Pengertian Internal Audit : Tujuan, Fungsi, Rungan Lingkup & Contohnya

Pengertian Internal Audit – Dalam sebuah organisasi atau perusahaan membutuhkan yang namanya internal audit atau audit internal. Lantas apa yang dimaksud internal audit? Internal audit adalah penilaian yang berkaitan dengan suatu organisasi atau perusahaan.

Internal audit dilakukan untuk mengevalusi suatu efektifitas dan manajemen perusahaan. Sehingga, dengan adanya audit internal tersebut FUNGSI MANAJEMEN dalam perusahaan akan berjalan dengan objektif dan efektif.

Audit internal ini akan membantu suatu organisasi atau perusahaan untuk mencapat tujuannya dengan memberikan penilaian dan pendekatan yang sitematis serta disiplin dalam melakukan evaluasi dan peningkatan efektifitas proses manajemen risiko dan pengendalian tata kelola.

Mungkin internal audit bagi sebagian orang masih terdengan cukup asing. Pasalnya sebutan ini digunakan pada sebuah organisasi tertentu dan sebuag perusahaan. Nah, bagi anda yang belum tahu apa itu internal audit? Berikut informasi lebih lengkapnya.

Pengertian Internal Audit Beserta Dengan Fungsi, Tujuan dan Contohnya

Pengertian Internal Audit Beserta Dengan Fungsi Tujuan dan Contohnya
Advertisements

Memang tak banyak orang yang tahu apa itu internal audit. Nah, dalam sebuah organisasi atau perusahaan internal audit ini sangat penting guna membantu untuk mencapai tujuannya. Lantas apa pengertian internal audit itu sendiri? Nah, untuk lebih jelasnya, silahkan simak penjelasan dari inspired2write tentang pengertian, tujuan, fungsi dan ruang lingkup internal audit sebagai berikut.

Pengertian Audit Internal

Internal Audit merupakan penilaian yang independen, sistematis dan objektif yang dilakukan oleh auditor internal untuk memeriksa dan mengevaluasi kegiatan organisasi. Audit Internal ini akan membantu pencapaian tujuan perusahaan dengan memberikan penilainan yang tidak biasa, sehingga bisa menyampaikan rekomendasi yang mempunyai nilai tambah bagi perusahaan.

Internal audit dilakukan oleh unit yang ada pada perusahaan yang bertugas untuk melakukan audit terhadap perusahaan terkait. Aktivitas internal audit menjadi sebuah pendukung utama tercapainya tujuan pengendalian internal. Pelaksanaan audit internal yakni auditor internal. Saat pelaksanaan tugas, auditor harus berlaku objektif dan kedudukannya di dalam perusahaan yaitu independen.

Pengertian Audit Internal Menurut Para Ahli

Pengertian Audit Internal Menurut Para Ahli

Adapun pengertian internal audit menurut para ahli yaitu sebagai berikut.

1. Menurut Hiro Tugiman

Hiro Tugiman menyatakan bahwa pengertian audit internal merupakan fungsi penilaian secara independen dalam organisasi untuk mengetes dan melakukan evaluasi terhadap kegiatan yang dilaksanakan.

2. Menurut Ikatan Auditor Internal

Sedangkan menurut Ikatan Auditor Internal Institusi of Internal Auditors (IIA) yang dikutip dalam Messier (2005) menyatakan bahwa audi internal adalah kegiatan independen dan objektif serta konsultasi yang disusun untuk meningkatkan nilai dan operasional sebuah organisasi/perusahaan. Internal audit dapat membantu perusahaan dalam pencapaian tujuan dengan cara pendekatan yang terstruktur dan disiplin. Pendekatan audit internai ini dilakukan dengan cara evaluasi dan meningkatkan keefektifan manajemen resiko, controling serta proses tata kelola.

3. Menurut Sukrisno

Audit internal menurut Sukrisno yaitu pemeriksaan yang dilakukan oleh unit auditor internal dalam perusahaan terhadap finansial report dan laporan akuntansi perusahaan serta meninjau ketaatan atas kebijakan yang telah ditentukan oleh pemimpin puncak, peraturan pemerintah dan ketentuan dari perserikatan profesi.

4. Menurut Mulyadi

Kemudian, Mulyadi (2002) menyatakan bahwa internal audit adalah pelaksana auditor yang menjalankan tugas didalam sebuah perusahaan untuk mengetahui sejauh mana prosedur dan kebijakan yang telah ditentukan sebelumnya dipatuhi dan ditaati dengan menetapkan apakah pengelolaan terhadap aset perusahaan sudah dilaksanakan dengan baik, menetapkan seberapa efektif dan efisien prosedur kegiatan perusahaan serta menilai keefektifan informasi yang diproduksi oleh setiap unit dalam perusahaan.

