10 Cara Mengatasi Bug di HP Xiaomi Semua Tipe 2021

Cara Mengatasi Bug di HP Xiaomi – Xiaomi dikenal dengan merek smartphone berkualitas tinggi. Meskipun berkualitas tinggi, namun harga smartphone Xiaomi terbilang terjangkau.

Jadi wajar saja jika merek smartphone Xiaomi ini diminati oleh banyak orang. Dibalik kualitasnya yang baik, HP Xiaomi juga punya kekurangan yaitu sering terjadinya bug atau error.

Bug yang paling sering terjadi pada HP Xiaomi yaitu banyaknya aplikasi yang terus berhenti. Hal itu menjadikan Anda tidak bisa membuka maupun menjalankan aplikasi di HP Xiaomi.

Namun, Anda tidak perlu khawatir akan hal tersebut, pasalnya ada cara untuk mengatasi bug Xiaomi. Lantas, bagaimana cara mengatasi bug di HP Xiaomi? Adapun caranya sebagai berikut.

Penyebab Bug di HP Xiaomi

Sebelum mengatasi bug, maka Anda perlu mengetahui penyebab terjadinya bug tersebut. Hal itu sangat diperlukan agar lebih mudah mengatasi bug yang terjadi pada HP Xiaomi Anda.

Terdapat beberapa penyebab yang bisa menimbulkan terjadinya bug di HP Xiaomi. Penyebab paling sering menimbulkan bug di HP Xiaomi adalah update MIUI terbaru.

Dimana, jika HP Xiaomi belum update MIUI biasanya akan mengalami bug seperti, HP restart sendiri, muncul laporan bug, aplikasi telah berhenti dan lain sebagainya.

Penyebab lainnya yaitu karena banyaknya cache atau file sampah yang menumpuk. Bukan hanya itu saja, bug di HP Xiaomi juga bisa disebabkan oleh virus dan malware.

Cara Mengatasi Bug di HP Xiaomi

Cara Mengatasi Bug di HP Xiaomi
Advertisements

Sedangkan, untuk mengatasi bug di HP Xiaomi bisa dilakukan dengan berbagai cara. Dengan banyaknya cara yang tersedia, maka Anda bisa dengan mudah mengatasi bug yang terjadi.

Cara untuk mengatasi bug MIUI terbilang sangat mudah, Anda hanya perlu mengatasinya sesuai dengan penyebab terjadinya bug. Berikut beberapa cara mengatasi bug di HP Xiaomi.

1. Update MIUI

1. Update MIUI
Advertisements

Cara pertama untuk mengatasi bug yaitu dengan melakukan update MIUI. Cara update MIUI terbilang sangat mudah, Anda bisa melakukannya melalui menu pengaturan.

Namun, pastikan HP Xiaomi Anda mendukung platform OS MIUI terbaru. Apabila HP Xiaomi Anda telah mendukung OS MIUI terbaru, maka bisa langsung update dengan cara berikut.

  1. Langkah pertama, silahkan buka menu “Pengaturan” di HP Xiaomi Anda.
  2. Kemudian, buka menu pengaturan “Tentang Telepon“.
  3. Selanjutnya, tap bagian MIUI di menu tentang telepon.
  4. Setelah masuk ke halaman MIUI, silahkan klik “Periksa Pembaruan“.
  5. Lalu, tekan “Perbarui Sistem” untuk melakukan update.
  6. Setelah itu, tinggal tunggu saja hingga proses update selesai.
  7. Jika sudah, maka HP Xiaomi akan melakukan restart. Kemudian, tunggulah hingga HP Xiaomi menyala. Selesai.

2. Hapus Data dan Cache Penyimpanan

2. Hapus Data Cache Penyimpanan
Advertisements

Cara lainnya untuk mengatasi bug yaitu dengan menghapus data dan file sampah di ruang penyimpanan. Banyaknya data tak berguna dan file cache akan membuat kinerja ponsel lemot.

Untuk menghapus data dan cache ponsel caranya sangat mudah. Apalagi Xiaomi telah menyematkan aplikasi keamanan untuk memudahkan Anda menghapus cache.

Dengan aplikasi keamanan, maka Anda bisa menghapus data dan cache HP Xiaomi dengan 1 kali klik. Adapun untuk menghapus data dan cache ponsel yaitu sebagai berikut ini.

  1. Bukalah aplikasi “Keamanan” di HP Xiaomi Anda.
  2. Kemudian, pilihlah menu “Pembersih“.
  3. Lalu, aplikasi akan menganalisasi data dan cache yang tersimpan di penyimpanan HP.
  4. Jika analisa sudah selesai, tinggal tekan “Bersihkan“.

