8 Tujuan Manajemen Menurut Para Ahli Terbaru

Tujuan Manajemen Menurut Para Ahli – Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) manajemen adalah penggunaan sumber daya secara efektif. Secara etimologis, kata “manajemen” berasal dari bahasa inggris yaitu management, berarti mengatur atau mengelola.

Secara umum, manajemen adalah sebuah proses yang dilakukan seseorang dalam mengatur aktivitas yang dikerjakan oleh individu atau kelompok. Selain itu, PENGERTIAN MANAJEMEN juga datang dari berbagai kalangan, termasuk para ahli dalam bidang manajemen.

Dimana pengertian dan TEORI MANAJEMEN menurut para ahli menghasilkan definisi dan pemikiran dari berbagai sudut pandang yang berbeda-beda, namun dengan tujuan yang hampir sama. Lantas, apa saja tujuan dari manajemen menurut para ahli di bidangnya?.

Terdapat beberapa ahli yang mencetuskan pendapatnya terkait tujuan manajemen dengan sudut pandang berbeda-beda. Adapun untuk informasi lebih jelasnya, silahkan kalian simak penjelasan dari inspired2write terkait tujuan manajemen menurut para ahli di bawah ini.

Tujuan Manajemen Secara Umum

Tujuan Manajemen Secara Umum
Advertisements

Secara umum, tujuan utama diterapkannya sistem manajemen yaitu guna mendapatkan hasil maksimal dengan biaya dan usaha seminimal mungkin dengan mendayagunakan segala aspek pendukung seperti SDM, aset dan finansial yang telah direncanakan.

Maka dari itu, dibutuhkan sebuah kompetisi terarah agar tujuan dari manajemen bisa tercapai secara maksimal. Adapun tujuan dari manajemen secara umum yaitu sebagai berikut.

  1. Menjalankan serta menilai strategi perencanaan yang diatur guna pelaksanaannya bisa berjalan sesuai arahan.
  2. Meninjau pelaksanaan fungsi manajemen dan cara kerja kelompok pada saat menjalankan tugasnya.
  3. Memperbarui fungsi manajemen, khususnya strategi pelaksanaannya. Ini dilakukan agar target tetap tercapai, jika ada kendala dalam pelaksanaan rencana.
  4. Melakukan peninjauan kekuatan organisasi, mengetahui kelemahan serta mengantisipasi ancaman yang mungkin akan terjadi.
  5. Menyusun sebuah terobosan baru yang berfungsi untuk meningkatkan kinerja kelompok. Inovasi baru ini akan berdampak positif pada pencapaian rencana sesuai target.

Tujuan manajemen merupakan sesuatu yang ingin direalisasikan dengan menggambarkan cakupan terkait serta menyarankan pengarahan kepada usaha seorang manajer. Dari pengertian tersebut, ada empat elemen pokok dalam tujuan manajemen, yakni sebagai berikut ini :

  • Sesuatu yang ingin direalisasikan (goal)
  • Cakupan (scope)
  • Ketepatan (definitness)
  • Pengarahan (directions)

Tujuan Manajemen Menurut Para Ahli

Tujuan Manajemen Menurut Para Ahli
Advertisements

Definisi menurut para ahli dari sudut pandang berbeda, membuat tujuan manajemen bisa berarti luas. Dimana para ahli memiliki pendapat mereka masing-masing terkait manajemen.

Meskipun memiliki pendapat masing-masing, namun tujuan menurut para ahli mengarah pada perolehan hasil secara maksimal. Adapun tujuan manajemen menurut para ahli yaitu :

1. Menurut Siswanto

Tujuan manajemen menurut Siswanto adalah sebuah hal yang ingin direalisasikan, menggambarkan cakupan tertentu sekaligus menyarankan pengarahan kepada usaha manajer.

Tujuan manajemen juga bisa didefinisikan untuk mengefektifkan serta mengefisiensikan pendayagunaan segala sumber daya yang tersedia guna pencapaian tujuan yang telah ditentukan.

2. Menurut G.R Terry

Sementara menurut ahli manajemen G.R Terry, tujuan manajemen adalah suatu yang ingin dicapai dengan mencakup jangkauan tertentu, serta untuk menunjukan kemana usaha seorang menajer diarahkan. Dalam sebuah organisasi, biasanya memiliki beberapa tujuan sebagai berikut.

  1. Tujuan jangka pendek (proximate), seperti tujuan pekerjaan, tugas dan tujuan gerak.
  2. Tujuan jangka menengah (intermediate), meliputi tujuan produksi, tujuan pemasaran, tujuan keuangan serta masih banyak lagi lainnya.
  3. Tujuan jangka panjang (ultimate), misalnya seperti perekrutan karyawan serta penyediaan lapangan pekerjaan.

Nah, itulah informasi lengkap dari inspired2write.com terkait tujuan management menurut para ahli. Manajemen memang menarik para ahli untuk mencetuskan pendapat mereka.

Hal ini menimbulkan arti lebih luas lagi terkait manajemen, karena para ahli berpendapat dengan sudut pandang berbeda-beda. Demikianlah semoga ulasan di atas bermanfaat.

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.