12 Ciri Ciri Teks Deskripsi : Pengertian, Jenis, Struktur & Contoh

Ciri Ciri Teks Deskripsi – Dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia, ada banyak jenis teks yang bisa dipelajari dan ditemui sehari-hari pada saat membaca. Dalam sebuah bacaan biasanya terdapat teks deskripsi, eksposisi dan eksplanasi dan beberapa teks lainnya.

Setiap jenis teks dalam bacaan memiliki ciri ciri masing-masing yang membedakan antara satu teks dengan teks lainnya. Nah, pada kesempatan kali ini inspired2write.com akan memberikan informasi tentang ciri ciri sebuah teks dalam bacaan yaitu teks deskripsi.

Tahukah kalian apa itu teks deskripsi? Mungkin teks deskripsi sudah sering didengar. Namun, apakah kalian sudah mengetahui pengertian, ciri ciri, jenis, struktur serta contoh teks deskripsi? Jika belum, maka simak artikel inspired2write ini hingga akhir.

Teks deskripsi atau gagasan utama sebuah bacaan adalah sebuah teks untuk menggambarkan suatu objek, sehingga pembaca seakan bisa melihat, mendengar dan merasakannya. Lalu, apa ciri cirinya? Simak selengkapnya pada informasi mendalam di bawah ini.

Pengertian Teks Deskripsi

Pengertian Teks Deskripsi
Advertisements

Pengertian teks deskripsi terbagi menjadi 2 versi yakni pengertian secara umum dan menurut para ahli. Adapun informasi lengkap terkait pengertian deskripsi yaitu sebagai berikut.

A. Pengertian Teks Deskripsi Secara Umum

Apa itu teks deskripsi? Teks deskripsi merupakan sebuah teks yang menggambarkan sebuah objek dengan kata-kata yang mampu merangsang indra pembaca. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kata deskripsi diartikan sebagai pemaparan atau penggambaran objek dengan kata-kata secara jelas dan terperinci.

Teks deskripsi bertujuan untuk menggambarkan suatu objek, sehingga pembaca bisa melihat, mendengar ataupun merasa objek yang digambarkan. Objek yang dideskripsikan bisa berupa makhluk hidup, benda maupun tempat.

Teks ini melakukan penggambaran dengan melibatkan panca indra mulai dari pendengaran, penglihatan, penciuman, pengecapan hingga perabaan. Paragraf deskripsi biasanya menjelaskan ciri ciri objek mulai dari warna, ukuran, bentuk hingga keadaan suatu objek secara rinci.

B. Pengertian Teks Deskripsi Menurut Para Ahli

Selain itu, para ahli juga berpendapat tentang deskripsi. Berikut pengertian deskripsi menurut beberapa ahli terkemuka.

1. Henry Guntur Tarigan

Menurut Henry Guntur Tarigan pengertian teks deskripsi adalah tulisan yang dapat melukiskan sebuah kisah dengan tujuan untuk mengajak pembaca agar memahami, merasakan dan menikmati objek yang dikisahkan.

2. Felicia Nuradi Utorodewo

Sementara Felicia Nuradi Utorodewo berpendapat, bahwa teks deskripsi adalah suatu tulisan yang bertujuan untuk menggambarkan objek pengamatan, sifatnya, rasanya hingga coraknya dengan mengandalkan panca indra dalam menguraikannya.

3. Gorys

Sedangkan menurut Gorys pengertian deskripsi diartikan sebagai sebuah wacana yang digunakan untuk menyampaikan objek pembicaraan, sehingga pembaca bisa melihat sendiri objek tersebut secara langsung.

Ciri Ciri Teks Deskripsi

Ciri Ciri Teks Deskripsi
Advertisements

Seperti yang telah kami singgung sebelumnya, bahwasanya setiap teks dalam bacaan memiliki ciri masing-masing. Berbeda dengan CIRI-CIRI TEKS EKSPLANASI, ciri ciri teks deskripsi bisa pahami dari berbagai segi, yaitu sebagai berikut.

A. Ciri Ciri Teks Deskripsi Secara Umum

Secara umum, ciri ciri deskripsi yaitu sebagai berikut.

  1. Berisi penjelasan atau penggambaran sebuah objek.
  2. Dalam menggambarkan atau menjelaskan objek, penulis harus memberikan detail yang terperinci agar tidak menimbulkan makna ganda, sehingga pembaca lebih mudah memahami penjelasan tersebut.
  3. Pemaparan deskripsi harus membuat pembaca seakan ikuti melihat, mendengar, mengalami langsung maupun merasakan apa yang telah disajikan dalam bacaan.
  4. Penjelasan terkait warna, ukuran, bentuk dan ciri fisik dari objek harus dicantumkan agar pembaca dapat memiliki bayangan terhadap objek yang dideskripsikan sebelum melihatnya terlebih dahulu.

B. Ciri Ciri Teks Deskripsi dari Segi Tujuan, Isi Teks dan Objek

Ciri ciri teks deskripsi dapat dilihat dari tujuan, isi teks, dan objek yang dideskripsikan yaitu sebagai berikut.

  1. Objek teks deskripsi bersifat khusus dengan ciri ciri tertentu yang berbeda antara objek satu dengan objek lainnya.
  2. Tujuan teks deskripsi adalah menggambarkan objek dengan cara terperinci secara subjektif atau melukiskan kondisi objek dari sudut pandang penulis, sehingga pembaca seolah-olah melihat, mendengar atau mengalami apa yang dideskripsikan.
  3. Isi teks deskripsi diperinci menjadi perincian bagian-bagian objek, sehingga isi teks deskripsi banyak menggunakan kata-kata khusus. Isi teks deskripsi bersifat personal dengan kandungan emosi sehingga menggunakan kata sinonim dengan emosi kuat.

