Biografi Penemu Sandi Morse dan Pencipta Telegraf

Penemu sandi morse –  kode sandi morse sudah di perkenalkan pada dunia sejak abad ke-19 masehi. Oleh karena itu sandi morse menjadi bagian penting dari Scout Movement di seluruh dunia, termasuk juga gerakan Pramuka yang ada di Indonesia.

Sandi Morse adalah salah satu cara yang di gunakan untuk media komunikasi. Kode morse merupakan sandi yang menggunakan sistem representatif huruf dan juga angka dengan menggunakan kode titik-titik dan garis.

Tikik-titik dan garis tersebut kemudian di ubah menjadi suatu kata-kata. Pada awal perkembangan Sandi Morse dikirim melalui telegraf. Telegraf merupakan sebuah alat komunikasi ter cepat di seluruh dunia pada masa itu.

Telegraf juga menjadi sarana utama pengiriman berita di kantor-kantor post di seluruh dunia. Sampai telepon populer di masyarakat, penggunaan sandi morse bisa di lakukan dengan beberapa cara.

Biografi Penemu Sandi Morse dan Pecipta Telegraf

Biografi Penemu Sandi Morse dan Sejarahnya

Terciptanya sandi morse bisa menjadi sebuah kode untuk di kirimkan ke suatu kantor atau sesorang dengan kode titik-titik dan garis yang di representatifkan menjadi angka kemudian di ubah menjadi suatu kata. Nah, mari kita mengenal lebih jauh lagi siapa penemu sandi morse pertama kali. Silahkan kalian simak artikel lengkapnya di bawah ini.

Biografi Penemu Sandi Morse

Biografi Penemu Sandi Morse

1.Biografi Singkat Penemu Sandi Morse 

Samuel Finley Breese Morse, ya itulah nama lengkap penemu Sandi Morse. Lahir pada tanggal 27 April 1791 di Charlestown, Massachusetts. Lahir dari pasangan bernama Pastor Jedidiah Morse yaitu pakar geografi serta ibunya bernama Elizabeth Ann Finley Breese.

Pasangan :

  • Lucretia Walker
  • Elizabeth Griswold

Anak : 

  • William Morse
  • James Morse
  • Susan Morse
  • Charles Morse
  • Edward Morse
  • Samuel Morse
  • Cornelia Morse

Setelah Samuel Morse menempuh pendidikan di Akademi Phillips yang berada di Andove, Samuel Morse kemudian melanjutkan pendidikan di Yale College. Disana ia mempelajari Filsuf Religius, Sains Kuda, dan Matematika. Lalu ia mengikuti kuliah kelistrikan yang di berikan pakar kimia oleh Amerika Serikat Benjamin Silliman dan Jeremiah Day, pada tahun 1810, kemudian Samuel Morse lulus dengan gelar dari para warga akademik Phi Beta Kappa.

2. Karir Samuel Morse Sebagai Seniman

Setelah lulus menempuh pendidikan, Samuel Morse memiliki keinginan untuk menjadi seorang pelukis. Namun, sayanngnya sang ayah ingin Samuel miliki pekerjaan mapan. Jedidiah mendesak Samuel agar belajar bersama penerbit yang ada di Boston.

Dengan keteguhan Samuel menjadi seorang pelukis, ayahnya mulai menyerah dan mengizinkan Samuel berlajar seni di Inggris. Disanalah Samuel belajar seni bersama sejumlah seniman, termasuk juga Benjamin West di Royal Academy.

Smuel Morse selama belajar melukis ia mengadopsi gaya lukisan bernuansa “Romantis”, selain itu, Samuel Morse sering melukis pad kanvas besar untuk melukis peristiwa sejarah yang menawan atau menggambarkan biografi heroik dengan peraduan warna yang memukau.

3. Penemuan Sandi Morse dan Telegraf

Tahun 1835, Samuel Morse berhasil untuk menciptakan telegraf pertama yang kemudian mulai di operasikan di gedung Universitas New Yor tempat Samuel Morse mengajar seni. Tepat pada tahun 1837, Samuel Morse dengan di bantu teman-temannya mengajukan hak patean atas terciptanya telegraf baru yang di sertai dengan penjelasan sandi. Sandi tersebut terdiri dari titik-titik dan garis. Titik dan garis tersebut mewakili angka, kemudian mengubah angka tersebut menjadi sebuah kata. Nah sandi tersebut yang saat ini kita kenal dengan Kode Morse.

4. Meninggalnya Samuel Morse

Pada masa akhir hidupnya Samuel Morse memberikan donasi kepad Yale College dan Vassar College. Samuel Morse juga memberikan donasi kepada masyarakat sederhana dan organisasi keagamaan.

Samuel Morse meninggal pada tanggal 2 April 1872 di New York saat berusia 80 tahun. Samuel Morse meninggal akibat penyakit pneumonia yang ia derita. Samuel Morse di makamkan di pemakaman Green-Wood, Broklyn, New York.

Penemu sandi morse memang sangat di kenang oleh dunia. Sehingga sandi Morse sering di gunakan sebagai kode komunikasi di Pramuka. Penggunaan sandi Morse di dalam Pramuka memiliki sejarah yang panjang dan menarik untuk kita ikuti.

Samuel Morse mengirimkan pesan pertamanya lewat telegrafi Amerika dari Washington ke Baltimore, menggunakan kode Morse di mana kata yang ia kirim adalah “What Hath God Wrought”. Demikian artikel mengenai biografi penemu kode Morse sekaligus pencipta telegraf.

Biografi Penemu Sandi Morse dan Pencipta Telegraf

Tinggalkan komentar