15 Cara Membuat Polling di Chat WA (Whatsapp) Grup 2023

Inspired2Write.com – Mendiskusikan sebuah pilihan akan jadi lebih mudah dengan adanya cara membuat polling di Chat WA. Tentu dengan sistem polling tersebut, maka kata mufakat bisa terwujud dalam sebuah musyawarah.

Di era modern, peran media sosial memang sangat besar dalam kehidupan bermasyarakat. Apalagi untuk aplikasi sekelas Whatsapp yang saat ini sudah digunakan oleh jutaan masyarakat. Menariknya, kita bisa menerapkan cara membuat polling di Chat WA saat berdiskusi.

Namun, nyatanya masih banyak pengguna yang ternyata belum tahu soal fitur Polling ini. Padahal cara membuat Polling di Chat WA termasuk elemen penting apalagi di dalam sebuah grup. Jadi, bagaimana cara memasukkan polling tersebut ke dalam chat Whatsapp?

Agar bisa membantu kalian yang saat ini sedang sibuk mencari caranya, maka Inspired2Write akan coba jelaskan bagaimana Cara Membuat Polling di Chat WA secara lengkap. Simak pembahasan penting ini jika kalian ingin membuat sebuah keputusan penting.

Apa Itu Fitur Polling WA (Whatsapp)

Apa Itu Fitur Polling WA Whatsapp

Polling adalah sebuah fitur terbaru dari WA (Whatsapp) yang digunakan sebagai sarana voting atas sebuah keputusan di dalam grup. Hasil jawaban dengan angka tertinggi akan dianggap sebagai pilihan berdasarkan keputusan bersama.

Kehadiran fitur polling di WA tentunya membuat aplikasi media sosial satu ini semakin terasa lengkap. Jadi kegiatan diskusi bersama orang-orang terdekat di dalam grup juga akan semakin seru untuk diikuti.

Syarat Membuat Polling WA

Membuat Polling di dalam aplikasi media sosial tersebut bisa dilakukan asalkan sudah memenuhi beberapa syarat. Beberapa persyaratan tersebut akan membuat proses atau cara pembuatan Polling di Chat WA berjalan lancar.

Berikut beberapa syarat dalam cara pembuatan Polling di Chat WA.

  • Harus Tersedia Pertanyaan
  • Terdapat Pilihan Jawaban
  • Terdapat Responden
  • Sudah Menggunakan WA Versi Terbaru

1. Harus Tersedia Pertanyaan

Seperti sebuah jajak pendapat pada umumnya, pastinya sebagai pihak yang membuat Polling, kita harus memiliki sebuah pertanyaan sebagai topik dasar. Nantinya pertanyaan ini akan ditulis dalam sebuah kolom untuk kemudian dibagikan pada seluruh anggota di Chat WA.

2. Terdapat Pilihan Jawaban

Sebuah Polling tidak akan berjalan jika tidak tersedia pilihan jawaban di dalamnya. Maka dari itu kalian juga harus menyediakan pilihan jawaban untuk seluruh anggota di Chat WA. Dengan demikian, jawaban atas pertanyaan bisa didapatkan sesuai dengan perolehan suara.

3. Terdapat Responden

Syarat terakhir jika ingin melakukan Polling di Chat WA adalah ketersediaan Responden atau pihak yang memilih jawaban. Bisa berasal dari teman, keluarga, dan orang terdekat di dalam Grup WA.

4. Sudah Menggunakan WA Versi Terbaru

Jika semua syarat di atas sudah terpenuhi, maka selanjutnya kita dapat menerapkan cara membuat Polling. Siapkan dulu sebuah pertanyaan seru atau penting agar diskusi bisa mengalir. Kemudian jangan lupa juga sediakan pilihan jawaban agar anggota grup bisa memilih.

