20 Makanan Penurun Kolesterol Secara Cepat & Ampuh

Makanan Penurun Kolesterol – Menikmati maupun mengkonsumsi makanan seperti fried chicken, ayam goreng, dan sebagainya yang prosesnya digoreng mungkin akan terasa lezat dan gurih. Siapa sangka memakan makanan tersebut bisa mengakibatkan kolesterol tinggi.

Oleh karena itu hindari makanan tersebut, bukan dihindari sebenarnya namun jangan terlalu dan keseringan mengkonsumsinya. Namun bagaimana jika sudah terlanjur dan kolesterol ditubuh sudah tinggi?

Anda bisa langsung berobat atau bisa juga melakukan sebuah kontrol ke dokter. Selain itu anda juga bisa mengkonsumsi makanan yang bisa membantu menurunkan kolesterol tersebut.

Apa saja makanan penurun kolesterol? Pastinya banyak yang bertanya-tanya mengenai hal tersebut. Tenang inspired2write.com akan sampaikan informasi mengenai makanan apa saja yang bisa menurunkan kolesterol.

Daftar Makanan Penurun Kolesterol Secara Cepat

Makanan Penurun Kolesterol

Dari beberapa makanan yang akan disampaikan mungkin salah satu menjadi makanan favorit anda pastinya. Karena makanan-makanan ini mudah untuk ditemui dan sangat mudah didapatkan, berikut makanan tersebut:

1. Oat

Oat

Makanan pertama yang terbukti ampuh untuk menurunkan kolesterol yaitu oat, anda bisa memakannya pada saat pagi untuk sarapan, hal tersebut karena oat sendiri memiliki kandungan serat yang nantinya mudah untuk dicerna oleh tubuh. Selain itu anda juga bisa menambahkan beberapa makanan atau buah lain seperti pisang dan buah lainnya.

2. Kakao

Kakao

Kokoa juga menjadi salah satu makanan yang dipercaya bisa menurunkan kolesterol yang tinggi, namun sebelum langsung dimakan anda bisa olah menjadi makanan yang cukup menarik dan enak di santap. Namun pada saat pembuatan olahan makanan tersebut jangan terlalu banyak untuk mencampurkan sebuah gulanya.

3. Gandum dan Jelai

Gandum dan Jelai

Gandum dan jelai juga menjadi makanan yang tinggi akan kandungan seratnya, sehingga sangat cocok untuk anda yang berkeinginan menurunkan kolesterol pada tubuh yang sedang tinggi. Makanan ini bisa dijadikan sebagai makanan pokok bagi penderita kolesterol, diabetes dan juga bisa dijadikan untuk menurunkan resiko serangan jantung.

4. Kacang Kedelai

Kacang Kedelai

Olahan makanan yang berbahan dasar sebuah kacang kedelai seperti tahu, tempe dan juga susu kedelai juga sangat dianjurkan untuk anda yang memiliki riwayat kolesterol tinggi. Menurut para ahli yang telah melakukan sebuah analisa, menyatakan bahwa mengkonsumsi 25 gram protein dari kedelai bisa menurunkan kadar LDL 6%.

5. Kacang Polong

Kacang Polong

Tidak hanya kacang kedelai saja yang ampuh dalam menurunkan sebuah kolesterol, kacang polong juga menjadi makanan anjuran bagi penderita kolesterol tinggi. Karena pada kacang polong atau olahannya bisa membuat anda terasa kenyang akan lebih lama, karena pada kacang polong tersebut memiliki sebuah kandungan serat yang tinggi.

6. Kacang Kenari/Walnut

Kacang Kenari Walnut

Memang kacang-kacangan sangat dianjurkan untuk anda yang penderita kolesterol tinggi, tidak hanya kedua kacang diatas kacang kenari terbukti ampuh menurunkan sebuah kolesterol tinggi. kandungan asam lemak omega 3 didalamnya akan membantu tubuh anda semakin sehat dan kuat.

7. Kentang

Kentang 1

Mungkin makanan berikutnya ini sudah anda ketahui sebagai penurun kolesterol yang sangat efektif, selain mudah untuk di temukan makanan ini juga terjangkau sekali. Kaya akan kandungan didalamnya yang siap menurunkan sebuah kolesterol seperti pektin, protein, kalium, antioksidan, vitamin, dan masih banyak yang lainnya.

8. Apel

Apel 1

Apel menjadi buah yang bisa anda makan untuk membantu menurunkan sebuah kolesterol tinggi. Hal tersebut karena apel memiliki sebuah kandungan pectin tinggi yang bisa mengurangi kadar LDL cukup ampuh hanya dengan waktu singkat.

