6 Makanan Untuk Penderita Asam Urat : Pantangan & Anjuran

Makanan Untuk Penderita Asam Urat – Menjadi penderita asam urat tentu merupakan hal yang sama sekali tidak diinginkan. Nah, untuk mengatasinya banyak dari mereka yang menempuh jalur pengobatan modern, alternatif dan melakukan terapi.

Namun tahukah kalian jika ternya ada makanan untuk penderita asam urat yang mampu mengurangi kadar asam urat secara alami. Selain itu makanan-makanan ini juga sangat mudah kita temukan di pasaran.

[tab]

Salah satunya adalah buah Jeruk yang di dalamnya terdapat kandungan vitamin C. Kandungan tersebut yang nantinya akan mengurangi kadar asam urat sekaligus memberi nutrisi vitamin C pada tubuh. Buah ini sangat mudah ditemui di pasar swalayan.

Selain buah-buahan, kami juga memiliki sayuran hingga minuman untuk pengidap asam urat. Diantaranya ada tomat, kentang dan air seduhan teh hijau. Dengan mengkonsumi makanan tersebut secara rutin dijamin asam urat dalam tubuh akan cepat sembuh.

Daftar Makanan Untuk Penderita Asam Urat : Pantangan & Anjuran

Daftar Makanan Untuk Penderita Asam Urat Pantangan Anjuran

Disamping itu, bagi kaliang yang belum terkena penyakit asam urat bisa menerapkan beberapa tips menghindari asam urat. Baiklah, untuk lebih jelasnya langsung saja kita simak penjelasannya pada ulasan dibawah ini mengenai makanan dan minuman bagi pengidap asam urat, makanan yang harus dihindari hingga tips mencegah penyakit asam urat.

Makanan Untuk Penderita Asam Urat

Makanan Untuk Penderita Asam Urat

Seperti yang kita singgung diatas jika makanan bagi pengidap asam urat bisa dengan mudah kita beli di pasaran. Makanan tersebut terdiri dari buah-buahan dan sayur-sayuran. Sedangkan minuman untuk pengidap asam urat antara lain air putih dan air seduhan teh hijau. Nah, berikut telah kami rangkum beberapa makanan dan minuman yang baik untuk penderita asam urat :

1. Wortel

Wortel

Wortel merupakan jenis sayuran akar yang memiliki jumlah purin sangat tinggi. Oleh karena itu wortel menjadi makanan yang baik di konsumsi oleh orang yang memiliki penyakit asam urat. Soalnya purin sendiri merupakan zat yang akan dicerna dan menjadi asam urat di dalam tubuh.

2. Apel

Apel

Semua orang pasti sudah tahu mengenai buah Apel. Ya, selain rasanya yang nikmat buah Apel juga menjadi makanan yang dianjurkan untuk penderita asam urat. Hal ini dikarenakan Apel kaya akan kandungan malid acid. Zat tersebut nantinya akan menetralisir asam urat dalam tubuh.

3. Jeruk

Jeruk

Makanan yang baik untuk penderita asam urat yang selanjutnya adalah Jeruk. Di dalam buah ini terdapat kandungan vitamin C yang cukup tinggi. Dengan rutin mengkonsumsi buah jeruk mampu membantu proses pengeluaran asam urat di dalam tubuh melalui urine / air kencing.

4. Ikan Salmon

Ikan Salmon

Ikan Salmon juga diklaim mampu menurunkan kadar asam urat di dalam tubuh. Berdasarkan penelitian, ikan salmon merupakan makanan yang kaya akan Omega-3 sehingga mampu meminimalisir pembengkakan sekaligus peradangan. Selain itu, makanan ini juga rendah akan lemak jenuh.

5. Kuaci

Kuaci

Kuaci masuk dalam jenis biji-bijan yang baik di konsumsi oleh penderita asam urat. Kuaci sendiri memiliki kandungan asam float cukup banyak. Zat tersebut dipercaya mampu mengurangi kadar asam urat di dalam tubuh secara alami. Selain kuaci, kalian juga bisa mengkonsumsi kacang pinto atau sejenisnya

6. Tomat

Tomat

Selanjutnya kita mempunyai Tomat sebagai makanan yang dianjurkan untuk penderita asam urat. Ya, kita semua pasti setuju jika Tomat merupakan sayuran yang kaya akan vitamin A. Selain itu, ternyata Tomat juga memiliki kandungan purin yang cukup rendah jadi baik untuk di konsumsi penderita asam urat.

