√ 2 Alat Gerak Siput Beserta Fungsinya

Alat Gerak Siput – Ada banyak binatang memiliki alat gerak unik yang bisa membantunya bergerak dari satu tempat ke tempat lainnya. Setiap makhluk hidup di bumi pastinya diciptakan dengan dilengkapi alat gerak yang memiliki fungsinya masing-masing.

Berjalan, berlari, melompat, berenang, merayap, memanjat, melata, terbang dan lain sebagainya merupakan contoh gerakan hewan dengan memanfaatkan alat geraknya. Umumnya hewan menggunakan tangan dan kaki untuk menggerakkan anggota tubuhnya.

Meskipun demikian, ada beberapa hewan yang terlihat tidak memiliki tangan maupun kaki namun ia masih bisa bergerak, contohnya siput. Seperti sudah diketahui, bahwasanya siput memiliki bentuk tubuh berbeda seperti kebanyakan binatang pada umumnya.

Ia tidak terlihat memiliki kaki maupun tangan dan hanya tubuh berlendir ditutupi cangkang kerang, namun mengapa ia masih bisa bergerak. Lantas, apa alat gerak siput dan bagaimana caranya ia bergerak? Adapun penjelasan lebih lengkap lagi, simak selengkapnya di bawah ini.

Mengenal Apa Itu Siput ?

Mengenal Apa Itu Siput
Advertisements

Sebelum lanjut ke pembahasan alat gerak siput, ada baiknya untuk mengenal tentang siput terlebih dahulu. Berikut adalah penjelasan lebih dalam tentang apa itu siput?

Siput adalah anggota kelas moluska Gastropoda (hewan berkaki perut) mempunyai cangkang bergelung pada tahap dewasa. Habitat, bentuk, tingkah laku dan anatomi siput sangat bervariasi di antara anggota-anggotanya.

Siput bisa ditemukan pada berbagai lingkungan berbeda mulai dari parit, gurun hingga laut dalam. Sebagian besar spesies siput adalah hewan laut, namun banyak juga siput hidup di darat, air tawar bahkan air payau.

Sebagian besar siput merupakan hewan herbivora, namun beberapa spesies hidup di darat maupun laut juga merupakan hewan omnivora atau karnivora predator.

Alat Gerak Siput

Alat Gerak Siput
Advertisements

Siput bergerak dengan sangat lambat. Mengingat siput merupakan kelompok Gastropoda, pengerak siput biasanya bisa dikurangkan ke satu organ khusus yang umumnya untuk semua rencana tubuh dasar siput itu sendiri.

Serupa seperti ALAT GERAK ULAR, dimana siput ini menggunakan kaki atau perutnya untuk bergerak, dibantu oleh otot untuk mencengkeram ketika sedang memanjat.

Kaki atau Perut Siput

Kaki atau Perut Siput
Advertisements

Kaki berotot merupakan bagian perut siput berfungsi sebagai alat gerak utama. Kaki siput memiliki bentuk datar, lebar meruncing, organ berotot, yang sangat kelenjar dan biasanya bersilia, banyak modifikasi terjadi di berbagai kelompok.

Seringkali ada divisi anterior-posterior menjadi propodium dan metapodium, yang mampu direfleksikan di atas cangkang. Pada strombus kaki sangat menyempit, di keong dan abalon itu diperluas, fungsinya sebagai piringan perekat.

Pada gastropoda pelagis, terutama heteropoda dan pteropoda, kaki merupakan organ renang. Banyak prosobranch dan beberapa opisthobranch memiliki tonjolan lateral kaki disebut parapodia yang berfungsi untuk berenang atau dipantulkan di atas permukaan cangkang.

Di beberapa jenis siput darat, dan keluarga laut neogastropoda Harpidae, memiliki kemampuan untuk mengamputasi bagian posterior kaki sendiri, tetap menggeliat keras untuk mengalihkan perhatian pemangsa. Sementara kaki anterior dan massa visceral membantu merayap perlahan ke tempat yang aman.

Cara Siput Bergerak

Cara Siput Bergerak
Advertisements

Siput adalah binatang bergerak dengan sangat lambat. Siput bergerak dengan menggunakan alat gerak berotot disebut kaki.

Alat gerak kaki akan menghasilkan lendir yang berfungsi untuk mengurangi gesekan antara kaki dan tanah dengan menawarkan permukaan yang lebih halus untuk merangkak dan dengan demikian memungkinkannya untuk bergerak di berbagai permukaan.

Kaki berotot akan menghasilkan gerakan seperti gelombang yang mendorong tubuh ke depan dengan mengubah bentuk lapisan lendir di bawahnya melalui kontraksi otot pada otot kaki. Bentuk pergerakan yang unik ini memungkinkan siput melintasi hampir semua rintangan termasuk mendaki tanjakan curam.

Nah, demikianlah informasi dari Inspired2write.com terkait alat gerak siput beserta fungsinya dan cara siput bergerak menggunakan alat gerak. Sudah semestinya, sebagai makhluk hidup pasti memiliki alat gerak meskipun tidak memiliki anggota tubuh seperti kebanyakan hewan. Demikian, semoga informasi alat gerak siput di atas menambah wawasan kalian semua.

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.