5 Cara Menanam Pakcoy di Pot & Polybag Paling Mudah

Cara Menanam Pakcoy di Pot – Indonesia memiliki banyak sekali jenis sayuran seperti kangkung, sawi, kubis, wortel, tomat, pakcoy dan masih banyak lainnya yang mudah anda temukan di pasar tradisional atau pasar modern.

Sayur-sayur tersebut biasanya dijual dengan harga yang terjangkau dan murah per kilonya. Tidak heran jika banyak orang yang gemar mengonsumsi sayur-sayuran selain murah mengonsumsi sayur juga baik untuk kesehatan.

Salah satu sayuran yang cukup banyak diminati oleh masyarakat adalah pakcoy. Pakcoy memiliki kandungan serat pangan dan juga asam amino triptofan yang baik bagi kesehatan tubuh kita.

Selain itu, tanaman hijau yang menyehatkan satu ini juga mengandung zat gizi seperti zat besi, fosfor, protein, magnesium, Vitamin B6, Vitamin B2, Kalium dan lain sebagainya.

Cara Menanam Pakcoy di Pot & Polybag Paling Mudah

Cara Menanam Pakcoy di Pot Polybag Paling Mudah

Advertisements

Setelah kita membahas sedikit mengenai kandungan yang ada di dalam sayuran Pakcoy, rasanya tidak lengkap apabila kita tidak membahas bagaimana cara menanam Pakcoy di pot atau polybag. Ulasan ini sangat cocok untuk anda yang berminat budidaya sayuran pakcoy namun tidak memiliki lahan yang luas. Berikut informasi lengkapnya.

Cara Menanam Pakcoy di Pot

Cara Menanam Pakcoy di Pot

1. Proses Persiapan Benih

Satu hal yang cukup penting diperhatikan bagi anda yang ingin menaman pakcoy di dalam pot adalah proses persiapan benih. Pastikan anda memilih benih yang berkualitas agar nantinya bisa menghasilkan pakcoy dengan kualitas tinggi. Jangan lupa memilih benih yang tahan terhadap serangan hama dan penyakit.

2. Proses Penyemaian Benih

Sebelum dilakukannya proses menanam, terlebih dahulu peru dilakukan proses penyemaian dan penyemaian media semai. Biasanya media semai yang digunakan bisa berupa campuran tanah yang telah di ayak, kompos dengan perbandingan 1:1:1 arang sekam lalu aduk semua bahan sampai merata.

Kemudian masukkan media semai yang telah tercampur merata ke dalam pot/polybag semai lalu siram air secara merata. Tunggu beberapa menit sampai air tidak lagi menetes dari lubang di bawah pot semai. Selanjutnya lubangi semai sedalam 0,5 cm dan masukkan benih di setiap lubang lalu tutup kembali.

Agar proses tersebut lebih cepat anda bisa menutupnya menggunakan plastik gelap ataupun penutup lainnya kurang lebih sekitar 3-4 hari dan biasanya benih mulai tumbuh tunasnya. Anda harus melakukan perawatan terhadap persemaian dengan baik jangan lupa persemaian harus terkena sinar matahari secara langsung, dan hindarkan dari air hujan.

Jangan lupa siram persemaian saat pagi dan sore hari secara merata agar pertumbuhannya bisa optimal antara 3 sampai 5 hari harus di beri pupuk tanaman. Proses pemupukan bisa dilakukan dengan dua cara, yaitu disemprotkan dan disiram menggunakan pupuk NPK sesuai dosis.

3. Proses Persiapan Media Tanam

Proses selanjutnya anda harus mempersiapkan media tanam yang dilakukan sekitar 1 sampai 2 minggu sebelum proses pindah tanam pakcoy. Pertama siapkan wadah untuk media tanam berupa pot. Selanjutnya siapkan media tanam dengan menggunakan komposisi pupuk kompos perbandingan 1:1:1 dan arang sekam.

Kemudian campurkan semua bahan dengan cara di aduk sampai merata lalu masukan media tanam ke dalam pot tersebut. Jangan lupa tambahkan pupuk NPK 1 sendok makan untuk pot ukuran besar dan 1/2 sendok untuk pot ukuran kecil. Selanjutnya siram dan diamkan pot sekitar 1-2 minggu.

4. Proses Penanaman Pakcoy & Perawatan

Saat bibit hasil dari persemaian sudah berumur 2 minggu, bibit siap untuk di pindah ke dalam pot yang sudah diberi pupuk dan campuran tanah, proses pemindahan bibit ke dalam pot sebaiknya di lakukan saat sore hari. Pertama siaram lebih dulu bibit pada pot semai yang akan dipindah agar tanaman tidak stres.

Selanjutnya pindahkan bibit secara perlahan dan satu persatu ke media tanam yang sebelumnya telah disiapkan, tekan agar tanah menjadi sedikit padat agar nantinya bibit tidak mudah goyah. Lakukan penyiraman, untuk proses penyiraman berikutnya dilakukan 1 sampai 2 hari sekali.

Untuk proses perawatan anda perlu melakukan penyiangan gulma atau rumput liar yang tumbuh di pot karena seperti yang kita tau bahwa gulma menyerap unsur hara dari media tanam. Jangan lupa lakukan proses pemupukan susulan menggunakan pupuk NPK yang diberikan 5-7 hari sekali dengan sistem kocor.

5. Proses Panen

Kurang lebih dalam kurun waktu 1 bulan setelah ditanam, tentunya tanaman pakcoy siap untuk di panen, caranya cukup mudah yaitu dengan cara mencabut tanaman pakcoy ataupun dipotong dari pangkal batang pakcoy.

Bagaimana menurut anda? mudah bukan menanam pakcoy di pot ataupun polybag. Itulah tadi informasi tentang cara menanam pakcoy di pot dan polybag yang telah inspired2write.com berikan diatas. Selamat mencoba menaman pakcoy dirumah.

Tinggalkan komentar