15 Cara Cek Anggota BPJS Ketenagakerjaan 2021 : Online & Offline

Cara Cek Anggota BPJS Ketenagakerjaan – BPJSTK atau biasa dikenal dengan BPJS Ketenagakerjaan merupakan hal penting yang wajib dimiliki oleh para pekerja. Pasalnya dengan adanya BPJS Ketenagakerjaan, peserta akan mendapatkan jaminan kesehatan.

Dengan menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan, para pekerja akan memiliki tabungan jaminan hari tua atau pensiun dengan memotong gaji setiap bulannya. Selain itu, sebagai anggota BPJS Ketenagakerjaan akan menerima bantuan BLT Pekerja atau BLT BPJS Ketenagakerjaan.

Bantuan dari pemerintah bisa didapat dengan syarat yakni WNI, terdaftar sebagai anggota aktif, memiliki rekening bank dan bukan karyawan BUMN ataupun PNS. Nah, untuk mengetahui status kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan, Anda bisa cek secara online maupun offline.

Dengan cek status anggota BPJS Ketenagakerjaan, maka Anda akan mengetahui status kepesertaan Anda aktif atau tidak. Cara cek anggota kepesertaan BPJSTK sendiri terbilang mudah. Adapun cara cek-nya, silahkan langsung simak penjelasan lebih lengkapnya di bawah ini.

Cara Cek Anggota BPJS Ketenagakerjaan

Cara Cek Anggota BPJS Ketenagakerjaan
Advertisements

Cara cek anggota BPJS Ketenagakerjaan dapat dilakukan secara online lewat BPJSTK Mobile atau lewat website, selain itu juga bisa dilakukan secara offline langsung ke kantor cabang. Cek anggota BPJSTK juga diperlukan sebelum MENCAIRKAN BPJS KETENAGAKERJAAN setelah mendapatkan bantuan dari pemerintah. Adapun caranya, yakni sebagai berikut.

Cek Anggota via Aplikasi BPJSTK Mobile

Cek Anggota via Aplikasi BPJSTK Mobile
Advertisements

Cara pertama, Anda bisa cek anggota BPJS Ketenagakerjaan secara online melalui aplikasi BPJSTK Mobile (BPJSTKU Personal Service). Adapun caranya, ikuti saja langkah-langkah berikut.

  1. Langkah pertama, silahkan unduh aplikasi BPJSTK Mobile di Android, iOS dan Blackberry.
  2. Setelah itu, silahkan lakukan registrasi untuk mendapatkan PIN.
  3. Syarat yang dibutuhkan untuk registrasi BPJSTKU yaitu nomor KPJ, NIK, tanggal lahir serta nama lengkap.
  4. Setelah terdaftar, silahkan login untuk mengetahui status kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan.
  5. Langkah selanjutnya, silahkan pilih “Kartu Digital”.
  6. Setelah muncul tampilan kartu digital BPJAMSOSTEK, klik pada tampilan kartu tersebut, maka di bagian bawah akan terlihat status peserta BPJS Ketenagakerjaan aktif atau tidak.

Cek Anggota via Website

Cek Anggota via Website
Advertisements

Cara selanjutnya untuk cek anggota BPJSTK secara online yakni melalui website. Cara ini bisa untuk cek status dan saldo JHT. Adapun caranya, silahkan ikuti langkah-langkah di bawah ini.

  1. Pertama, silahkan masuk ke sso.bpjsketenagakerjaan.go.id.
  2. Selanjutnya, login menggunakan email dan password.
  3. Setelah berhasil masuk, pilihlah menu “Layanan“.
  4. Kemudian, pilih “Saldo JHT“.
  5. Masukkan PIN.
  6. Maka saldo dan status kepesertaan akan ditampilkan.

Jika belum terdaftar di situs tersebut, silahkan lakukan registrasi dengan cara sebagai berikut.

  • Silahkan kunjungi situs sso.bpjsketenagakerjaan.go.id.
  • Kemudian, tekan “Daftar Pengguna“.
  • Silahkan isi lengkap formulir mulai dari nomor KPJ aktif, nama, tanggal lahir, nomor KTP, nama ibu kandung, nomor HP serta email.
  • Jika berhasil, maka Anda akan mendapatkan PIN.
  • PIN nantinya akan dikirim melalui email dan SMS dari nomor HP yang terdaftar.

Cek Anggota via SMS

Cek Anggota via SMS
Advertisements

Cara lainnya yakni melalui SMS. Sebenarnya cara ini diperuntukan untuk mengecek besaran saldo JHT. Namun bila Anda mendapatkan bantuan BLT, maka artinya Anda merupakan peserta aktif BPJS Ketenagakerjaan. Adapun caranya cek BPJSTK lewat SMS yaitu sebagai berikut.

  • Pertama-tama ketik format SMS sebagai berikut : DAFTAR<spasi>SALDO#Nomor KTP#NAMA#Tanggal Lahir#Nomor Peserta, lalu kirim ke 2757.
  • Untuk format tanggal lahir yaitu dd-mm-yy.
  • Setelah itu, nantinya Anda akan menerima SMS balasan berupa nomor ID dari pihak BPJS.
  • Kemudian, silahkan balas dengan format : SALDO<spasi>Nomor ID, lalu kirim ke 2757.
  • Maka nantinya Anda akan mendapatkan SMS balasan berisi saldo JHT dan status kepesertaan.

Cek Anggota via Call Center

Cek Anggota via Call Center
Advertisements

Cara cek anggota BPJS Ketenagakerjaan yang bisa Anda gunakan yaitu dengan menghubungi call center BPJAMSOSTEK. Jika Anda ingin mengetahui status kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan, silahkan langsung hubungi call center di bawah ini.

  • Telepon : (021)520-7797 (Hunt).
  • Fax : (021)520-2310
  • Email : care@bpjsketenagakerjaan.go.id
  • Layanan Masyarakat : 175
  • WhatsApp : +62 811-9115910, +62 855-1500910

Layanan Masyarakat BPJS Ketenagakerjaan melayani anda mulai pukul 06:00 hingga pukul 22:00 WIB. Nantinya Anda akan disambut oleh CS BPJSTK dan menanyakan keperluan Anda. Silahkan sampaikan tujuan Anda ingin mengetahui status kepesertaan. Nantinya, CS akan meminta beberapa data seperti nomor KPJ, nama, nomor HP dan lain sebagainya.

Cek Anggota via Kantor Cabang

Cek Anggota via Kantor Cabang
Advertisements

Cara yang terakhir untuk mengecek kepesertaan BPJS juga dapat dilakukan secara offline langsung ke kantor cabang. Cara offline ini dilakukan dengan mengunjungi kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan terdekat dengan syarat membawa dokumen seperti KTP dan Kartu BPJS Ketenagakerjaan. Nantinya, di sana Anda bisa menanyakan kepada petugas dan petugas pun akan memberitahukan informasi yang Anda butuhkan terkait status kepesertaan Anda.

Itulah beberapa cara cek anggota BPJS Ketenagakerjaan secara online dan offline yang dapat inspired2write.com sajikan. Dengan banyaknya cara di atas, maka Anda tak perlu lagi kebingungan mengecek status peserta apakah masih aktif atau tidak. Demikian, semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.