5 Alat Gerak Ikan dan Fungsinya Setiap Jenis Organ Gerak Ikan

Alat Gerak Ikan dan Fungsinya – Ikan adalah hewan vertebrata poikilotermik atau berdarah dingin yang hidup di dalam air dan bernafas menggunakan insang. Ikan adalah kelompok vertebrata yang paling beraneka ragam yang jumlahnya lebih dari 27.000 spesies di seluruh dunia.

Ikan bisa kita jumpai, hampir disemua genangan air yang berukuran besar dan dalam, baik air tawar, air payau maupun air asin atau laut. Ikan sendiri bergerak di dalam air menggunakan organ gerak dengan berbagai mekanisme daya dorong dalam air.

Alat gerak ikan berbentuk anguilliform, dimana gelombang melitas secara merata di sepanjang tubuh ramping panjang. Sub carangiform, dimana gelombang meningkat dengan lebih cepat dengan amplitudo menuju ekor.

Nah, berbicara soal alat gerak ikan, berikut ini inspired2write akan menyajikan informasi tentang alat gerak ikan dan fungsinya masing-masing. Jadi bagi anda yang belu tahu, fungsi masing-masing dari alat gerak ikan, maka silahkan simak ulasan di bawah ini.

Alat Gerak Ikan dan Fungsinya Setiap Jenis Organ Gerak Ikan

Alat Gerak Ikan dan Fungsinya Setiap Jenis Organ Gerak Ikan
Advertisements

Mengetahui setiap fungsi dari alat gerak ikan merupakan hal yang cuku penting, terutama untuk anda yang ingin BUDIDAYA IKAN EMAS. Pasalnya dengan mengetahui organ gerak ikan, maka anda akan tahu karakteristik dari ikan tersebut. Apakah ikan tersebut berenang di arus deras ataupun berenang di arus tenang. Dengan begitu, maka ikan akan lebih sehat dan terhindar dari penyakit ikan.

Umumnya alat gerak ikan memiliki fungsi untuk berenang di air. Namun, secara keseluruhan, setiap organ gerak ikan memiliki peranannya masing-masing. Lantas apa saja alat gerak ikan dan fungsinya? Nah, untuk informasi lebih jelasnya silahkan simak ulasan mendalam di bawah ini.

Sistem Gerak Ikan

Sistem Gerak Ikan

Ikan berenang atau bergerak menggunakan ekor dan sirip. Kedua organ ini menjadi alat gerak paling utama pada ikan. Untuk sistem gerak ikan atau caranya ikan berenang yaitu dengan kontaksi dan relaksasi pergantian otot-otot tubuh yang biasa disebut dengan miomere. Jadi selama ikan berenang, ia akan berosilasi ke sisi yang menunjukan undulasi lateral.

Alat Gerak Ikan Dan Fungsinya

Alat Gerak Ikan Dan Fungsinya

Seperti yang sudah kami singgung di atas, bahwa ikan bergerak atau berenang menggunakan sirip dan ekor. Nah, adapun penjelasan dan fungsi dari ekor dan sirip pada ikan yaitu sebagai berikut.

Sirip Punggung

Sirip punggunga (Pinnae Dorsalis) adalah sirip yang berada dibagian doresal pada tubuh ikan yang berfungsi untuk menstabilkan ikan saat berenang.

Sirip Dada

Sirip dada (Pinnae Pectoralis) adalah sirip yang terletak di posterior operculum atau pada bagian pertengahan tinggi dikedua sisi tubuh ikan. Sirip dada berfungsi untuk pergerakan maju, ke samping dan diam pada ikan.

Sirip Perut

Sirip perut (Pinnae Ventralis) adalah sirip yang berada di bagian perut ikan. Sirip ini berfungsi untuk membantu menstabilkan ikan dalam berenang. Fungsi lain dari sirip ini yaitu membantu ikan dalam menetapkan posisi pada kedalaman air tertentu.

Sirip Anus

Sirip Anus (Pinnae Analis) adalah sirip yang berada dibagian ventral di daerah posterior anal. Sirip ini memiliki fungsi untuk membantu dalam stabilitas ikan saat berenang.

Sirip Ekor

Sirip ekor atau ekor (Pinnae Caudalis) merupakan sirip yang berada di bagian posterior tubuh ikan. Fungsi utama dari ekor yaitu untuk mengatur kecepatan berenang dan untuk membantu ikan ketika berbelok sebagai kemudi ikan saat bermanufer.

Ekor adalah organ gerak uatam pada ikan yang digunakan untuk berenang dengan cepat, dimana ekor dicambuk dari sisi ke sisi dengan kontaksi dan relaksasi dari dua sisi verterbrata. Sedangkan untuk gerak lambat terjadi dengan bantuan sirip.

Itulah alat gerak ikan dan fungsinya yang dapat inspired2write.com sajikan. Dengan mengetahui fungsi dari setiap alat gerak ikan, maka anda dapat menentukan karakteristik ikan tersebut. Demikian informasi yang dapat inspired2write sajikan, semoga informasi di atas bermanfaat.

Tinggalkan komentar