Nah, apa bila tidak menemukan aplikasi Keamanan di menu Home atau mungkin aplikasi Keamanan tidak tersedia, maka silahkan ikuti langkah-langkah ini. Buka menu Pengaturan > Tentang Telepon > Penyimpanan > Bebaskan Ruang.

3. Hapus Cache Aplikasi

3. Hapus Cache Aplikasi
Advertisements

Sayangnya aplikasi terus berhenti” juga menjadi salah satu bug yang paling sering dialami oleh pengguna Xiaomi. Nah, untuk mengatasi hal tersebut caranya sangatlah mudah.

Dimana cara mengatasi aplikasi terus berhenti di Xiaomi bisa dilakukan dengan menghapus cache aplikasi itu sendiri. Adapun caranya, silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini.

  1. Masuk ke menu “Setelan” di HP Xiaomi.
  2. Kemudian, pilih menu “Aplikasi“.
  3. Selanjutnya, pilihlah menu “Kelola Aplikasi“.
  4. Lalu, tinggal pilih aplikasi yang terus berhenti.
  5. Setelah itu, tekan tombol “Hapus Data“.
  6. Berikutnya, pilih opsi “Bersihkan Cache“. Lalu, tekan OK.

Jika aplikasi terus berhenti terjadi pada aplikasi bawaan. Mungkin CARA MENGHAPUS APLIKASI BAWAAN XIAOMI bisa jadi solusi tepat menghilangkan bug aplikasi terus berhenti.

4. Factory Reset HP Xiaomi

4. Factory Reset HP Xiaomi
Advertisements

Cara berikutnya untuk mengatasi bug di HP Xiaomi yaitu dengan melakukan factory reset. Factory reset memang diklaim mampu mengatasi berbagai permasalahan ponsel, termasuk bug.

Jadi ini bisa jadi opsi tambahan untuk mengatasi bug di HP Xiaomi. Adapun cara factory reset HP Xiaomi, yakni silahkan ikuti saja langkah-langkah tutorial di bawah ini.

  1. Langkah pertama, silahkan masuk ke menu “Setelan“.
  2. Langkah selanjutnya, pilihlah menu “Tentang Telepon“.
  3. Langkah berikutnya, pilihlah “Setel Ulang Pabrik“.
  4. Kemudian, tekan opsi “Hapus Seluruh Data“.
  5. Masukkanlah konfirmasi sandi Anda. (jika HP Xiaomi Anda menggunakan sandi, pin, atau pola).
  6. Terakhir tinggal, tekan “Langkah Selanjutnya” untuk melakukan factory reset.

5. Wipe Data HP Xiaomi

5. Wipe Data HP Xiaomi
Advertisements

Cara lainnya untuk mengatasi bug yaitu dengan melakukan wipe data hard reset. Cara ini biasanya digunakan untuk mengatasi bug MSA yang terjadi pada semua tipe HP Xiaomi.

Cara wipe data hard reset bisa dilakukan dengan masuk ke recovery mode. Adapun cara wipe data HP Xiaomi untuk menghilangkan bug MSA yaitu sebagai berikut ini.

  1. Pertama, pastikan kartu memori sudah dilepas dan baterai terisi minimal 50% agar proses hard reset tidak berhenti ditengah jalan.
  2. Selanjutnya, silahkan matikan daya HP Xiaomi Anda.
  3. Dalam keadaan HP Xiaomi mati, silahkan tekan tombol “Power + Volume Up” secara bersamaan selama beberapa detik hingga muncul logo Mi.
  4. Maka nantinya Anda akan diarahkan ke tampilan recovery mode. Pada mode recovery, gunakan tombol volume untuk memilih dan tombol power untuk mengkonfirmasi.
  5. Selanjutnya, silahkan pilih “Bahasa Inggris“.
  6. Muncul beberapa pilihan menu, silahkan pilih menu “Wipe All Data”.
  7. Kemudian tekan tombol “Yes” untuk mengkonfirmasi.
  8. Setelah itu, tinggal tunggu saja hingga proses reset selesai.
  9. Jika proses reset selesai, silahkan pilih “Reboot Now” dan tunggu hingga HP Xiaomi kembali menyala dengan sendirinya.

Itulah beberapa cara mengatasi bug di HP Xiaomi yang dapat Inspired2write.com sajikan. Dengan banyaknya cara yang tersedia, maka mengatasi bug bisa Anda lakukan tanpa perlu service HP maupun beli yang baru. Demikian, semoga ulasan artikel di atas bermanfaat.

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.