12 Pupuk Untuk Bunga Keladi Alami Biar Cepat Beranak

Pupuk Untuk Bunga Keladi – Koleksi tanaman hias menjadi salah satu Trend baru di kalangan masyarakat Indonesia. Banyak dari mereka yang rela merogoh kocek hingga puluhan guna mendapatkan tanaman hias yang tengah populer.

Berbicara soal tanaman hias, kalian mungkin tidak asing dengan tanaman Bunga Keladi atau Caladium. Bunga ini memiliki daun dengan corak yang indah dan kerap diletakan untuk menghiasi ruangan.

Kemudian perlu diketahui bahwa cara merawat bunga Keladi ini terbilang mudah. Meskipun demikian, kalian tetap harus memberinya pupuk supaya cepat tumbuh subur. Nah, melalui artikel berikut kami bakal berbagi rekomendasi pupuk alami untuk bunga Caladium.

Bagi kalian yang memiliki tanaman hias jenis ini tentu sangat membutuhkan informasi berikut. Ketika kalian berhasil merawat bunga Keladi dengan baik, nilai jual dari tanaman ini dijamin mampu bersaing dengan tanaman hias lain seperti Aglonema dan Janda Bolong. Baiklah, daripada penasaran langsung saja simak informasi selengkapnya dibawah ini.

Citayam

Pupuk Untuk Bunga Keladi

Dengan cara memberi bunga Keladi pupuk yang bagus maka bisa membuatnya tumbuh subur lebih cepat. Selain itu, pupuk juga berperan untuk memberikan nutrisi yang baik pada berbagai MACAM BUNGA KELADI. Nah, berikut adalah beberapa pupuk alami yang cocok untuk tanaman Caladium lengkap dengan kandungan nutrisi yang terdapat di dalamnya.

1. Air Akuarium

Air Akuarium

Pertama, bagi kalian yang memiliki Akuarium di rumah, kami sarankan untuk tidak langsung membuang airnya ketika menguras. Ya, air bekas Akuarium bisa memberi nutrisi nitrogen yang baik untuk bunga Keladi.

2. Ampas Kopi

Ampas Kopi

Kemudian untuk kalian para pecinta kopi juga bisa memanfaatkan ampas kopi sebagai pupuk alami untuk bunga Caladium. Kalian bisa meletakkannya langsung pada pot atau mencampurkan ampas kopi dengan media lain.

3. Air Rendaman Cangkang Telur

Air Rendaman Cangkang Telur

Selain air Akuarium dan ampas kopi, kami juga merekomendasikan pupuk alami untuk bunga Caladium berupa cangkang telur. Untuk menggunakannya kalian cukup merendam cangkang telur semalaman, setelah itu siram ke bunga Keladi. Cangkang telur diklaim mampu memberikan kalsium tinggi pada tanaman tersebut.

4. Ampas Teh

Ampas Teh

Ampas Teh juga dipercaya memiliki kandungan tembaga (Cu) 20%, Magnesium (Mg) 10% dan kalsium sebanyak 13% yang tentu saja baik untuk kesuburan bunga Keladi. Jadi, ketika kalian menyeduh teh, ampasnya bisa dimanfaatkan sebagai pupuk alami untuk tanaman tersebut.

5. Kulit Pisang

Kulit Pisang

Selanjutnya kulit pisang juga bisa berperan untuk menyuburkan bunga Keladi. Di dalam kulit pisang terkandung Kalium sebanyak 42%. Nutrisi inilah yang dapat membuat bunga Keladi cepat beranak. Cara membuat pupuk dari kulit pisang sangat mudah, kalian cukup mengeringkannya lalu taburkan pada pot tanaman Keladi.

6. Pupuk Kompos

Pupuk Kompos

Pupuk Kompos juga kami rekomendasi kan sebagai salah satu pupuk alami yang baik untuk bunga Keladi. Dengan cara memberinya pupuk Kompos, bunga Keladi dapat memperoleh komposisi unsur hara, mineral dan nutrisi lainnya yang dibutuhkan oleh tanaman tersebut.

7. Pupuk Gandasil D

Pupuk Gandasil D

Selain mengandung unsur dan senyawa mangan, boron, tembaga, kobalt, seng serta vitamin pertumbuhan, pupuk Gandasil D juga punya nutrisi lain yang baik untuk bunga Keladi. Nutrisi tersebut antara lain 20% nitrogen, 15% fosdat, 15% kalium dan 1% magnesium. Perpaduan nutrisi, unsur serta senyawa pada pupuk Gandasil D dijamin bisa membuat bunga Keladi terlihat lebih segara dan tumbuh subur.

8. Pupuk Dekastar

Pupuk Dekastar

Dekastar masuk dalam kategori pupuk slow release, artinya pelepasan nutrisi untuk tanaman Caladium dilakukan secara perlahan. Manfaat utama dari pupuk ini adalah kandungan NPK seimbang yang siap membantu pertumbuhan tanaman, khususnya untuk akar, daun serta batang.

9. Pupuk Vitamin B1

Pupuk Vitamin B1

Bunga Keladi juga sangat memerlukan pupuk vitamin B1 untuk membantu metabolisme pertumbuhan sekaligus menjadi sumber energi. Selain itu, dengan cara memberikan pupuk vitamin B1, bunga Keladi juga bisa terhindar dari stres serta membuatnya tetap segar.

10. Daun Growmore

Daun Growmore

Daun Growmore juga bisa jadi pupuk alami bagi tanaman Caladium. Kandungan yang terdapat di dalamnya mampu mempercepat pertumbuhan akar serta pembibitan. Bukan hanya itu, proses asimilasi dan pembungaan juga bisa dipercepat menggunakan pupuk daun Growmore.

11. Pupuk NPK Mutiara

Pupuk NPK Mutiara

Selanjutnya kalian juga dapat menggunakan pupuk NPK Mutiara dalam perawatan bunga Keladi. Pupuk jenis ini bisa kalian peroleh di toko tanaman hias atau membelinya via Online. Pupuk NPK Mutiara telah terbukti baik bagi semua jenis tanaman hias, tidak terkecuali bunga Keladi.

12. Fungisida

Fungisida

Terakhir, kami merekomendasikan Fungisida sebagai pupuk untuk merawat tanaman bunga Caladium. Pada Fungisida terdapat kandungan baik yang mampu mencegah pertumbuhan jamur pada bunga Caladium.

KESIMPULAN

Jadi itu saja informasi dari Inspired2write mengenai beberapa jenis pupuk alami guna merawat tanaman hias bunga Caladium. Apabila kalian berhasil merawat bunga Caladium, nilai jual dari tanaman tersebut bisa sampai 4 jutaan.

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.