4 Ciri Ciri Teks Ulasan : Pengertian, Jenis dan Strukturnya

Ciri ciri Teks Ulasan – Teks ulasan adalah suatu teks yang isinya terdiri dari penilaian atau biasanya disebut juga dengan review dari suatu karya seperti, buku, novel, film, dan lain sebagainya.

Teks ulasan biasanya sering disebut juga dengan istilah review dan resensi. Saat seorang mengulas suatu karya juga harus dilakukan secara kritis sehingga nantinya hasil ulasan bisa memberikan kontribusi pada karya.

Demi kemajuan suatu karya memang perlu adanya ulasan dari seorang pengulas yang berisi informasi seperti kelebihan dan kekuarangan dari suatu karya baik film, novel, buku, ataupun karya lainnya.

Biasanya, sebuah teks ulasan ditulis dalam bentuk artikel yang biasa disebut dengan artikel ulasan. Fungsi dari teks ulasan adalah untuk menilai, menimbang, dan mengajukan kritikan terhadap suatu karya.

Ciri ciri Teks Ulasan Mulai Dari Pengertian Hingga Strukturnya Paling Lengkap

Ciri ciri Teks Ulasan Mulai Dari Pengertian Hingga Strukturnya Paling Lengkap

Advertisements

Setelah mengetahui sedikit mengenai teks ulasan, pada kesempatan kali ini kita akan memberikan informasi lebih terperinci mengenai teks ulasan. Agar anda lebih memahami dan mengetahui bagaimana ciri-ciri sampai dengan struktur dari teks ulasan. Berikut penjelasan lengkapnya untuk anda.

Ciri-ciri Teks Ulasan

Ciri ciri Teks Ulasan

Teks ulasan memiliki beberapa ciri-ciri yang dapat anda ketahui berikut ini :

  • Struktur teks terdiri dariorientasi, tafsiran, evaluasi dan rangkuman.
  • Teks ulasan memuat informasi berdasarkan pandangan atau opini dari penulis tentang suatu karya ataupun produk.
  • Opini tersebut berdasarkan fakta yang di interpretasikan.
  • Teks ulasan memiliki nama lain yaitu resensi.

Struktur Teks Ulasan

Struktur Teks Ulasan

  • Orientasi

Orientasi adalah bagian dari pertama yang menjelasakan mengenai gambaran umum sebuah karya baik drama, film, atau sebuah buku yang akan di ulasnya. Bagian dari orientasi memberikan penjelasan pada pembaca tentang apa yang akan di ulas.

  • Tafsiran

Tafsiran adalah bagian yang berisi penjelasan detail tentang sebuah karya yang di ulas, contohnya berisi mengenai bagian-bagian suatu karya, keunggulan, kualitas, keunikan dan lain sebagainya

  • Evaluasi

Evaluasi adalah bagian yang berisi pandangan dari pengulas sebuah karya yang sudah di ulas. Eveluasi biasanya di lakukan setelah orang yang mengulas karya tersebut melakukan tafsiran secara cukup kepada hasil karya tersebut. Di bagian evaluasi seorang pengulas biasanya menyebutkan bagian yang bernilai atau kelebihan dari suatu karya. Bahkan pengulas juga memberikan bagian yang kurang bernilai atau kekurangan dari suatu karya.

  • Rangkuman

Rangkuman adalah bagian yang berisi tentang kesimpulan dari ulasan terhadap suatu karya, Bagian ini biasanya memuat komentar dari penulis mengenai hasil karya tersebut berkualitas ataupun tidak untuk di baca atau di tonton.

Jenis-jenis Teks Ulasan

Jenis jenis Teks Ulasan

1. Teks Ulasan Informatif

Untuk yang pertama teks ulasan jenis ini berisi gambaran singkat, padat, dan umun oleh suatu karya. Resensi jenis yang satu ini tidak menyampaikan isi karya secara menyeluruh, namun hanya beberapa bagian saja yang di ulas serta menekankan pada kelebihan dan kekurangan dari suatu karya tersebut.

2. Teks Ulasan Deskriptif

Teks ulasan jenis ini berisi gambaran secara detail di setiap bagian suatu karya. Teks ini biasanya dilakukan suatu karya fiksi untuk bisa mendapatkan gambaran secara jelas tentang manfaat, pentingnya informasi tersebut, dan juga kekuatan dari argumentasi yang dituangkan oleh penulis di sebuah karya.

4. Teks Ulasan Kritis

Teks ulasan kritis adalah resensi jenis yang berisi ulasan dari suatu karya secara detail dengan mengacu pada metode ataupun pendekatan ilmu pengetahuan tertentu. Teks ulasan ini ditulis secara objektif serta kritis bukan berdasarkan dari pandangan subyektif penulis resensi.

Demikian informasi penting yang sudah inspired2write.com sampaikan tentang ciri-ciri teks ulasan paling lengkap mulai dari pengertian hingga strukturnya. Dengan mengetahui informasi yang sudah di sampaikan pada ulasan diatas, semoga bisa membantu anda memahami apa itu teks ulasan secara menyeluruh.

Tinggalkan komentar