15 Makanan Yang Mengandung Vitamin C Tinggi & Sehat

Makanan Yang Mengandung Vitamin C – Seperti yang kita tau bahwa vitamin C menjadi salah satu vitamin paling di butuhkan oleh tubuh manusia. Fungsi utama vitamin C mambut meningkatkan kekebalan tubuh.

Tidak hanya itu saja, rutin mengonsumsi vitamin C dapat membantu mencegah beberapa penyakit dan virus yang masuk ke dalam tubuh, sehingga tubuh menjadi lebih sehat dan mampu beraktifitas dengan baik.

Selain mengonsumsi vitamin C anda juga perlu menambah makanan yang mengandung karbohidrat, protein, serta lemak dan makanan bergizi tambahan lainnya dan jangan lupa untuk selalu rutin olahraga.

Anda dapat menemukan beberapa makanan yang mengandung vitamin C tinggi yang mampu memenuhi kebutuhan tubuh dan menjaga daya tahan tubuh. Baik dari buah ataupun sayuran.

Daftar Makanan Yang Mengandung Vitamin C Tinggi

Daftar Makanan Yang Mengandung Vitamin C Tinggi

Advertisements

Vitamin C sangat di butuhkan untuk tubuh karena mampu membantu mengingkatkan sistem imun tubuh manusia. Dengan rajin mengonsumsi buah-buahan, sayuran atau makanan yang mengandung banyak vitamin C maka tubuh anda akan jauh lebih sehat. Penasaran dengan apa saja makanan yang mengandung vitamin C tinggi? Oleh sebab itu, Inspired2Write.com akan membahas secara lengkap di bawah ini.

Makanan Dari Buah Yang Mengandung Vitamin C

1. Jeruk

1. Jeruk

Advertisements

Perlu anda ketahui dalam satu buah jeruk mengandung kurang lebih 70 miligram vitamin C. Sehingga jumlah kandungan vitamin C tersebut mampu mencukupui kebutuhan Vitamin C per harinya. Anda dapat mengonsumsi buah jeruk secara utuh atau mengolahnya mnejadi minuman yang segar.

2. Jambu Biji

Jambu Biji

Advertisements

Jambu biji menjadi salah satu buah-buahan yang terkenal mengandung vitamin C. Untuk Vitamin C sendiri yang dibutuhkan oleh tubuh sekitar 75-90 miligram per hari.  Jambu biji mengandung sekitar 125 mg vitamin C. Jika di kalkulasikan jumlah tersebut setara dengan 140% dari kebutuhan vitamin C setiap harinya.

3. Pepaya

Jambu Biji

Advertisements

Siapa yang tidak suka dengan pepaya? buah yang memiliki rasa manis ini bermanfaat untuk membantu memperlancar BAB.  150 gram buah pepaya mengandung kurang lebih 90 miligram vitamin C. Jumlah tersebut sudah dapat memenuhi kebutuhan vitamin C per hari. Manfaat lain dari buah pepaya mampu mencegah kanker dan dimensia.

4. Stroberi

 Pepaya

Advertisements

Jika anda mengonsumsi buah strobei satu mangkuk saji atau 150 gr mengandung kurang lebih 90 mg vitamin C dan sudah memenuhi angka kebutuhan vitamin C harian. Selain itu, buah stroberi juga mengandung antioksidan tinggi berupa antosianin atau zat warna alami yang terdapat pada buah dan sayur.

5. Lemon

5. Lemon

Advertisements

Sama halnya dengan jeruk, lemon juga sangat populer di kalangan orang yang sedang diet, selain dapat membantu mempercepat proses diet. Satu lemin mentah termasuk juga dengan kulitnya, mengandung 83 miligram vitamin C serta kaya akan antioksidan dan baik untuk tubuh.

6. Leci

6. Leci

Advertisements

Pada satu buah leci terdapat hampir 7 miligram vitamin C, sedangkan per 100 gram buah leci mengandung hingga 72 miligram vitamin C. Tidak hanya itu saja, buah leci juga mengandung asam lemak omega-3 serta omega-6, yang memiliki manfaat untuk jantung, pembuluh darah, dan otak.

7. Kiwi

7. Kiwi

Advertisements

Buah yang satu ini selain memiliki warna menarik juga memiliki kandungan 71 mg vitamin C di setiap buahnya. Terdapat banyak manfaat dari buah kiwi diantaranya bisa menurunkan kolesteron, membantu mengurangi stres oksidatif, serta mampu meningkatkan kekebalan tubuh.

8. Anggur Hitam

8. Anggur Hitam

Advertisements

Anggur hitam mengandung flavonoid antioksidan yang sudah terkenal sebagai anthocyanin dan mampu mengurangi kerusakan oksidatif yang berkaitan dengan penyakit kronis seperti kanker, jantung dan lain sebagainya. Di dalam satu setengah cangkir anggur hitam atau sekitar 56 gramnya memiliki 101 mg vitamin C.

