Fungsi Manajemen & Pengertian Menurut Para Ahli

Fungsi Manajemen – Apakah anda sudah mengenal kata “manajemen”? Untuk saat ini, di dalam suatu perusahaan atau organisasi harus dilaksanakan dengan manajemen yang baik dan strategis. Oleh sebab itu, pentingnya mengetahui unsur manajemen bagi anda yang sedang membangun bisnis.

Tidak hanya itu saja, manajemen juga memiliki beberapa fungsi yang harus diketahui dengan baik dan dikuasai oleh seorang manager untuk bisa mewujudkan cita-cita atau tujuan suatu perusahaan ataupun suatu organisasi. Nah, disitulah seni manajemen dapat dirasakan dan diterapkan untuk perusahaan atau organisasi.

Agar dapat memperoleh hasil yang maksimal, para manajer wajib menguasai dan mengetahui seluruh fungsi manajemen yang ada. Hal tersebut nantinya dapat berpengaruh pada kualitas perusahaan serta tujuan apa yang ingin dicapai oleh sebuah perusahaan ataupun suatu organisasi yang ada.

Perlu anda ketahui bahwa kata manajemen berasal dari bahasa Prancis kuno yang artinya seni melaksanakan dan mengatur. Sedangkan secara universal, manajemen merupakan seni mengatur penggunaan sumber daya manusia di dalam suatu organisasi agar mencapai kinerja yang tinggi.

Fungsi Manajemen & Pengertian Menurut Para Ahli

Fungsi Manajemen Pengertian Menurut Para Ahli

Advertisements

Memang secara umum terdapat empat fungsi manajemen yang pertama adalah perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengendalian. Nah, untuk lebih jelasnya lagi, silahkan anda simak ulasan kami berikut ini yang akan membahasnya secara lengkap.

Fungsi Manajemen

Fungsi Manajemen

1. Planing

Perencanaan atau planing adalah fungsi manajemen yang pertama. Perencanaan di dalam manajemen berfungsi untuk menyusun rencana dan juga starategi untuk mencapai sebuag tujuan organisasi. Perencanaan atau planing adlah fungsi yang penting di dalam manajemen. Karena jika tidak ada perencanaan maka fungsi-fungsi yang lainnya tidak bisa dilaksanakan dan tujuan manajemen tidak akan bisa tercapai dengan baik.

2. Organizing

Fungsi pengorganisasian merupakan fungsi dalam hal pembagian tugas serta kegiatan besar menjadi kecil untuk dibagi kepada para anggota sesuai dengan bidang atau keahlian masing-masing anggota organisasi tersebut. Manajemen disini bertugas untuk mengelompokan orang, tugas dan tanggung jawab sera wewenang sesuai dengan porsi. Sehingga organisasi tersebut dapat mencapai tujuan bersama-sama.

3. Directing

Pengarahan adalah tindakan yang bisa di lakukan agar semua anggota dapat berusaha untuk mencapai tujuan ataupun cita-cita organisasi. Di dalam fungsi pengarahan inilah bertujuan agar bisa meningkatkan efektivitas dan efisiensi kinerja semua anggota secara optimal dalam mencapai tujuan dan juga cita-cita perusahaan.

4. Controlling

Fungsi yang terakhir adalah controlling atau pengendalian. Controlling yang di maksud adalah untuk menilai kinerja semua anggota sesuai standar yang sudah dibuat lalu melakukan perubahaan serta perbaikan apabila hasil penilaian kurang baik. Dalam hal pengendalian, perusahaan perlu untuk menyiapkan rencana perusahaan agar fungsi tersebut bisa berjalan dengan baik dan efisien, sehingga nantinya perusahaan tiadk menghabiskan banyak dana.

Itu dia tadi ulasan tentang fungsi managemen yang telah inspired2write.com berikan kepada anda secara lengkap. Penting untuk mengetahui unsur-unsur manajemen bagi anda yang sedang mengembangkan bisnis ataupun usaha agar nantinya perusahaan anda bisa mencapai cita-cita dan tujuan.

Tinggalkan komentar