20 Makanan Untuk Asam Lambung : Anjuran & Pantangan

Makanan Untuk Asam LambungĀ – Selain melalui jalur pengobatan dokter maupun alternatif, penyakit asam lambung bisa diminimalisir dengan mengkonsumsi makanan untuk asam lambung. Penasaran ? simak terus artikel ini dengan seksama.

Penyakit asam lambung timbul karena adanya bakteri helicobacter pylori. Ketika penyakit ini kambuh kalian akan merasakan nyeri di bagian ulu hati. Nah, untuk mengatasi masalah tersebut kami mempunyai informasi terkait makanan yang baik untuk penderita asam lambung.

[tab]

Diantaranya adalah buah-buahan seperti pisang, semangka dan melon. Ketiga buah tersebut menyimpan zat baik yang ampuh untuk mengatasi masalah asam lambung. Selain itu, makanan untuk asam lambung juga bisa berupa sayuran dan biji-bijian.

Selain menyantap makanan-makanan tersebut, kalian juga melakukan olahraga secara rutin agar terhindar dari penyakit asam lambung. Kemudian yang tidak kalah penting adalah jangan mengkonsumsi minuman beralkohol, minuman berkarbonasi dan kopi.

Daftar Makanan Untuk Asam Lambung : Anjuran & Pantangan

Makanan Untuk Asam Lambung Anjuran dan Pantangan

Nah bagi kalian mungkin merupakan penderita asam lambung, silahkan simak penjelasan lengkap dibawah seputar makanan untuk asam lambung. Selain itu, kami juga memiliki informasi tentang makanan yang harus dihindari penderita asam lambung serta tips terhindari dari penyakit asam lambung.

Makanan Untuk Asam Lambung

Makanan Untuk Asam Lambung

Seperti yang telah kami singgung sebelumnya dimana makanan untuk asam lambung terdiri dari buah-buahan, sayuran, biji-bijan, rempah-rempah dan makan yang terbuat dari gandum. Rata-rata mereka memiliki rasa yang nikmat, nah apa saja sih makanan tersebut ? silahkan simak ulasan dibawah ini :

1. Pisang

Pisang

Pisang merupakan buah yang memiliki kandungan pH sebanyak 5,6 sehingga baik di konsumsi para penderita asam lambung. Selain itu, buh pisang juga akan memberi rasa kenyang lebih ketika di konsumsi, jadi buah ini juga cocok bagi kalian yang sedang menjalani program diet.

2. Apel

Apel

Selanjutnya ada buah apel yang baik untuk asam lambung. Dengan rutin mengkonsumsi buah apel mampu menurunkan kadar asam lambung di dalam tubuh. Hal ini dikarenakan buah apel memiliki kandungan kalsium, magnesium dan kalium yang tentu sangat ampuh untuk meredakan asam lambung.

3. Semangka

Semangka

Makanan untuk asam lambung yang selanjutnya adalah buah Semang. Ya, Semangka merupakan salah satu buah yang mengandung banyak air sehingga bisa menetralkan asam lambung secara alami. Selain itu, rasa yang dihadirkan buah ini juga manis dan segar.

4. Melon

Melon

Selain itu kami juga merekomendasikan buah Melon untuk para penderit asam lambung. Dengan rutin menyantap buah Melon lambat laun asam lambang di dalam tubuh akan sembuh secara total. Buah ini sangat mudah kita temukan di pasar swalayan.

5. Sayur-sayuran

Sayur sayuran

Bukan hanya buah-buahan, para penderita asam lambung juga harus mengkonsumsi sayur-sayuran. Jenis sayuran sendiri terbagi menjadi banyak macam, seperti brokoli, tomat, buncis, timun dan lain sebagainya. Pada intinya zat yang terkandung di dalam sayuran baik untuk meredakan asam lambung.

6. Oatmeal

Oatmeal

Makanan untuk asam lambung yang lainnya adalah Oatmeal. Makanan ini memiliki kandungan serat yang cukup tinggi. Selain mampu mencegah asam lambung, Oatmeal juga baik di konsumsi kalian yang sedang melakukan program menurunkan berat badan.

7. Lidah Buaya

Lidah Buaya

Tidak hanya baik untuk perawatan kulit wajah dan kepala, ternyata tanaman Lidah Buaya juga baik di konsumsi penderita asam lambung. Caranya kalian bisa memasaknya menjadi minuman ataupun cairan menggumpal seperti jelly. Lidah buaya diklaim mampu menyembuhkan penyakit asam lambung secara alami.

8. Jahe

Jahe

Salah satu rempah yang paling populer ini juga cocok untuk di konsumsi para pengidap asam lambung. Cara mengkonsumsinya juga sangat mudah, kalian cukup memasak jahe pada air mendidih kemudian campurkan dengan sedikit madu. Kenapa jahe baik untuk asam lambung ? karena di dalamnya terdadapat kandungan antiinflamasi.

9. Daging Non Lemak

Daging Non Lemak

Makanan untuk asam lambung yang selanjutnya adalah daging non lemak. Makanan ini tidak hanya lezat akan tetapi juga memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Kami sarankan dalam memasak daging non lemak dengan cara dikukus, direbus atau dibakar, jangan digoreng.

