20 Makanan Yang Mengandung Protein Tinggi

Makanan Yang Mengandung Protein – Makanan yang mengandung protein tinggi memiliki banyak manfaat yang baik bagi tubuh. Tidak perlu kawatir karena makanan berprotein tinggi mudah ditemui di sekitar kita.

Taukah anda ? kandungan protein yang ada di dalam makanan sangat bermanfaat bagi tubuh untuk memperbaiki jaringan yang rusak dan membangun sel dan jaringan tubuh baru.

Tidak hanya memperbaiki dan mengganti sel tubuh, mengonsumsi makanan yang mengandung protein tinggi bisa memperkuat tulang, menurunkan tekanan darah, dan mempercepat proses penyembuhan luka.

Untuk anda yang sedang diet sehat, penting untuk memperhatikan asupan makanan berprotein karena bisa membantu menurunkan berat badan dan menjaga berat badan anda tetap ideal.

Makanan Yang Mengandung Protein Tinggi

Makanan Yang Mengandung Protein Tinggi

Advertisements

Jika sebelumnya Inspired2Write sudah membahas tentang makanan yang mengandung vitamin E, maka artikel kali ini akan membahas secara detail makanan apa saja yang mengandung protein tinggi dan bermanfaat bagi tubuh. Penasaran apa saja daftar makanannya? langsung saja simak ulasan lengkap di bawah ini.

Daftar Makanan Yang Mengandung Protein Tinggi

1. Telur

Telur

Advertisements

Telur menjadi salah satu makanan yang paling digemari, anda bisa mendapatkan telur dengan mudah untuk dikonsumsi. Siapa sangka bahwa telur menjadi salah satu makanan yang mengandung protein tinggi dalam satu butir telur mengandung 78 gram kalori.

2. Dada Ayam

 Dada Ayam

Advertisements

Salah satu makanan yang terkenal mengandung protein tinggi adalah dada ayam. Kandungan protein yang ada pada satu potong dada ayam mencapai 53 gram dan terdiri dari 284 kalori. Dada ayam juga mudah untuk diolah menjadi makanan yang lezat dan sehat.

3. Almond

Almond

Advertisements

Kacang almod dikenal memiliki rasa yang enak dan digemari banyak orang. Per 1 ons atau 28 gram almod mengandung protein sekitar 6 gram serta kalori sebanyak 164. Kandungan kacang almod juga penuh dengan nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh seperri vitamin E, serat, magnesium, dan mangan.

4. Susu

Susu

Advertisements

Bagi anda yang sering mengonsumsi susu murni tentu sudah tidak ragu lagi adanya kandungan protein tinggi pada susu segar. Selain mengandung protein tinggi, susu juga mengandung fosfor, riboflavin atau vitamin B2 dan tinggi kalsium yang baik bagi tubuh.

5. Keju Cottage

Keju Cottage

Advertisements

Mungkin sebagian besar dari anda masih belun familiar dengan adanya keju cottage, berbeda dengan keju lainnya, karena keju cottage memiliki keunggulan yang rendah lemak dan kalori. Kandungan protein yang ada pada keju cottage sebesar 28 gram per 226 gram bahan.

6. Oat

 Oat

Advertisements

Bagi anda yang sedang menjalani diet sehat, tentu mengonsumsi oat menjadi salah satu menu makanan yang masuk list anda. Karena oat menyediakan magnesium, tiamin, mangan, serat sehat dan beberapa nutrisi yang lainnya. Satu mangkuk oat ukuran 236 ml mengandung 11 gram protein.

7. Daging Sapi Tanpa Lemak

Daging Sapi Tanpa Lemak

Advertisements

Pada daging sapi tanpa lemak mengandung 25 gram per tiga ons atau 85 gram. Daging sapi tanpa lemak memang dikenal sebagai makanan yang kaya akan protein tinggi. Bahkan pada steak sirloin mengandung lemak hingga 186 kalori per gramnya.

8. Brokoli

Brokoli

Advertisements

Brokoli memiliki warna hijau segar yang menarik, tidak hanya mengandung vitamin C, vitamin K, serat, dan kalium saja. Brokoli juga memiliki kandungan protein mencapai 3 gram per 69 gram. Brokoli juga menyediakan bioaktif yang berguna membantu tubuh dari serangan kanker.

9. Ikan Tuna

Ikan Tuna

Advertisements

Anda tentu sudah tidak asing lagi dengan tuna, ikan yang satu ini memang memiliki rasa yang enak sehingga tidak heran jika digemari oleh banyak orang. Per 142 gram ikan tuna mengandung protein mencapai 27 gram. Ikan tuna termasuk kedalam makanan yang rendah lemak serta kalori, tuna mengandung lemak omega-3.

10. Quinoa

Quinoa

Advertisements

Quinoa merupakan salah satu sereal yang dianggap sebagai makanan super. Karena bahan makanan yang satu ini terbukti mengandung banyak mineral, vitamin, serat dan antioksidan. oleh sebab itu, quinoa dipercaya memiliki banyak manfaat yang baik bagi kesehatan. Per 185 gram quinoa yang telah di masak mengandung 8 gram protein.