7. Brokoli

Brokoli

Selain buah jeruk, lemon dan sejenisnya, kita juga bisa menemukan kandungan vitamin C yang cukup banyak pada sayuran Brokoli. Disamping itu, untuk para penderita asam urat Brokoli bisa menjadi makanan pilihan yang tepat untuk menurunkan asam urat di dalam tubuh.

8. Kentang

Kentang

Kandungan purin di dalam sayuran Kentang juga terbilang rendah. Selain itu, Kentang juga sayuran yang kaya akan vitamin C. Oleh karena itu, bisa dipastikan jika Kentang bisa menjadi makanan yang baik untuk menurunkan kadar asam urat melalui proses alami.

9. Teh Hijau

Teh Hijau

Studi US National Library of Madicine – National Institutes of Health menyatakan bahwa mengkonsumsi minuman teh hijau secara rutin ampuh untuk mengatasi asam urat. Pasalnya teh hijau sendiri memiliki kandungan antioksidan ketekin yang mampu menghambat produksi asam urat di dalam tubuh.

Makanan & Minuman yang Harus Dihindari Untuk Penderita Asam Urat

Setelah menyimak jenis makanan dan minuman yang baik untuk penderita asam urat, dibawah ini telah kami sajikan beberapa makanan dan minuman yang tidak boleh di konsumsi oleh penderita asam urat :

1. Minuman Beralkohol

Minuman Beralkohol

Segala jenis minuman beralkohol sangat tidak dianjurkan di konsumi oleh penderita asam urat. Kandungan yang terdapat di dalamnya bisa mengakibatkan asam urat di dalam tubuh terus menyebar.

2. Daging Merah

Daging Merah

Daging merah juga merupakan jenis makanan yang harus dihindari oleh penderita asam urat. Kendapa demikian, soalnya di dalam daging merah terdapat kandungan 100 mg purin. Bahkan setelah dimasak kandungan purin di dalam daging merah akan meningkat.

3. Makanan Laut / Seafood

Makanan Laut

Kemudian bagi para penderita asam urat juga dianjurkan untuk menyantap jenis-jenis makanan laut seperti kepiting, lobster, ikan sarden dan udang. Hal tersebut dikarenakan makanan laut memiliki kandungan purin yang cukup tinggi. Selain itu, penderit asam urat masih tetap bisa mengkonsumsi makanan laut lain seperti ikan salmon dan sejenisnya.

4. Jeroan

Jeroan

Bagi para penderita asam urat tidak diperbolehkan mengkonsumsi jeroan ( ati, ampela, usus dan lain-lain ). Jenis makanan tersebut memiliki kandungan protein yang cukup banyak dan apabila diproduksi dalam tubuh akan menghasilkan purin yang cukup baik. Sedangkan purin menjadi salah satu penyebab asam urat di dalam tubuh meningkat.

5. Tahu & Tempe

Tahu dan Tempe

Tahu dan Tempe merupakan makanan yang terbuat dari kedelai olahan dan telah melewat berbagai proses. Jeniss makanan ini juga tidak baik bagi para penderit asam urat. Soalnya makanan yang telah difermentasi akan menghasilkan protein dan purin yang tinggi.

6. Makanan Cepat Saji / Fast Food

Makanan Cepat Saji

Selain dapat menimbulkan gangguan pencernaan, obesitas hingga masalah pada otak. Segala jenis makanan cepat saji juga bisa menyebabkan asam urat di dalam tubuh meningkat. Hal ini dikarenakan Fast Food menyimpan kandungan kalori berlimpah dan nutrisi yang sangat rendah.

Tips Terhindar dari Penyakit Asam Urat

Tips Terhindar Dari Penyakit Asam Urat

Memiliki tubuh yang sehat tentu menjadi dambaan semua orang, termasuk terhindar dari penyakit asam urat. Nah, untuk mencapai hal tersebut kalian bisa melakukan beberapa tips terhindar dari penyakit asam urat berikut ini :

  • Lakukan olahraga secara rutin.
  • Perbanyak minum air putih dan Teh Hijau.
  • Hindari minuman yang terlalu manis.
  • Hindari minuman beralkohol.
  • Perhatikan asupan gizi ( Daging dan Ikan ).
  • Konsumsi makanan yang mengandung protein seperti susu rendah lemak, yoghurt dan keju.
  • Jaga berat badan agar tetap ideal.

Itulah beberapa informasi yang bisa Inspired2Write sajikan mengenai makanan dan minuman untuk penderita asam urat. Selain bagus untuk mencegah asam urat, beberapa makanan bagi pegidap asam urat diatas juga ada yang baik untuk mencegah asam lambung naik, mencerahkan kulit, menyegarkan mata dan lain sebagainya.

Tinggalkan komentar