10 Ciri Ciri Kesimpulan yang Baik Beserta Contohnya

Ciri Ciri Kesimpulan yang Baik – Dalam materi tema 1 kelas 6 SD, kalian telah belajar tentang ciri ciri kesimpulan. Bagi yang belum tahu, kesimpulan merupakan kalian yang disampaikan dari beberapa paragraf bacaan.

Kesimpulan biasanya dijadikan hasil informasi akhir yang penting dari sebuah bacaan. Kesimpulan diperoleh dengan menentukan ide pokok dalam kalimat utama dan informasi penting di kalimat penjelas.

Kesimpulan biasanya berisi pesan yang ingin disampaikan kepada para pembaca. Penulisan kesimpulan haruslah menggunakan bahasa yang baik dan benar sesuai kosakata baku.

Menulis kesimpulan, tidak bisa dilakukan sembarangan, kalian mesti harus membuat kesimpulan dengan baik. Adapun ciri ciri kesimpulan yang baik dan benar, akan kami informasikan pada ulasan di bawah ini.

Pengertian Kesimpulan

Pengertian Kesimpulan
Advertisements

Secara umum, kesimpulan adalah proposisi yang diambil dari beberapa ide pemikiran dengan aturan-aturan yang berlaku. Dengan kata lain, kesimpulan adalah sebuah gagasan yang tercapai pada akhir pembicaraan.

Adapun selain pengertian di atas, berikut adalah pengertian kesimpulan menurut para ahli.

1. USC Libraries

Menurut USC Libraries,kesimpulan yaitu ringkasan untuk membantu pembaca memahami mengapa penelitian penting bagi pembaca. Kesimpulan bukan hanya ringkasan dari topik utama atau pernyataan ulang, namun sebuah sintetis poin-poin utama.

2. Vocalubury

Sedangkan Vocalubury berpendapat, bahwa kesimpulan adalah sebuah bagian yang berada di posisi paling akhir suatu hal atau menjadi akhir dari sebuah hasil.

3. KBBI

Sementara dalam KBBI, kesimpulan merupakan sebuah keputusan yang didapatkan berdasarkan cara berfikir deduktif maupun induktif dari suatu pembahasan atau gagasan tertentu.

4. Merriam Webster

Lalu, menurut Merriam Webster kesimpulan diartikan sebagai penilaian yang dapat masuk dalam akan pikiran seseorang. Kesimpulan ini dibutuhkan ketika ada dua atau preposisi dari beberapa premis (ide pokok).

5. Cambridge Rindge & Latin School

Kesimpulan diartikan sebagai paragraf paling akhir dari sebuah makalah hasil penelitian maupun bagian paling belakang sebuah presentasi jenis lain. Pada bagian inilah seseorang bisa mendapatkan inti dari pembahasan yang disajikan sebelumnya.

Ciri Ciri Kesimpulan yang Baik

Ciri Ciri Kesimpulan yang Baik
Advertisements

Sebuah kesimpulan dikatakan baik dan benar, bisa dilihat dari isi maupun tata bahasa yang digunakan. Kesimpulan yang baik memiliki beberapa ciri ciri tertentu.

Dimana kesimpulan dengan ciri ciri yang sesuai saja yang bisa dikatakan baik. Adapun ciri ciri kesimpulan sebuah bacaan atau makalah yang baik dan benar yaitu sebagai berikut ini.

  1. Terdapat pesan yang ingin disampaikan kepada pembaca.
  2. Menggunakan bahasa yang baik dan benar sesuai kosakata baku.
  3. Kesimpulan dimulai dari khusus ke umum.
  4. Kesimpulan tidak menggunakan kalimat berbelit-belit.
  5. Isi kesimpulan merupakan fakta dan jelas.
  6. Tersusun dari ide pokok dan informasi penting dari kalimat penjelas.
  7. Mengungkap kembali kalimat tesis, tapi tidak memakai kata-kata yang sama.
  8. Diakhiri dengan pendapat yang meringkas.
  9. Jika sesuai, hal tersebut memberikan pendapat, prediksi atau memberikan solusi.
  10. Memakai kata transisi ringkasan.

Itulah ciri ciri kesimpulan yang baik. Nah, ciri ciri kesimpulan di atas, hampir sama seperti CIRI CIRI TEKS DESKRIPSI, namun kedua bagian ini berbeda meskipun keduanya sama sama menyimpulkan inti sebuah hal ataupun penelitian.

Contoh Kesimpulan yang Baik

Contoh Kesimpulan yang Baik
Advertisements

Pada saat membuat kesimpulan, tidak ada salahnya untuk mengetahui susunan kesimpulan yang baik dengan contoh kalimat kesimpulan. Adapun contoh kesimpulan yang sudah lolos dalam penulisan skripsi, makalah dan karya tulis lainnya yaitu sebagai berikut.

Contoh Kesimpulan Makalah yang Baik

Bahasa indonesia adalah bahasa resmi negara Indonesia sebagaimana yang telah disebutkan dalam Undang-Undang Dasar 1945 pasal 36 bahwa “Bahasa Negara adalah bahasa Indonesia“. Dimana sejarah Bahasa Indonesia telah tumbuh dan berkembang sejak abad ke VII dari bahasa Melayu.

Bahasa indonesia berkembang sebagai jati diri bangsa bermulai dari Sumpah Pemuda yang di ikrarkan pada tanggal 28 Oktober 1028 yang akhirnya secara yuridis pada tanggal 18 Agustus 1945 secara resmi ditetapkan melalui UUD 1945 pasal 36.
Advertisements

Contoh Kesimpulan Skripsi yang Baik

Penggunaan teknologi informasi pada masa kini sangat dibutuhkan untuk mengakses informasi dengan mudah dan cepat. Oleh karena itu dibuatlah aplikasi TtM untuk memperkenalkan pariwisata di Malang Raya. Inovasi teknologi dapat menunjang sektor pariwisata. Oleh karena itu, pembuatan aplikasi TtM akan mempermudah para wisatawan asing untuk mendapatkan informasi mengenai pariwisata di Malang Raya. Aplikasi Ttm mendapat respon positif dari wisatawan asing karena sangat membantu mereka dalam berwisata di wilayah Malang Raya karena memuat informasi detail mengenai destinasi.
Advertisements

Cara Membuat Kesimpulan yang Baik

Cara Membuat Kesimpulan yang Baik
Advertisements

Dalam penulisan esai, kesimpulan terletak pada paragraf terakhir dari sebuah bacaan. Fungsi kesimpulan yaitu merangkum gagasan dan fakta yang telah dijabarkan pada paragraf isi. Adapun untuk membuat kesimpulan yang baik yaitu sebagai berikut.

  1. Memahami gagasan pokok setiap paragraf.
  2. Membuat runutan pemikiran dari gagasan pokok pertama hingga terakhir agar lebih mudah dituangkan dalam bentuk kesimpulan.
  3. Menggunakan teknik parafrasa untuk menghindari penyampaian yang sama dari yang sudah dikemukaan pada gagasan pokok isi paragraf.

Nah, itulah informasi dari Inspired2write.com terkait ciri ciri kesimpulan yang baik beserta contohnya. Demikian, semoga informasi di atas bermanfaat untuk kalian semua.

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.