25 Contoh Teks Eksposisi Beserta Strukturnya : Pendidikan & Kesehatan

Contoh Teks Eksposisi – Dalam kehidupan sehari-hari kita sering membaca berita, baik di majalah maupun surat kabar. Penyusunan berita tersebut, teks eksposisi berperan pentinga dalam mengemas berita menjadi lebih terstruktur dan menarik.

Teks Eksposisi adalah salah satu jenis pengembangan paragraf dalam penulisan. Teks ini ditulis dengan tujuan untuk menjelaskan atau memberikan pengertian dengan penulisan yang akurat dan singkat berdasarkan kaidah penulisan yang benar.

Teks eksposisi ini berupa pendapat (tesis) yang dikuatkan dengan argumen-argumen logis dan fakta untuk memperkuat karangan. Karangan eksposisi bersifat ilmiah atau NONFIKSI. Sumber pembuatan karangan eksposisi diperoleh dari hasil pengamatan, penelitian atau pengalaman.

Umumnya paragraf eksposisi berupa paragraf yang berisi penjelasan terkait sebuah topik yang bertujuan untuk memberikan informasi kepada pembaca. Nah, untuk lebih jelasnya terkait karangan eksposisi, ada baiknya anda simak contok teks eksposisi di bawah ini.

Contoh Teks Eksposisi Beserta Strukturnya Tentang Kesehatan, Pendidikan & Lingkungan

Contoh Teks Eksposisi Beserta Strukturnya Tentang Kesehatan Pendidikan Lingkungan
Advertisements

Teks Eksposisi menyajikan karangan yang didalamnya berisi informasi dan pengetahuan yang akurat. Karangan teks eksposisi dapat diketahui lebih mudah dari ciri-cirinya. Ciri-ciri utama dari teks eksposisi adalah berusaha menjelaskan suatu topik dengan gaya penulisan yang informatif menggunakan fakta.

Dengan begitu pembaca berita akan lebih mudah menangkap informasi yang disampaikan dalam berita tersebut. Dalam karangan eksposisi, penyusunan karangan harus dilakukan dengan struktur yang benar. Adapun struktur teks eksposisi, silahkan simak ulasan sebagai berikut.

Struktur Teks Eksposisi

Teks eksposisi disusun dengan struktur yang terdiri dari pendapat (tesis), argumentasi serta penegasan ulang. Bagian tesisi biasanya berisi tentang pendapat yang dikemukakan oleh penulis. Sedangkan, bagian argumen berisi tentang alasan-alasan yang mendukung pernyataan penulis.

Bagian penegasan ulang berisi pengulangan pernyataan yang digunakan untuk meyakinkan pembaca tentang kebenaran pernyataan pendapat (tesis). Adapun struktur teks eksposisi yakni sebagai berikut.

1. Pembukaan

Pembukaan adalah bagian yang berisi pandangan awal untuk menempatkan topik dalam suatu konstelasi yang relevan. Pembukaan atau pandangan awal ini bersifat opsional, yang memiliki maksud boleh ada dan boleh tidak. Dengan kata lain, penyusunan teks ekposisi boleh menggunakan pembukaan ataupun tidak menggunakan pembukaan, sehingga langsung ke bagian pendapat (tesis).

2. Pendapat (Tesis)

Tesis adalah bagian yang berisi pendapat penulis tentang sebuah topik yang dipermasalahkan. Bagian ini menjelaskan tentang prediksi atau perkiraan sang penulis. Namun, perkiraan tersebut buka merupakan perkiraan yang tanpa landasan semata, tetapi perkiraan tersebut harus memiliki landasan berdasarkan fakta yang nyata.

3. Argumentasi

Argumentasi atau argumen merupakan bagian yang berupa alasan sebagai bukti untuk mendukung tesis penulis. Dalam mengemukaan argumen, sebaiknya penulis berdiri dalam 1 posisi saja. Selain itu, argumen biasanya juga berisi sanggahan tesis yang telah ditulis pada bagian awal.

4. Penegasan Ulang

Di bagian penegasan ulang ini berisi informasi yang memperkuat pandangan atas suatu fakta yang telah ditulis pada bagian tesis. Dengan kata lain bagian penegasan ulang ini disebut juga kesimpulan.

Ciri Ciri Kebahasaan Teks Eksposisi

Ciri Ciri Kebahasaan Teks Eksposisi
Advertisements

Penggunaan bahasa indonesia dalam teks eksposisi ditandai dengan penggunaan konjungsi. Penulisanm teks eksposisi ditulis menggunakan bentuk kalimat tunggal dan kalimat majemuk.

  • Kalimat Tunggal hanya terdiri atas satu subjek, satu predikat dan objek atau keterangan.
  • Kalimat Majemuk terdiri atas satu subjek atau lebih dari dua predikat atau lebih.
  • Penulisan kata harus menggunakan kata-kata baku.
  • Dalam penulisan teks eksposisi harus dibentuk dengan imbuhan.
  • Dalam pemakaian kata, di dalam bahasa diperlukan juga kelompok kata untuk menyusun sebuah kalimat.

Contoh Teks Eksposisi

Ada banyak teks eksposisi yang bisa anda buat. Nah, untuk contoh teks eksposisi tentang kesehatan, pendidikan, linkungan, Covid-19, berita dan lain sebagainya, silahkan download pada link di bawah ini.

Link Download : KUMPULAN CONTOH KARANGAN TEKS EKSPOSISI.

Dalam file tersebut tersedia berbagai contoh karangan tek eskposisi dengan berbagai tema dan pembahasan.

Itulah informasi yang dapat inspired2write.com sajikan untuk anda. Semoga informasi di atas bermanfaat.

Tinggalkan komentar