11. Spirulina

11. Spirulina

Advertisements

Spirulina biasanya familiar digunakan sebagai masker wajah, namun siapa sangka spirulina atau ganggang hijau. Bahkan apabila spirulina yang sudah dipotong kecil-kecil kemudian dikeringkan dapat menjadi alternatif pengganti telur. Karena spirulina mengandung 8 gram protein dan 40 kalori.

12. Udang

12. Udang

Advertisements

Seperti yang kita ketahui hampir pada semua makanan laut mengandung protein tinggi dan sangat baik karena biasanya makanan laut rendah lemak. Pada 1 ons udang mentah sudah mengandung 24 gram protein serta memiliki 99 kalori.

13. Edamame

Edamame

Advertisements

Sama halnya dengan susu dan daging, edamame memiliki semua asam amino esensial yang dibutuhkan oleh tubuh manusia. Didalam satu porsi atau setara dengan 50 gram edamame mengandung kurang lebih 6 gram protein serta 4 gram karbohidrat.

14. Buncis

Buncis

Advertisements

Selanjutnya, makanan yang mengandung protein adalah buncis, buncis bisa anda dapatkan dengan mudah disekitar anda. Buncis mengandung protein tinggi dan bisa merangsang tubuh untuk menghasilkan hormon cholecystokinin dan penekan rasa lapar.

15. Gandum

Gandum

Advertisements

Seperti yang kita ketahui bahwa gandung memiliki banyak kandungan serat sehat yang berguna untuk membantu anda dalam proses penurunan berat badan apabila mengonsumsi dengan benar. Di dalam gandum mentah mengandung protein sebanyak 13 gra, dan 303 kalori.

16. Yogurt

 Yogurt

Advertisements

Anda dapat memilih yogurt sebagai alternatif penambah protein untuk tubuh anda. Karena yogurt mengandung protein tinggi, jangan lupa untuk memilih yogurt plain tanpa lemak. Pada satu cup kecil yogurt mengandung 17 gram protein didalamnya.

17. Tempe

Tempe

Advertisements

Mungkin bagi orang Indonesia mengonsumsi tempe sudah biasa. Bahan makanan yang satu ini mengandung protein tinggi dan mudah didapatkan.Meskipun memiliki rasa yang sederhana, namun mengandung protein sebanyak 5 gram per onsnya.

18. Kentang Panggang

Kentang Panggang

Advertisements

Kentang memang dikenal memiliki kandungan karbohidrat yang tingi dan sering disebut musuh bagi orang yang sedang menjalani program diet. Namun sebenarnya kentang panggang justru sangat membantu diet karena mengandung protein tinggi. Untuk 1 kentang sedang mengandung 7.5 gram protein.

19. Soba

Soba

Advertisements

Soba dalah mie khas jepang yang bahan bakunya terbuat dari buckwheat. Tidak hanya mengandung protein yang jauh lebih tinggi dibanding pasta. Makanan soba juga mengandung protein berkualitas. Soba juga mempu mengatur gula darah dan menjaga kesehatan jantung.

20. Kacang Kedelai

Kacang Kedelai

Advertisements

Kacang kedelai masuk kedalam jenis polong-polongan yang mengandung banyak nutrisi untuk tubuh. Selain itu, kacang kedelai juga mengandung protein tinggi, serat, kalsium, lechitin, lemak tak jenuh. Apabila rutin mengonsumsi akan membantu meningkatkan kualitas otak.

Manfaat Protein Bagi Tubuh

Manfaat Protein Bagi Tubuh

Advertisements

Protein adalah komponen penting dari setiap sel di dalam tubuh. Oleh sebab itu, jika protein memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Berikut ini penjelasan tentang apa saja manfaat protein :

  • Protein sangat dibutuhkan dalam proses pembentukan tulang rawan, tulang otot, kulit dan juga darah.
  • Protein juga mampu memperkuat, membangun, memperbaiki, dan mengganti jaringan tubuh. Contoh saja keratin yang bisa memperkuat rambut, serta kolagen dan elastin penunjang jaringan ikat dan kulit.
  • Protein membantu tubuh untuk merasa kenyang lebih lama. Sehingga protein bisa menjadi salah satu makanan untuk diet sehat.
  • Manfaat protein mampu membuat antibodi yang berguna bagi sistem kekebalan tubuh.
  • Untuk wanita hamil, remaja, anak-anak penting mengonsumsi protein karena akan membantu pertumbuhan dan perkembangan.
  • Protein bisa membuat enzim yang memiliki fungsi memfasilitasi reaksi biokimiawi serta metabolisme tubuh.

Pentingnya memperhatikan asupan gizi dan protein yang masuk kedalam tubuh agar kita lebih sehat dan tubuh akan membentuk antibodi lebih kuat. Selain mengonsumsi makanan dengan protein tinggi, anda juga perlu mengimbangi dengan asupan makanan yang mengandung vitamin C.

Tinggalkan komentar