6 Unsur Manajemen Paling Penting & Pengertiannya

Unsur Manajemen – Pengertian manajemen secara umum adalah suatu seni dalam ilmu dan organisasi seperti membangun organisasi, menyusun perencanaan, dan proses pengorganisasian, pergerakan dan pengendalian ataupun pengawasan.

Manajemen juga bisa diartikan sebuah ilmu pengetahuan yang sistematis agar bisa memahami mengapa dan bagaimana manusia dapat saling bekerja sama agar bisa menghasilkan sesuatu yang bermanfaat untuk orang lain dan masyarakat luas ataupun golongan tertentu.

Pengertian manajemen menurut salah satu ahli yaitu George Robert Terry yang mengartikan bahwa manajemen sebagai proses khas dari beberapa tindakan manusia, seperti perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, dan pengawasan. Tindakan tersebut bertujuan agar mencapai target dan manfaatkan seluruh sumber daya yang ada.

Manajemen juga memiliki beberapa fungsi yang perlu anda ketahui salah satunya yaitu tentang perencanaan merupakan aktivitas strategis dengan cara menyusun hal-hal yang akan dikerjakan dengan memanfaatkan sumber daya yang dimiliki. Oleh sebab itu pentinya proses dan fungsi manajemen.

Unsur Manajemen Paling Penting & Pengertiannya

Unsur Manajemen Paling Penting Pengertiannya

Advertisements

Fungsi manajemen pengorganisasian juga harus sangat diperhatikan dan tidak boleh dilupakan fungsi manajemen sebagai pengarahan. Setelah anda mengetahui sedikit pengertian manajemen dan apa saja fungsinya dari salah satu ahli, sekarang saatnya ktia membahas tentang unsur-unsur manajemen yang perlu anda ketahui, berikut ulasan lengkapnya.

Unsur Manajemen

Unsur Manajemen

1. Human (Manusia)

Di dalam manajemen, faktor utama paling menentukan adalah manusia. Manusia yang bisa membuat tujuan dan manusia juga yang bisa melakukan semua proses untuk mencapai suatu tujuan. Jika tidak ada manusia maka tidak akan ada proses kerja.

2. Money (Uang)

Uang adalah salah satu unsur yang cukup penting dan tidak bisa di abaikan begitu saja. Uang adalah alat tukar dan alat pengukur nilai sesuatu. Besar atau kecilnya hasil kegiatan memang bisa di ukur dari jumlah uang yang beredar di perusahaan.

Sehingga uang adalah alat yang penting untuk mencapai sebuah tujuan karena segalanya harus diperhitungkan dengan cara rasional. Hal tersebut akan langsung berhubungan dengan berapa jumlah uang yang harus disiapkan untuk gaji tenaga kerja, alat-alat yang digunakan atau dibeli dan berapa jumlah yang akan diperoleh dari suatu organisasi.

3. Materials (Bahan)

Material ini terdiri dari bahan setengah jadi atau raw material dari bahan jadi. Di dalam dunia usaha, untuk mencapai sebuah keberhasilan yang lebih baik, tidak hanya mengandalkan manusia ahli di dalam bidangnya tentu juga harus di imbangi dengan menggunakan bahan/materi sebagai salah satu sarannya.

4. Machines (Mesin)

Dalam proses dan kegiatan perusahaan, mesin menjadi sesuatu yang sangat dibutuhkan. Penggunaan mesin di dalam perusahaan bisa membawa kemudahan ataupun menghasilkan keuntungan lebih besar dan tidak hanya itu saja, menggunakan mesin bisa menciptakan efisiensi kerja.

5. Methods (Metode)

Di dalam proses pelaksanaan kerja dibutuhkan metode kerja yang jitu. Sebuah metode bisa menjadi tata cara kerja yang baik untuk memperlancar jalannya pekerjaan. Metode juga menjadi unsur penetapan cara pelaksanaan kerja dengan memberikan berbagai macam pertimbangan dari mulai sarana, fasilitas yang tersedia, penggunaan waktu, uang dan juga kegiatan usaha.

Anda harus mengingat metode yang baik, apabila orang yang menjalankannya tidak mengerti ataupun tidak memiliki pengalaman maka hasil yang anda dapatkan bisa jadi tidak akan memuaskan. Oleh karena itu, peran utama dalam manajemen terdapat pada manusia.

6. Market (Pasar)

Unsur terakhir manajemen adalah market atau pasar. Anda harus memasarkan produk dengan baik dan menjadi satu hal yang sangat penting karena jika barang produksi tidak laku di jual, nantinya proses produksi barang akan berhenti. Dengan begitu berarti proses kerja tidak akan berlangsung. Pentingnya penguasaan pasar atau istilah lain anda pandai dalam memasarkan produk agar laku serta barang yang dijual juga harus berkualitas dan harganya sesuai dengan selera para konsumen dan juga daya beli konsumen.

Perlu anda ketahui bahwa unsur-unsur manajemen menjadi satu hal yang mutlak dalam manajemen karena sebagai penentu jalannya perusahaan saat proses melakukan kegiatan perusahaan. Demikian informasi lengkap tentang unsur-unsur manajemen yang sudah inspired2write.com berikan, semoga bisa bermanfaat untuk anda.

Tinggalkan komentar