10. Roti

Roti

Yang terakhir kita merekomendasikan roti sebagai salah satu makanan untuk asam lambung. Makanan ini memiliki kandungan serta, vitamin dan nutrisi yang cukup banyak. Selain itu, disarankan jenis roti yang di konsumsi terbuat dari gandum atau biji-bijian.

Makanan & Minuman yang Harus Dihindari Penderita Asam Lambung

Selain beberapa makanan yang dianjurkan, kami juga memiliki informasi seputar makanan yang tidak boleh di konsumsi oleh penderit asam lambung. Apasajakah makanan tersebut ? berikut adalah jawabannya :

Makanan dan Minuman yang Harus Dihindari Penderita Asam Lambung

1. Bawang

Pertama, bagi para pengidap penyakit asam lambung kami sarankan untuk tidak mengkonsumsi segala jenis Bawang. Kenapa ? karena zat yang terdapat di Bawang bisa menimbulkan masalah pencernaan, mengakibatkan sendawa bahkan menaikkan kadar asam lambung dalam tubuh.

2. Buah Citrus ( Jeruk, Lemon dan lainnya )

Buah Citrus

Citrus merupakan kumpulan buah-buahan yang memiliki rasa masam atau mempunyai kandungan vitamin C tinggi. Meskipun vitamin C baik bagi tubuh tapi tidak bagi penderita asam lambung. Perlu diketahui jika kadar asam yang terdapt di dalam buah Citrus bisa dengan mudah memicu asam lambung.

3. Makanan Asin

Makanan Asin

Guna menjaga stabilitas kadar asam lambungĀ  di dalam tubuh kami sarankan pada semua penderita asam lambung untuk tidak menyantap masakkan yang terlalu asin. Soalnya, kandungan yang terdapat di masakkan asin bisa memicu gejala magh hingga meningkatkan kadar asam lambung.

4. Makanan Pedas

Makanan Pedas

Bagi pecinta masakkan pedas mungkin merupakan kabar buruk. Ya, menyantap masakkan pedas secara berlebih ternyata bisa memicu naiknya asam lambung di dalam tubuh. Soalnya di dalam masakkan pedas terkandung zat capcaicin atau ekstrak alkaloid yang memberikan rasa pedas yang nikmat.

5. Minuman Beralkohol

Minuman Beralkohol

Bagi kalian yang mungkin masih suka meminum minuman beralkohol, kami sarankan untuk berheneti mulai dari sekarang. Selain bisa berakibat fatal bagi jantung dan usus, minuman beralkohol juga bisa memicu asam lambung naik dan menjalar ke organ lainnya.

6. Minuman Bersoda

Minuman Bersoda

Mengkonsumsi minuman berkarbonasi atau bersoda juga tidak dianjurkan bagi pengidap asam lambung. Kandung yang tersimpan dalam segelas minuman bersoda bisa mengakibatkan asam lambung naik, ginjal rusak dan efek buruk lainnya.

7. Kopi

Kopi

Kopi merupakkan jenis minuman yang patut dihindari oleh asam lambung. Ya, minuman ini juga sering di cap sebagai pemicu utama asam lambung naik. Hal ini disebabkan kandungan kafein yang terkandung di dalam secangkir kopi cukup tinggi.

8. Cokelat

Cokelat

Meskipun rasanya nikmat, Cokelat tidak boleh di konsumsi oleh kalian para pengidap asam lambung. Pasalnya jenis makanan ini mengandung kafein dan theobromine yang bisa meningkatkan kadar asam lambung di tubuh.

9. Gorengan

Gorengan

Gorengan menjadi salah satu makanan yang tidak boleh di makan penderita asam lambung. Selain karena lemak yang terkandung di dalam gorengan bisa melemahkan otot pada katup kerongkongan. Dengan demikian asam lambung akan cepat naik lalu menjalar ke ulu hati, dada dan kerongkongan.

10. Makanan dengan Kadar Lemak Tinggi

Makanan Dengan Kadar Lemak Tinggi

Terakhir, bagi pengidap asam lambung tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan berlemak tinggi. Hal ini dikarenakan kandungan lemak di dalamnya bisa memperparah asam lambung di dalam tubuh.

Tips Terhindar Dari Penyakit Asam Lambung

Tips Terhindari Dari Penyakit Asam Lambung

Untuk menjaga kondisi tetap fit sekaligus terhindar dari penyakit asam lambung kita bisa menerapkan tips-tips berikut ini :

  • Jangan makand dengan porsi berlebih.
  • Jangan makan di jam malam ( menjelang tidur ).
  • Jangan minum kopi terlalu banyak.
  • Hindari buah-buahan yang masuk dalam kelompok Cutris.
  • Hindari makanan yang terlalu manis.
  • Perbanyak makan sayuran hijau.
  • Rajin berolah raga.

Munkin itu saja informasi yang bisa Inspired2Write.com berikan seputar makanan untuk asam lambung. Pada ulasan diatas juga telah kami informasikan terkait makanan yang berpotensi meningkatkan kadar asam lambung dalam tubuh, beberapa diantaranya adalah minuman beralkohol, kopi dan masakkan pedas. Untuk menghindari asam lambung, alangkah baiknya kalian menerapkan tips-tips diatas.

Tinggalkan komentar