Pengertian Manajemen : Fungsi, Jenis, & Manfaatnya

Pengertian Manajemen – Bagi anda yang bekerja kata manajemen mungkin sudah tidak asing lagi terdengar di telinga baik diperusahaan atau di sekeliling kita sering mendengar kata manajemen.

Bagi sebagian orang mungkin berfikir bahwa manajemen adalah pekerja kantoran di suatu perusahaan dengan pakaian yang rapih, wangi, bersih, dan bersepatu seperti di film-film.

Namun, tidak hanya itu saja, manajemen lebih dari sekedar kata saja. Bahkan tanpa anda sadari bahwa anda sudah melakukan manajemen dan menerapkannya di kehidupan sehari-hari.

Ada beberapa penjelasan tentang pengertian dari para ahli. Sebenarnya, untuk mengetahui tentang apa itu manajemen kita harus terlebih dahulu mengerti apa itu manajemen dan bagaimana bentuknya.

Pengertian Manajemen Paling Lengkap Mulai dari Fungsi Sampai Manfaat Manajemen

Pengertian Manajemen Paling Lengkap Mulai dari Fungsi Sampai Manfaat Manajemen

Advertisements

Untuk  mengetahui lebih jauh apa itu manajemen dan segala unsur serta fungsi di dalamnya. Pada artikel kali ini kita akan membahas tentang pengertian manajemen lengkap dengan penjelasan disetiap pengertian menurut para ahli, berikut informasi lengkapnya.

Pengertian Manajemen

Pengertian Manajemen

Pengertian manajemen secara umum adalah suatu proses seseorang bisa mengatur segala sesuatu yang dikerjakan oleh individu ataupun kelompok. Manajemen sendiri perlu dilakukan untuk mencapai suatu tujuan atau target dari seseorang/kelompok secara kooperatif menggunakan sumber daya yang ada dan tersedia.

Nah, dari pengertian itulah ilmu manajemen bisa diartikan sebagai kemampuan seseorang dalam mengatur sesuatu agar nantinya tujuan atau target bisa di capai. Sebenarnya, hal tersebut sudah sering terjadi di kehidupan nyata kita karena setiap orang pasti pernah mempraktikan ilmu manajemennya secara tidak langsung setiap hari.

Bagi seseorang yang menerapkan ilmu manajemen diaharpkan bisa mencapai tujuan dan cita-cita yang sedang dikerjakan bisa selesai tepat waktu tanpa ada halangan yang menjadi sia-sia serta tujuan tercapainya karena terorganisir dengan baik oleh masing-masing individu.

Pengertian Manajemen Menurut Ahli

  • George R. Terry

Definisi Manajemen adalah ilmu sekaligus seni, sedangkan manajemen merupakan wadah di dalam ilmu pengetahuan, sehingga manajemen bisa di buktikan secara umum kebenarannya.

  • Mary Parker F

Pengertian manajemen yaitu sebagian suatu seni, di setiap pekerjaan bisa diselesaikan dengan orang lain.

  • Stoner

Ilmu manajemen adalah proses dalam membuat suatu perencanaan, pengorganisasian, pengendalian, dan memimpin berbagai macam usaha dari anggota serta menggunakan semua sumber daya yang dimiliki untuk mencapai suatu tujuan yang ditetapkan.

  • Oey Liang Lee

Arti manajemen merupakan ilmu dan seni perencanaan, pengorganisasian, penyusunan, pengarahan, dan pengendalian dari sumber daya perusahaan di dalam upaya untuk mencapai tujuan yang di inginkan.

Jenis Keilmuan Manajemen

Manajemen menjadi sebuah kegiatan yang penting dilakukan pada semua bidang. Tentunya jenis keilmuan manajemen sangat beragam. Ada beberapa jenis keilmuan manajemen seperti manajemen strategi, organisasi, administrasi, produksi, pemasaran, sumber daya manusia, waktu, risiko dan lain-lain.

Unsur Manajemen

Agar suatu kelompok atau individu bisa melakukan kegiatan berbisnis dan berjalan dengan lancar, terdapat beberapa unsur yang harus diperhatikan dengan benar. Tentunya masing-masing unsur saling melengkapi serta harus diposisikan setara. Berikut beberapa unsur manajemen yang harus anda ketahui :

  • Sumber daya manusia
  • Uang
  • Material
  • Mesin
  • Metode
  • Pasar

Itulah tadi penjelasan mengenai apa itu pengertian manajemen lengkap dengan unsur manajemen, jenis keilmuan manajemen dan lain sebagainya. Tidak hanya itu saja, inspired2write.com juga memiliki informasi yang tidak kalah penting tentang manajemen yaitu fungsi manajemen dan pengertian menurut para ahli.

Tinggalkan komentar