibandingkan charger original. Namun, perlu anda ketahui, bahwa penggunaan charger KW justru akan membuat baterai Xiaomi anda lebih boros. Nah, setiap charger original di desain sesuai dengan tipe HP Xiaomi tertentu. Jadi agar baterai Xiaomi tetap awet dan tidak cepat habis, selalu isi daya menggunakan charger original.

12. Tutup Aplikasi Berjalan yang Tidak Terpakai

Tutup Aplikasi Berjalan yang Tidak Terpakai
Advertisements

Cara menghemat baterai Xiaomi yang lainnya yaitu dengan menutup semua aplikasi berjalan yang tidak terpakai atau yang berjalan di background. Adanya aplikasi yang masih berjalan di backgroud selama 24 jam non stop, tentunya akan membutuhkan konsumsi baterai yang cukup besar. Jadi, sebaiknya tutup aplikasi yang sudah tidak dipakai agar baterai tidak boros.

13. Jaga Kesehatan Baterai

Jaga Kesehatan Baterai
Advertisements

Cara yang terakhir untuk menghemat baterai Xiaomi yaitu dengan menjaga kesehatan baterai. Hal ini akan sangat berpengaruh terutama untuk memperpanjang umur baterai. Adapun beberapa cara merawat kesehatan baterai Xiaomi yaitu sebagai berikut.

  • Selalu gunakan charger ori saat mengisi daya.
  • Matikan ponsel saat sedang di charge.
  • Jangan biarkan baterai lowbat terlalu lama.
  • Jangan charger ponsel semalaman.
  • Jangan terlalu sering charger ponsel menggunakan powerbank
  • Jangan gunakan ponsel saat di charge.
  • Instal aplikasi greenify.
  • Gunakan tema dark mode (tema gelap).
  • Jangan charge ponsel dalam posisi baterai 0% karena dapat membuat umur baterai menjadi lebih pendek.
  • Selalu update MIUI secara rutin.
  • Selalu update aplikasi.
  • Gunakan mode pesawat jika diperlukan.

Itulah beberapa tips dan cara menghemat baterai Xiaomi yang dapat inspired2write.com sajikan untuk anda. Dengan melakukan pengaturan yang tepat terhadap ponsel Xiaomi anda, maka daya tahan baterai akan lebih hemat. Pastikan anda melakukan cara-cara di atas, agar baterai pada HP Xiaomi anda tidak cepat habis saat bermain game atau sedang mengakses aplikasi media sosial.

Tinggalkan komentar