5. Menurut Dan Guy

Menurut Dan Guy audit internal adalah proses untuk mengidentifikasi data dan mengevaluasi bukti dengan sistem kerja yang objektif dalam rangka memberikan penilaian kesesuaian, diantaranya pernyataan dan kriteria yang ditentukan, yang nantinya hasil tersebut akan disampaikan kepada pihak yang memiliki kepentingan.

Tujuan Internal Audit

Tujuan Internal Audit

Audit internal bertujuan untuk membantu manajemen organisasi dalam memberikan pertanggungjawaban yang efektif. Audit internal akan melakukan analisis serta memberikan saran dan penilaian guna mendukung pencapaian tujuan sebuat perusahaan. Proses pemeriksaan audit mencakup pengawasan secara efektif dengan pembayaran yang normal.

Menurut Sukrisno Agoes, tujuan audit internal yakni membantu manajemen sebuah perusahaan melakukan tugasnya melalui analisis, penilaian dan pemberian saran serta masukan tenaga aktivitas atau program. Untuk mencapai tujuan dari audit internal, maka auditor internal perlu melakukan beberapa hal penting di bawah ini.

  • Menelaah, menilai kebaikan, memadai tidaknya dan penerapan dari sistem pengendalian manajemen, pengendalian internal serta pengendalian operasional lainnya dan mengembangkan pengendalian secara efektif dengan biaya yang tidak terlalu tinggi.
  • Memastikan ketaatan kebijakan, rencana dan prosedur yang telah ditetapkan oleh manajemen.
  • Memastikan seberapa jauh aset perusahaan yang dipertanggungjawabkan dan dilindungi dari kemungkinan terjadinya segala bentuk pencurian, kecurangan dan penyalahgunaan.
  • Memastikan bahwa data yang dikelola dan dikembangkan perusahaan dapat dipercaya.
  • Menilai mutu kerja setiap bagian perusahaan dalam melaksanakan tugasnya.
  • Menyarankan perbaikan-perbaikan operasional untuk meningkatkan efisiensi dan efektifitas.

Fungsi Internal Audit

Selain mengandung tujuan, audit internal juga memiliki beberapa fungsi. Adapun fungsi audit internal yaitu sebagai berikut.

  • Melakukan pengawasan atas semua aktivitas yang sulit ditangani oleh pemimpin.
  • Melaksanakan identifikasi untuk meminimalisasi risiko.
  • Mendukung dan membantu manajemen di bidang teknis.
  • Melakukan laporan validasi menajer.
  • Membantu proses pengambilan keputusan.
  • Melaksanakan analisis untuk masa yang akan datang.
  • Membantu manajer dalam mengelola perusahaan.

Ruang Lingkup Audit Internal

Ruang Lingkup Audit Internal

Untuk ruang lingkupnya sendiri, Guy menyatakan bahwa ruang lingkup internal audit telah diterjemahkan oleh Paul A. Rajoe sebagai berikut :

  • Melaksanakan analisa keefektifan informasi finansial, operasional dan alat yang digunakan untuk melakukan identifikasi, pengukuran, pengelompokan dan pelaporan informasi terkait.
  • Melakukan pengamatan atas sistem yang ada dalam rangka untuk memastikan adanya kesesuaian antar kegiatan yang dilakukan organisasi dalam kebijakan, peraturan, prosedur, hukum, dan rencana yang memiliki dampak signifikan kepada kegiatan organisasi.
  • Menjalankan pengamantan berbagai metode yang digunakan untuk menjaga aset perusahaan. Apabila diperlukan, maka akan dilakukan verifikasi terhadap aset-aset tersebut.
  • Memberikan penilaian atas efektifitas dan keekonomisan dalam penggunaan sumber daya.
  • Melaksanakan pengamatan terhadap aktivitas operasional atau program perusahaan, apakah hasil yang didapat konsisten serta sesuai tujuan dan rencana yang sudah ditetapkan.

Itulah informasi tentang pengertian internal audit yang dapat inspired2write.com sajikan untuk anda. Dengan menerapkan internal audit, maka sebuah organisasi atau perusahaan akan lebih efektif, objektif dan disiplin dalam melaksanakan kegiatan usahanya. Sekian dan semoga informasi di atas bermanfaat.

Tinggalkan komentar