9. Anggur

Anggur

Sama seperti buah apel yang memiliki sebuah kandungan pectin yang tinggi, membuat anggur juga bisa membantu untuk menurunkan kolesterol. Makanlah anggur tanpa campuran lain seperti gula atau pemanis lainnya.

10. Jeruk

Jeruk 1

Siapa sangka jeruk juga menjadi salah satu buah yang memiliki sebuah kandungan pectin yang berfungsi untuk mengurangi kadar LDL untuk penurun kolesterol. Sama seperti anggur dan juga apel anda juga bisa menikmatinya bersamaan tanpa ada sebuah tambahan pemanis.

11. Salmon

Salmon

Ikan salmon yang terkenal akan kandungan omega 3 yang tinggi, juga sangat dianjurkan bagi anda para penderita kolesterol. Anda bisa makanan setidaknya 2 porsi olahan salmon dalam seminggunya, lebih baik jangan menambahkan terlalu banyak topping atau paduan makanan lainnya.

12. Alpukat

Alpukat

Alpukat menjadi buah selanjutnya yang memiliki sebuah kasiat ampuh untuk menurunkan kolesterol tinggi. Sama seperti apel, anggur dan jeruk, buah alpukat terbukti ampuh menjadi obat penurun kolesterol tinggi karena memiliki kandungan pectin yang tinggi.

13. Bawang Putih

Bawang Putih

Siapa sangka bawang putih hanya bisa digunakan sebagai bumbu masak saja, menurut para peneliti bawang putih itu sendiri bisa menjadi obat penurun pectin yang tinggi loh. Hal tersebut karena kandungan nutrisi yang terdapat didalamnya sangat banyak sekali.

14. Almond

Almond

Memang kacang-kacangan terbukti ampuh untuk membantu mengatasi sebuah kolesterol yang tinggi, salah satunya yaitu almond. Mengandung protein tinggi dan juga asam amino bisa menjadi salah satu cara pencegahan yang baik agar tubuh tetap sehat.

15. Teh Hijau

Teh Hijau 1

Teh hijau menjadi salah satu obat atau selanjutnya yang bisa membantu menurunkan sebuah kolesterol tinggi. Karena kandungan yang terdapat didalam teh hijau sendiri sangat tinggi dan kaya. Tidak hanya digunakan untuk penurun kolesterol saja, ternyata banyak masalah tubuh yang bisa diselesaikan dengan mengkonsumsi teh hijau secara rutin.

16. Stroberi

Stroberi

Buah stoberi juga bisa menjadi obat penurun kolesterol yang tinggi karena terdapat banyak nutrisi dan mineral di dalamnya, seperti vitamin, serat, folat dan lainnya. Anda juga bisa membuat jus stroberi sebagai olahannya, namun jangan ditambah apapun atau hanya buah sroberi saja.

17. Suplemen Serat

Suplemen Serat

Selain buah dan berbagai olahan makanan alami tanpa tambahan lainnya, anda juga bisa menggunakan suplemen untuk membantu menurunkan kolesterol yang tinggi. Carilah suplemen serat yang sudah terbukti ampun dan efektif akan kasiatnya.

18. Minyak Zaitun

Minyak Zaitun

Memang minyak zaitun menjadi salah satu minyak yang memiliki banyak sekali fungsi, salah satunya yaitu sebagai penurun kolesterol. Minyak zaitun ekstra virgin menjadi salah satu minyak dengan kualitas dan kandungan terbaik yang bisa membantu penurunan kolesterol tersebut.

19. Cokelat Hitam

Cokelat Hitam

Siapa yang tidak suka cokelat hitam? Ternyata cokelat juga menjadi salah satu alteratif bagi anda yang memiliki kolesterol tinggi dan malas untuk memakan buah atau sayuran. Kandungan cokelat yang sangat ampuh seperti theobromine dimana memiliki khasiat untuk menurunkan kolesterol tinggi.

20. Kelapa

kelapa

Menjadi salah satu buah favorit yang memiliki sebuah kenikmatan pada saat dinikmati, terutama pada saat cuaca sedang panas. Siapa sangka ternyata buah kelapa bisa menjadi alternatif untuk menurunkan sebuah kolesterol tinggi.

Itu lah beberapa makanan baik buah atau sayuran yang bisa menjadi obat penurun kolesterol tinggi. Mungkin itu saja yang bisa inspired2write.com sampaikan, semoga bisa bermanfaat dan membantu anda para penderita kolesterol tinggi atau jahat.

Tinggalkan komentar