Ciri Ciri Teks Eksplanasi : Pengertian dan Strukturnya

Ciri ciri Teks Eksplanasi – Teks eksplanasi merupakan teks yang berisi tentang proses terjadinya suatu peristiwa, baik itu peristiwa sosial atau peristiwa alam yang terjadi di sekitar kita. Informasi yang terdapat di dalam teks eksplanasi berasal dari hasil pengamatan, dirasakan, dan dijadikan sebagai pembelajaran oleh para pembacanya.

Tujuan dari teks eksplanasi yaitu memaparkan suatu fenomena yang terjadi serta menjelaskan sebab-akibat yang ditimbulkan dari fenomena tersebut. Nah, artinya pembaca teks eksplanasi harus bisa memahami informasi yang terdapat di dalam teks eksplanasi tersebut dan informasi dapat di sampaikan dengan jelas.

Di harapkan para pembaca paham runtutan kejadian dari sebuah fenomena alam atau sosial yang terjadi. Teks eksplanasi memang berisi fakta yang bisa menjawab pertanyaan seperti “bagaimana” dan “mengapa” dari sesuatu fenomena yang terjadi di sekitar kita baik fenomena sosial ataupun fenomena alam.

Hal yang perlu anda ketahui tentang teks eksplanasi yaitu menjelaskan secara ilmiah proses dan sebab terjadinya suat fenomena dan menggunakan ragam bahasa yang baku dan bersifat universal. Pemaparan dari informasi tersebut mudah di mengerti oleh pembaca sehingga informasinya tersampaikan dengan akurat.

Ciri ciri Teks Eksplanasi Lengkap Dengan Pengertian dan Strukturnya

Ciri ciri Teks Eksplanasi Lengkap Dengan Pengertian dan Strukturnya

Advertisements

Setelah anda mengetahui sedikit tentang teks eksplanasi rasanya kurang lengkap apabila kita tidak membahas apa saja ciri, struktur, dan pengertian dari teks eksplanasi itu sendiri. Untuk mempersingkat waktu dan lebih jelasnya, silahkan anda simak ulasan lengkap di bawah ini.

Ciri ciri Teks Eksplanasi

Ciri ciri Teks Eksplanasi

Di dalam pembahasan teks ekplanasi menggunakan konteks ilmiah melalui beberapa pemaparan, klasifikasi, definisi, dan juga kebiasaan. Informasinya bisa berupa fakta-fakta empiris, rangkaian peristiwa dan data statistik. Berikut ciri-ciri teks eksplanasi :

  • Ilmiah

Ilmiah yang dijelaskan di dalam teks eksplanasi berdasarkan konteks berupa realita, fakta, teori, dan penelitian. Penjelasan bisa berupa sejarah, klasifikasi, atau definisi.

  • Logis

Logis adalah penjelasan fenomena yang bersifat logis dan teoritis.

  • Objektif

Penjelasan di dalam teks bisa disertai dengan argumen yang bersifat objektif dan di dukung teori yang relevan, sehingga bisa dijadikan rujuan yang cukup valid.

  • Bukan Teks Eksposisi

Perlu anda ketahui teks eksplanasi tidak bertujuan untuk mempengaruhi pembaca, namum memaparkan fakta sesuai bidang keilmuan

  • Bukan Teks Prosedur

Teks eksplanasi hanya menjelaskan proses alami, tidak disadari, dan melalui jangka waktu yang cukup panjang.

Struktur Teks Eksplanasi

Struktur Teks Eksplanasi

1. Pernyataan Umum

Pada bagian pernyataan umum biasanya menjelaskan tentang latar belakang dan tinjauan umum topik yang bisa berupa definisi, sejarah, asal-usul, dan klasifikasi. Bagian teks ini berupa gambaran secara umum mengenai apa, mengapa dan juga bagaimana proses peristiwa terjadi.

2. Deretan Penjelasan

Bagian ini berisi perincian proses ataupun sebab terjadinya sesuatu fenomena yang mencakup akibat dari dampak yang ditimbulkan.

3. Interprestasi

Pada bagian interprestasi berisi penafsiran penulis tentang topik dengan perspektif tertentu yang lebih meluas dan menyeluruh dan menjelaskan kolerasi peristiwa yang menyertainya.

4. Kesimpulan

Bagian kesimpulan berisi akhir teks tanggapan dari penulis dalam menyikapi fenomena berupa pernyataan relektif yang bersifat umum.

Itulah pembahasan mengenai teks eksplanasi lengkap dengan struktur dan pengertiannya yang telah inspired2write.com sampaikan untuk anda sehingga dapat dipelajari serta lebih mengetahui tentang apa itu teks eksplanasi secara jelas dan detail.

Tinggalkan komentar