8 Cara Mengawinkan Bunga Keladi Paling Mudah & 100% Berhasil

Cara Mengawinkan Bunga Keladi – Belakangan ini banyak masyarakat Indonesia yang mengikuti trend memelihara tanaman Hias. Jenis tanaman hias saat ini sangat beragam, salah satu yang cukup populer adalah Bunga Keladi atau Caladium.

Selain memiliki corak daun yang begitu cantik, popularitas bunga Keladi juga berasal dari harga jualnya yang konon bisa mencapai jutaan rupiah. Dengan demikian wajar saja jika masyarakat berusaha untuk mengawinkan bunga Keladi.

Nah, bagi yang belum tahu bagaimana cara mengawinkan bunga Keladi, kalian wajib simak artikel ini sampai akhir. Proses kawin atau persilangan bisa dilakukan ke berbagai MACAM BUNGA KELADI seperti Wayang, Army Look, White Queen, Gingerlad dan lain sebagainya.

Selain itu, agar proses mengawinkan bisa berhasil kalian perlu memperhatikan beberapa hal, antara lain mengenai waktu dan kondisi bunga Keladi Jantan dan Betina. Lalu seperti apa cara membedakan yang mana bunga Keladi Jantan dan Betina? Tenang, jawaban selengkapnya telah kami siapkan dibawah bersama tutorial hingga manfaat mengawinkan bunga Keladi.

Cara Membedakan Bunga Keladi Jantan & Betina

Cara Membedakan Bunga Keladi Jantan Betina

Berbicara mengenai mengawinkan atau menyilangkan suatu tanaman tentu kalian memerlukan tanaman Jantan dan Betina. Nah, pada proses persilangan bunga Keladi juga berlaku ketentuan seperti itu, hanya untuk tanaman ini agak unik.

Jadi, guna membedakan mana bunga Keladi Jantan dan bunga Keladi Betina, kalian tidak bisa melihatnya melalui kelamin. Sebab, tanda-tanda untuk bunga Keladi Jantan adalah memiliki Serbuk Sari di sekitar Putik. Sedangkan untuk bunga Keladi Betina tidak memiliki serbuk sari sama sekali.

Cara Mengawinkan Bunga Keladi

Cara Mengawinkan Bunga Keladi

Sampai disini tentu kalian para pemilik bunga Keladi semakin penasaran mengenai cara menyilangkan bunga Keladi supaya bisa berkembang biak. Meskipun di luar sana ada berbagai cara untuk menyilangkan tanaman ini dimana salah satu paling terkenal adalah dari umbi.

Waktu yang dibutuhkan: 10 menit.

Namun tidak jarang orang yang mengaku bahwa cara tersebut hasilnya tidak memuaskan, bahkan sama sekali tidak berhasil. Nah, jika demikian mungkin tidak saat kalian menggunakan cara kami untuk mengawinkan bunga Keladi. Baiklah, tak usah berlama-lama lagi, langsung saja simak tutorial lengkapnya dibawah ini :

  1. Siapkan Induk Bunga Keladi

    Pertama silahkan siapkan induk bunga Keladi Jantan (sudah memiliki serbuk sari) dan induk bunga Keladi Betina (putik sempurna / seludang bagian atas sudah mekar).Siapkan Induk Bunga Keladi

  2. Buka Seludang

    Sekarang ambil gunting lalu potong seludang induk Betina.Buka Seludang

  3. Ambil Serbuk Sari

    Buka juga seludang pada induk Jantan dan ambil serbuk sari yang terdapat di dalamnya.Ambil Serbuk Sari

  4. Oleskan Serbuk Sari

    Selanjutnya oleskan serbuk sari pada tangkai putik induk bunga Keladi Betina yang sebelumnya sudah dibuka seludang nya.Oleskan Serbuk Sari

  5. Simpan di Tempat Tertutup

    Jika serbuk sari sudah di oleskan, sekarang simpan induk Betina pada tempat yang aman (tidak terkena panas matahari / hujan secara langsung) selama kurang lebih 27 hari.Simpan di Tempat Tertutup

  6. Penampakan Setelah 27 Hari

    Setelah 27 hari, ambillah tanaman tersebut maka kalian akan menjumpai adanya bulir-bulir di sekitar putik. Nantinya di dalam bulir-bulir tersebut berisi biji bunga Keladi.Penampakan Setelah 27 Hari

  7. Bungkus Tangkai Pakai Plastik

    Agar calon biji Keladi tidak berceceran, kami sarankan untuk memasang plastik pada tanaman tersebut.Bungkus Tangkai Pakai Plastik

  8. Selesai

    Keesokan harinya kalian akan mendapati bulir-bulir yang tadinya berada di tangkai, sekarang sudah jatuh dan siap menjadi biji bunga Keladi. SelesaiSelesai

Catatan : Pemilihan waktu terbaik untuk induk jantan adalah ketika sudah memiliki serbuk sari, dan pada induk betina bentuk putik sudah sempurna. Sedangkan untuk prosesnya memang paling ideal adalah 27 hari – 30 hari.

Manfaat Menyilangkan Bunga Keladi

Manfaat Menyilangkan Bunga Keladi

Kemudian setelah tahu langkah-langkah mengawinkan bunga keladi, sekarang kalian juga perlu tahu bahwa cara diatas juga memberikan beberapa manfaat. Penasaran apa saja manfaat yang diperoleh? simak selengkapnya dibawah ini :

1. Mempercantik Corak Daun

Manfaat pertama adalah mempercantik daun dari bunga Keladi Betina. Seperti yang kami jelaskan diatas, ketika selesai di olesi serbuk sari, bunga Keladi akan di simpan di tempat yang sejuk. Nah, hal tersebut ternyata bisa membuat tanaman semakin sehat sekaligus membuat corak daun jadi lebih menarik.

2. Membuat Daun Semakin Rimbun

Selain itu, dedaunan pada tanaman Keladi atau Caladium juga akan semakin rimbun setelah di kawinkan. Tapi itu semua kembali lagi pada cara mengawinkan dan juga perawatan yang digunakan .

3. Meningkatkan Nilai Jual

Apabila bunga Keladi Betina selalu bisa menghasilkan benih biji yang berkualitas setiap kalian mengawinkan tanaman tersebut, maka akan mempengaruhi nilai jualnya. Jadi, selain metode yang dipakai, keberhasilan untuk mengawinkan bunga Keladi juga ditentukan dari kualitas tanaman itu sendiri.

KESIMPULAN

Guna mendapatkan hasil maksimal setiap mengawinkan tanaman Caladium, kami sarankan untuk selalu memberinya PUPUK BUNGA KELADI agar nutrisi mereka tercukupi. Nah, untuk mengawinkan tanaman tersebut kalian bisa menggunakan cara dari Inspired2Write.com diatas

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.