Cara Membuat Polling di Chat WA (Whatsapp) Grup Terbaru

Cara Membuat Polling di Chat WA Whatsapp Grup Terbaru

Tibalah saatnya untuk membahas mengenai cara membuat Polling WA. Tentunya semua prosedur ini diberikan agar polling di dalam Grup WA bisa muncul. Jadi jajak pendapat bisa segera diadakan tanpa harus menunggu terlalu lama.

Berikut beberapa cara membuat Polling di Chat WA Grup.

  • Polling WA Teks
  • Polling WA dengan Reaksi Emoji

1. Polling WA Teks

Berikut langkah-langkah pada cara membuat Polling di Chat Whatsapp dalam bentuk teks.

  • Silahkan buka terlebih dahulu Aplikasi Whatsapp terinstal di HP kalian.
  • Kemudian masuklah ke dalam Grup yang ingin diadakan jajak pendapat.
  • Untuk memulainya, kalian bisa tap Icon Sematkan bergambar Klip Kertas di bagian pojok kanan bawah tampilan.
tap Icon Sematkan bergambar Klip Kertas di bagian pojok kanan bawah tampilan
  • Selanjutnya silahkan pilih Icon Polling di tampilan.
Selanjutnya silahkan pilih Icon Polling di tampilan
  • Tuliskan Pertanyaan untuk diadakan jajak pendapat di dalam Chat Grup WA.
Tuliskan Pertanyaan untuk diadakan jajak pendapat di dalam Chat Grup WA
  • Kemudian buat opsi Jawaban untuk dipilih oleh para anggota Grup.
  • Jika semua elemen tersebut sudah dimasukan, maka langkah terakhir adalah tap Kirim.
  • Cara membuat Polling sudah berhasil dilakukan.

2. Polling WA dengan Reaksi Emoji

Berikut langkah-langkah pada cara membuat Polling di Chat Whatsapp Grup dengan jawaban Emoji.

  • Pertama silahkan buat perjanjian mengenai Penggunaan Emoji kepada anggota.
  • Masing-masing emoji akan melambangkan jawaban atas pertanyaan yang kalian ajukan.
  • Jika sudah disepakati emojinya, maka silahkan buat Pesan Teks di kolom Chat Grup Whatsapp.
  • Kemudian Kirimkan pesan teks tersebut untuk seluruh Anggota.
  • Anggota di dalam Grup akan mulai merespon pesan menggunakan emoji yang sebelumnya sudah disepakati.
  • Emoji dengan angka paling besar dianggap sebagai suara terbanyak atas respon Pesan tersebut.
  • Cara membuat Polling dengan reaksi Emoji sudah berhasil dilakukan.

Manfaat Fitur Polling WA (Whatsapp)

Terkadang perbedaan pendapat selalu ada dalam setiap diskusi, baik bersama orang terdekat maupun orang lain. Namun semuanya bisa diselesaikan dengan cara musyawarah sesuai dengan ajaran dari dasar negara kita.

Adanya fitur Polling di Chat Whatsapp kali ini benar-benar menjadi sebuah perwujudan musyawarah online yang sesungguhnya. Belum lagi kita tidak perlu menghabiskan banyak waktu untuk berdebat dalam memutuskan sebuah hal.

Apakah fitur polling ini hanya digunakan untuk hal-hal serius? Tentu saja tidak karena kita masih bisa membuat kekonyolan serta kegiatan lucu lainnya bersama anggota grup dengan menggunakan fitur Polling tersebut.

KESIMPULAN

Sekarang kita sudah mengetahui bagaimana Cara Membuat Polling di Chat WA melalui pembahasan di atas. Silahkan buat polling sesuai dengan kebutuhan dan eskpresikan jawaban kalian melalui fitur tersebut.

Sekian pembahasan mengenai Cara Membuat Polling di Chat Whatsapp dari Inspired2Write. Nantikan informasi menarik seputar dunia teknologi lainnya yang akan selalu kami update setiap hari. Semoga penjelasan ini bermanfaat bagi seluruh pengguna WA di Indonesia.

Sumber Gambar: Admin UlinGame

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.