C. Ciri Ciri Teks Deskripsi dari Segi Penggunaan Bahasa

Sedangkan, dilihat dari segi penggunaan bahasa deskripsi mempunyai ciri ciri sebagai berikut.

  1. Menggunakan kata-kata sinonim dengan emosi kuat.
  2. Menggunakan kalimat rinci dalam menggambarkan objek.
  3. Menggunakan kata-kata khusus untuk menjelaskan isi sebuah objek.
  4. Teks deskripsi yang memunculkan kata ganti orang.
  5. Menggunakan majas, sehingga memberikan gambaran lebih konkret.

Jenis Teks Deskripsi

Jenis Teks Deskripsi
Advertisements

Tak hanya mempunyai ciri ciri yang dapat dilihat dari berbagai segi. Berdasarkan objeknya, teks deskripsi dibedakan menjadi 3 jenis, yaitu sebagai berikut ini.

1. Teks Deskripsi Subjektif

Teks deskripsi Subjektif adalah kalimat deskripsi yang penggambaran objeknya mengikuti kesan yang dimiliki oleh penulis.

2. Teks Deskripsi Spasial

Teks deskripsi Spasial adalah teks yang digunakan untuk untuk menggambarkan objek meliputi benda, ruang, tempat, dan lain sebagainya.

3. Teks Deskripsi Objektif

Teks deskripsi Objektif adalah teks deskripsi yang pembuatannya dilandasi kenyataan obyektif tanpa ada penambahan opini dari penulisnya.

Struktur Teks Deskripsi

Struktur Teks Deskripsi
Advertisements

Teks deskripsi mempunyai 3 unsur yang berfungsi sebagai struktur pembangunnya. Struktur-struktur itu sebagai berikut:

  • Identifikas, pada bagian identifikasi berisi mengenai penentuan dari identitas seseorang, benda, ataupun objek lainya.
  • Klasifikasi, merupakan suatu unsur penyusun yang memiliki sistem dalam kelompok menurut kaidah atau standar yang sebelumnya sudah ditetapkan.
  • Bagian Deskripsi, di dalamnya berisi mengenai gambaran atau penjelasan suatu objek, atau topik yang terdapat pada teks tersebut.

Kaidah Kebahasaan Teks Deskripsi

Kaidah Kebahasaan Teks Deskripsi
Advertisements

Disamping itu, teks deskripsi mesti harus menggunakan penggunaan bahasa sesuai kaidah kebahasaan seperti berikut.

  1. Menggunakan kata yang mengacu pada nama objek serta kata ganti persona.
  2. Menggunakan kata kerja kopula diantaranya adalah, ialah, merupakan, yaitu.
  3. Menggunakan verba material atau kata kerja yang menunjukan tindakan fisik.
  4. Gunakan adjektiva atau kata sifat untuk menggambarkan objek.

Contoh Teks Deskripsi

Contoh Teks Deskripsi
Advertisements
Kelinci

Kelinci adalah hewan mamalia asalnya dari famili Leporidae. Hampir disetiap negara, kita bisa menemukan banyak kelinci dengan jenis yang bergam tentunya, mulai dari daratan Amerika hingga ke ujung Indonesia.

Sementara itu, dulunya kelinci ini merupakan hewan yang tergolong kedalam hewan liar yang tinggal berada di daerah-daerah Afrika serta daratan Eropa.

Nama kelinci sendiri berasal dari bahasa Belanda yakni, Konijntje, yang memiliki arti “anak kelinci”. Dari fakta itu, kita tahu jika kelinci yang ada di Indonesia sudah dikenal sejak zaman penjajahan Belanda. Kelinci ini memiliki telinga yang panjang.

Kedua telinganya tersebut dapat tumbuh hingga mencapai lebih dari 10 cm, dan mungkin saja, bahwa telinga yang panjang itu adalah hasil dari adaptasi aktivitas mereka dalam mendeteksi predator. Karena memang fungsi utama dari telinganya adalah untuk mendengarkan suara.

Kemudian juga, dengan telinga panjangnya, kelinci mampu menjaga panas atau suhu tubuhnya saat masuk ke musim dingin. Kaki kelinci merupakan hewan yang sangat kuat, dengan menggunakan kaki belakangnya, kelinci mampu melompat dengan jangkauan yang begitu jauh.

Mereka bisa menghentakkan kaki belakangnya mereka sehingga lompatan tersebut bisa setinggi 1 meter, bahkan jauhnya bisa juga sampai 3 meter. Dengan menggunakan kaki belakangnya juga, mereka dapat berdiri sangat tinggi serta mengintai apakah terdapat predator atau tidak.

Kemudian, jika ada predator yang hendak datang, maka kelinci mulai menggetarkan kaki belakang mereka, sebagai tanda peringatan kepada teman-temannya yang lain.
Advertisements

Itulah beberapa ciri ciri teks deskripsi lengkap dengan pengertian, jenis, struktur dan contoh dari inspired2write.com. Mungkin itulah informasi yang dapat kami sajikan, semoga artikel di atas menambah wawasan kamu dan bisa menjadi ilmu yang bermanfaat.

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.