10 Ciri Ciri Kalimat Efektif : Pengertian, Syarat, Unsur, Struktur & Contoh

Ciri Ciri Kalimat Efektif – Setiap gagasan, pikiran atau konsep yang dimiliki oleh seseorang pada prakteknya harus dituangkan dalam bentuk kalimat. Tanpa teori itupun, seseorang bisa membuat sebuah kalimat.

Namun, apakah kalimat yang dibuat sudah benar dan memenuhi kaidah-kaidah yang berlaku? Kalimat yang jelas dan baik akan dengan mudah dipahami oleh seorang pembaca secara tepat.

Kalimat yang disusun berdasarkan kaidah-kaidah yang berlaku, dapat dikatakan sebagai kalimat efektif. Sebuah kalimat efektif harus mewakili pikiran dan keinginan penulis atau pembicara itu sendiri.

Kalimat efektif sangat diperlukan untuk membuat pembaca mengerti informasi yang dibaca dengan kejelasan kalimat yang baik dan tidak bertele-tele. Untuk lebih memahami lagi, berikut ciri ciri kalimat efektif.

Pengertian Kalimat Efektif

Pengertian Kalimat Efektif
Advertisements

Kalimat efektif merupakan sebuah susunan kata yang memiliki kaidah kebahasaan yang baik dan benar. Kaidah dari kalimat efektif ini adalah kaidah bahasa Indonesia menurut ejaan yang disempurnakan atau sesuai EYD.

Kaidah-kaidah tersebut meliputi : unsur-unsur penting yang ada dalam kalimat, aturan-aturan tentang ejaan yang disempurnakan, dan cara-cara memilih kata dalam kalimat.

Kalimat efektif berfungsi untuk menyampaikan gagasan, ide, pesan maupun informasi secara jelas dan tepat, sehingga pembaca mengerti sekaligus memahami maksud informasi yang dibaca.

Ciri Ciri Kalimat Efektif

Ciri Ciri Kalimat Efektif
Advertisements

Seperti halnya CIRI CIRI KALIMAT PERINTAH, menunjukan kalimat tersebut adalah sebuah perintah atau bukan, ciri ciri kalimat efektif juga akan menunjukan sebuah kalimat dikatakan efektif atau tidak. Hanya kalimat dengan ciri ciri sama, yang bisa dikategorikan sebagai kalimat efektif.

Tidak semua kalimat yang dibuat bisa dikatakan sebagai kalimat efektif. Lantas apa saja ciri ciri kalimat efektif? Adapun ciri cirinya yaitu sebagai berikut.

  1. Memuat unsur kalimat dengan lengkap dan tepat. Unsur tersebut meliputi, subjek, predikat, objek dan keterangan.
  2. Memenuhi ejaan dan kaidah kebahasaan yang baku.
  3. Memilih diksi dengan tepat.
  4. Memadankan struktur bahasa dengan jalan pikiran logis dan sistematis.
  5. Ide pokok tersampaikan dengan jelas.
  6. Menggunakan kata dengan tepat dan tidak bertele-tele.
  7. Memanfaatkan variasi struktur kalimat.
  8. Memiliki kesamaan bentuk kata atau makna yang dipakai dalam kalimat.
  9. Tidak menggunakan kata atau frasa yang tidak diperlukan.
  10. Mengandung satu gagasan atau ide.

Syarat Kalimat Efektif

Syarat Kalimat Efektif
Advertisements

Tak hanya memiliki ciri ciri seperti di atas, sebuah kalimat dikatakan efektif haruslah memenuhi syarat syarat sebagai berikut.

1. Kebenaran

Kalimat efektif haruslah merujuk pada penulisan yang baik dan benar sesuai ejaan dan kaidah kebahasaan. Kaidah kebahasaan harus ketat mengikuti tata bahasa baku.

2. Kepaduan

Kepaduan sangat berjaitan dengan logika kalimat. Pilihan kata dalam menyusun sebuah kalimat harus padu, sehingga kalimat menjadi utuh dan tidak sumbang atau rancu.

Unsur Kalimat Efektif

Unsur Kalimat Efektif
Advertisements

Sesuai ciri cirinya, kalimat efektif harus memuat unsur kalimat dengan lengkap dan tepat. Unsur kalimat efektif meliputi subjek, predikat, objek dan keterangan.

Syarat untuk membuat kalimat bisa terpenuhi dengan unsur dan predikat, namun dalam kalimat efektif kehadiran objek atau keterangan sangat diperlukan agar kalimat terkesan utuh. Adapun penjabaran unsur kalimat efektif yaitu sebagai berikut.

  • Subjek : Bagian kalimat untuk menunjukan pelaku yang tepat dapat berupa orang, tempat maupun benda.
  • Predikat : Bagian kalimat yang merujuk pada apa yang dilakukan oleh subjek, biasanya berbentuk kata kerja.
  • Objek : Bagian kalimat yang menunjukan sesuatu atau benda sebagai sasaran, biasanya berupa nomina.
  • Keterangan : Kalimat untuk menunjukan tujuan cara, waktu, tempat, atau sebab-akibat dan biasanya ditandai dengan penggunaan konjungsi atau kata penghubung.

Struktur Kalimat Efektif

Struktur Kalimat Efektif
Advertisements

Dalam membuat kalimat, selain harus memiliki ciri ciri di atas dan memenuhi syarat serta unsur kalimat, penulisan juga harus dilakukan secara terstruktur.

Struktur kalimat efektif mengikuti jenis kalimat itu sendiri. Dimana struktur penempatan subjek, predikat, objek serta keterangan menyesuaikan jenis kalimat yang akan disusun.

Selama syarat menyusun kalimat efektif dipenuhi, maka strukturnya tinggal menyesuaikan jenis kalimat. Dengan kata lain, ketika membuat kalimat sesuai syarat dan mengandung ciri ciri kebahasaan, maka strukturnya telah tersusun.

Contoh Kalimat Efektif

Contoh Kalimat Efektif
Advertisements

Setelah mengetahui, pengertian, ciri, syarat, unsur dan strukturnya. Lalu bagaimana kalimat efektif tersebut? Nah, berikut beberapa contoh dari kalimat efektif.

  1. Guru-guru sudah hadir di rapat itu.
  2. Taman itu merupakan tempat favorit ibu.
  3. Di sekolahku terdapat berbagai jenis bunga.
  4. Pihak sekolah memasang CCTV untuk menjaga keamanan sekolah.
  5. Ibu belanja buah, sayur, daging di pasar.
  6. Ibu memasak ayam goreng di dapur.
  7. Fajar belajar giat untuk ujian.
  8. Yuli memotong mentimun dengan cepat.
  9. Guru membagikan buku pelajaran kepada siswa kelas II.
  10. Wahyu siswa teladan di sekolah.

Itulah beberapa ciri ciri kalimat efektif lengkap beserta pengertian, syarat, unsur, struktur dan contohnya yang dapat Inspired2write.com sajikan. Dengan informasi di atas, diharapkan Anda bisa memilah dan membuat mana kalimat efektif dan mana yang bukan kalimat efektif. Sekiranya cukup sekian, semoga informasi di atas bermanfaat.

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.