Macam Macam Alat Komunikasi Tradisional dan Modern

Macam macam alat komunikasi –¬†Sekarang sudah tersedia banyak alat komuikasi yang bisa digunakan untuk menerima atau memberikan informasi dengan cepat, baik untuk satu orang atau untuk khalayak.

Meskipun begitu, kita jangan sampai melupakan alat komunikasi tradisional yang dulu sudah di gunakan sebelum adanya teknologi canggih seperti saat ini.

Jaman dulu, alat komunikasi paling terkenal adalah telegraf dan surat. Dimana sesorang bisa memberikan informasi melalui tulisan dan dikimkan kepada penerima.

Sekarang terdapat alat komunikasi modern yang semakin canggih dan membuat informasi cepat sampai. Contoh alat komunikasi modern adalah smartphone.

Macam macam Alat Komunikasi Tradisional dan Modern

Macam macam Alat Komunikasi Tradisional dan Modern

Dengan banyaknya alat komunikasi saat ini, mungkin sebagian dari kalian masih ingin mencari tau apa saja alat komunikasi tradisional yang di gunakan oleh orang-orang jaman dahulu. Berikut kami akan memberikan informasi secara lengkap tentang macam-amcam alat komunikasi baik tradisional atau alat komunikasi modern.

Alat Komunikasi Tradisional

Alat Komunikasi Tradisional

1. Surat

Surat menjadi salah satu alat komunikasi tradisional paling terkenal dan hampir di gunakan di seluruh dunia oleh masyarakat jaman dulu. Surat ini berisi tulisan yang di berikan kepada seseorang yang ingin di tuju. Surat di anggap salah satu komunikasi paling tepat untuk menyampaikan kabar atau informasi. Namun, saat ini alat komunikasi Surat mulai ditinggalkan oleh masyarakat karena di anggap kurang efektif dan cepat.

2. Telegraf

Alat komunikasi selanjutnya adalah Telegraf. Alat komunikasi ini menggunakan perantara listrik untuk bisa mengirim dan menerima sinyal sesuai dengan kode nah kode ini dalam bentuk pulsa listrik. Di dalam itu terdapat kabel dan tembaga yang berguna untuk mengirim sinyal dari jarak jauh. Alat komunikasi ini dulu sangat populer.

3. Lonceng, Kentongan, atau Alat yang Mengeluarkan Suara

Dulu, pasti kalian sering melihat adanya kentong atau lonceng di depan rumah atau di loteng. Nah alat ini juga dulunya di gunakan sebagai media komunikasi. Alat ini dapat memberikan informasi kepada masyarakat melalui bunyinya. Bahkan hingga saat ini, kentongan masih di gunakan untuk memberi tahu jika ada maling, atau biasanya juga di gunakan untuk membangunkan orang-orang saat sahur tiba. Sedangkan lonceng, sekarang masih di gunakan di gereja atau sekolah.

4. Daun Lontar

Orang jaman dulu memang sudah menggunakan bahasa tulisan sebagai alat komunikasi yang tepat. Alat komunikasi surat-menyurat di Indonesia telah dimulai sejak masa kerajaan Pajajaran, Tarumanegara, Sriwijaya, Mataram, dan Majapahit. Daun lontar inilah yang di pakai untuk bahan kerajinan serta naskah, pada jaman itu daun lontar menjadi sangat lazim di gunakan.

5. Merpati Pos

Jaman dulu burung merpati sudah digunakan untuk menyampaikan pesan jarak jauh. Saat masa perang dulu, merpati memiliki kegunaan yang luar biasa, apalagi dulu belum tersedia alat komunikasi yang canggih sehingga merpati lah salah satunya yang digunakan untuk menyampaikan pesan militer yang bersifat rahasia.

6. Telepon Kaleng

Nah, dulu siapa disini yang sering telpon-telponan menggunakan alat yang satu ini?. Meskipun terlihat sederhana, namun alat ini mampu memberikan suara meskipun dari jarak yang cukup jauh. Dengan menggunakan alat ini, kalian tidak perlu repot bernada keras untuk dapat di dengar oleh pengguna telepon kaleng.

Alat Komunikasi Modern

Alat Komunikasi Modern

1. Handphone

Saat ini banyak masyarakat yang memiliki handphone. Dulu mungkin hanya kalangan tertentu saja yang bisa menggunakan handphone.  Namun sekarang siapa saja sudah memiliki handphone, bahkan ada versi yang lebih canggihnya yaitu smartphone. Dimana sekarang masyrakat tidak lepas dari adanya alat komunikasi yang satu ini.

2. Telepon Kabel

Berbeda dengan Handphone yang memiliki ukuran kecil dan mudah di bawa kemana saja. Telepon Kabel hanya dapat digunakan di rumah atau kantor saja, tidak bisa di bawa pergi tanpa menggunakan kabel. Dulu telepon kabel menjadi alat yang banyak digunakan di kantor-kantor dan pengusaha, sebelum adanya Handphone dan smartphone.

3. Radio

Radio merupakan alat komunikasi yang bisa menyampaikan informasi menggunakan suara atau sinyal, dengan menggunakan gelombang  elektromagnetik. Walaupun sekarang semakin canggih alat komunikasi. Namun radio tidak pernah hilang peminatnya sampai saat ini. Bahkan radio menjadi favorit beberapa orang.

4. Televisi

Televisi menjadi barang yang wajib ada dirumah saat ini, Dimana kalian bisa mendapatkan informasi sekaligus gambar. Berita yang di sampaikan tidak hanya suara saja namun dilengkapi juga dengan gambar bahakan penyebaran infomasi menggunakan televisi jauh lebih cepat. Sehingga televisi menjadi sebuah media komunikasi paling populer.

5. Komputer

Komputer adalah alat komunikasi yang digunakan untuk memanipulasi serta mengelola data berdasatkan perintah yang di berikan oleh pengguna komputer tersebut. Saat ini komputer sudah di pakai seluruh dunia, mengingat komputer menjadi salah satu media paling penting. Selain itu, komputer juga di gunakan sebagai alat untuk menyimpan data-data serta dokumen penting yang berbentuk file, foto, atau video.

6. Koran

Alat komunikasi modern selanjutnya adalah koran. Koran di kenal oleh masyarakat memberikan informasi secara lengkap berbentuk tulisan yang di cetak pada media koran. Isi berita di dalam koran biasanya berupa berita politik, bisnis, olahraga, serta prakiraan cuaca. Koran juga di lengkapi dengan hiburan seperti teka teki silang atau TTS dan banyak hiburan lainny seperti karikatur.

7. Faksimili

Alat komunikasi faksimili di gunakan utnuk mengirim dan menerima informasi melalui telephoto menggunakan sistem reproduksi fotografi, sehingga memungkinkan kalian mengirim salinan atau isi dari sebuah halaman, baik berupa gambar maupun tulisan ke mesin faksimili lain dengan saluran telepon dalam hitungan menit saja.

Semakin berkembangnya teknologi, maka alat komunikasi juga semakin canggih. Namun meskipun begitu, kita harus tetap berhati-hati dalam memanfaatkan alat komunikasi agar bisa digunakan dengan baik dan digunakan untuk hal-hal positif. Baik alat komunikasi tradisional atau alat komunikasi modern, semuanya memiliki ciri khas dan paling penting bisa menyampaikan informasi dengan baik dan benar.

Tinggalkan komentar