9. Cabai

9. Cabai

Advertisements

Perlu anda ketahui bahwa di dalam satu buah cabai hijau mengandung 109 mg vitamin C, sedangkan untuk satu buah cabai merah mengandung 65 mg vitamin C. Mengonsumsi cabai dalam jumlah yang wajar dapat mengurangi rasa sakit serta peradangan.

10. Paprika Kuning

10. Paprika Kuning

Advertisements

Dari jaman dulu, paprika kuning sudah dikenal memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi. Pada 75 gram atau setengan cangkir paprika kuning mampu memberikan asupan vitamin C sebesar 137 mg. Kebutuhan vitamin C memang penting bagi tubuh untuk meningkatkan sistem imun.

11. Peterseli

11. Peterseli

Advertisements

Untuk anda yang mengonsumsi dua sendok makan atau setara dengan 8 gram peterseli segar mengandung sekitar 10 miligram vitamin C. Sama dengan sayuran berdaun hijau lainnya, peterseli merupakan sumber zat besi nabati. Sehingga bagi anda penderita anemia defisiensi besi di anjurkan untuk mengonsumsei peterseli.

12. Daun Thyme

12. Daun Thyme

Advertisements

Untuk daun thyme segar mengadnung vitamin C tiga kali lipat jauh lebih banyak di bandingkan jeruk. Perlu anda ketahui 1 ons atau 28 gram daun thyme segar mengandung 45 mg vitamin C. Dengan mengonsumsi daun thyme 1-2 sendok makan yang di taburkan ke makanan dipercaya mampu memperkuat kekebalan tubuh.

13. Brokoli

13. Brokoli

Advertisements

Siapa yang tidak kenal dengan brokoli? sayuran dengan bentuk serta warna yang unik namun siapa sangka kaya akan vitamin C yang di butuhkan tubuh. Ukuran setengah cangkir brokoli yang telah di masak memberikan 51 mg vitamin C yang baik di konsumsi untuk anak-anak.

14. Kale

14. Kale

Advertisements

Mungkin sebagian dari anda masih asing dengan kale. Apabila anda mengonsumsi satu cangkir kale mentah atau cincang mengandung 80 miligram vitamin C. Untuk kale matang mengandung 53 mg vitamin C serta mampu memberikan vitamin K dalam jumlah yang cukup tinggi.

15. Sawi Hijau

Sawi Hijau 1

Advertisements

 

 

Perlu anda ketahui pada satu cangkir sawi hijau mentah mampu memberikan 195 miligram vitamin C artinya memiliki andungan vitamin C yang cukup tinggi. Apabila masakan panas akan menurunkan kadungan vitamin C di dalamnya, namun berbeda dengan satu cangkir sawi hijau yang sudah di masak masih memiliki kandungan vitamin C 117 miligram.

Manfaat Vitamin C Bagi Tubuh

Manfaat Vitamin C Bagi Tubuh

Advertisements

1. Memperbaiki Jaringan Sel Kulit

Untuk bisa membantu menjaga kesehatan kulit, adanya zat antioksidan memang sangat di butuhkan. Terpapar radikal bebas seperti sinar matahari, polusi udara dan lainnya. Sehingga mengonsumsi vitamin C memiliki fungsi untuk zat penangkal radikal bebas sehingga kesehatan kulit tetap terjaga.

2. Menjaga Kesehatan Mata

Pasti anda akan perpikir bahwa vitamin A yang sebenarnya paling di butuhkan oleh mata. Memang bagian tubuh kita yaitu mata membutuhkan vitamin A untuk tetap sehat, namun vitamin C juga memiliki peran yang penting guna mencegah terjadinya rabun, tumor mata, dan katarak.

3. Membantu Menurunkan Resiko Serangan Jantung

Menurut WHO atau World Health Organization, serangan jantung menjadi penyakit serta pembunuh pertama di dunia yaitu meraih 29% kematian secara global setiap tahunnya. Apabila anda rajin mengonsumsi vitamin C maka mampu meningkatkan kadar dalam tubuh serta mengurangi penebalan di pembuluh darah arteri jantung.

4. Mencegah Penuaan Dini

Bagi wanita, adanya kerutan di wajah memang sangat menganggu. Dengan mengonsumsi vitamin C mampu menghambat sel-sel yang menua sehingga dapat mencegah penuaan dini baik untuk laki-laki ataupun wanita. Untuk vitamin C sendiri memang lebih familiar di kalangan wanita.

5. Mencegah Penyakit serta Melawan Sel Kanker

Vitamin C yang anda konsumsi mampu menjadi penghalang bagi tubuh untuk melawan penyakit serta sel kanker karena memiliki fungsi membantu penyerapan zat besi. Fungsi utama dari vitamin C adalah menjadi antioksidan yang berfungsi meningkatkan kekebalan tubuh manusia.

Itulah makanan yang mengandung vitamin C tinggi yang di butuhkan oleh tubuh manusia. Tubuh tidak hanya membutuhkan vitamin C saja, anda bisa mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin E yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Tinggalkan komentar