15 Cara Cek Penerima Vaksin Covid-19 Beserta Syaratnya 2021

Cara Cek Penerima Vaksin Covid-19 – Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 akan dilaksanakan setelah Vaksin Covid-19 mendapatkan izin penggunaan dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Seluruh masyarakat Indonesia dapat berpartisipasi dalam program vaksinasi gratis dari pemerintah. Untuk mengetahui apakan status anda terdaftar sebagai penerima atau tidak, bisa periksa secara online.

Cara cek penerima vaksin Covid-19 secara online dapat dilakukan melalui website atau aplikasi PeduliLindungi serta melalui SMS UMB *119#. Caranya sendiri sangat mudah dan syaratnya cukup ringan.

Anda hanya perlu memasukan NIK, Nama Lengkap dan Nomor HP. Setelah itu, dengan cepat anda akan langsung mengetahui apakah anda menjadi penerima vaksin Covid-19 atau tidak.

Cek Penerima Vaksin Covid-19 via Website PeduliLindungi

Untuk cara yang pertama, anda bisa memeriksa apakah anda sudah terdaftar sebagai penerima vaksin Covid-19 atau belum bisa dilakukan melalui website resmi PeduliLindungi dengan cara seperti di bawah ini.

1. Kunjungi Website PeduliLindungi

Kunjungi Website PeduliLindungi
Advertisements

Langkah yang pertama, silahkan kunjungi situs resmi PeduliLindungi di sini. Kemudian, setelah masuk halaman utama website PeduliLindingi tekan tombol “Periksa” berwarna biru.

2. Masukkan Data Diri

Masukkan Data Diri
Advertisements

Selanjutnya, anda akan diarahkan ke halaman baru. Sampai disini anda akan dimintai untuk memasukan nama lengkap dan NIK sesuai KTP. Jangan lupa untuk memberi centang di bagian kode Captcha. Jika sudah, tinggal tekan “Selanjutnya“.

3. Selesai!

Selesai
Advertisements

Setelah menekan tombol “Selanjutnya“, maka akan muncul pemberitahuan apakah anda telah terdaftar menjadi penerima vaksi Covid-19 atau belum.

Cek Penerima Vaksin Covid-19 via Aplikasi PeduliLindungi

Selain melalui website PeduliLindungi, anda juga dapat bisa cek melalui aplikasi PeduliLindungi. Jadi anda harus mengunduh aplikasi PeduliLindungi terlebih dahulu di Google Play atau App Store. Adapun caranya, silahkan ikuti langkah-langkah di bawah ini.

1. Install Aplikasi PeduliLindungi

Install Aplikasi PeduliLindungi
Advertisements

Bagia yang belum punya aplikasinya. Pertama, silahkan anda download aplikasi PeduliLindungi terlebih dahulu, bagi yang sudah punya bisa langsung melakukan pengecakan.

2. Buka Aplikasi PeduliLindungi

Buka Aplikasi PeduliLindungi
Advertisements

Setelah aplikasi terpasang di smartphone anda, selanjutnya silahkan buka aplikasinya. Untuk yang baru pertama kali, nantinya aplikasi akan meminta beberapa izin seperti mengakses lokasi anda. Silahkan beri izin semua perizinan yang muncul.

3. Daftar Akun Aplikasi PeduliLindungi

  • Setelah itu, silahkan daftar akun terlebih dahulu. Caranya silahkan klik “Login” lalu klik “Bergabung menjadi pastisipan“.
  • Masukkan nama lengkap dan nomor telepon anda. Jika sudah klik “Kirim OTP“.
Masukkan nama lengkap dan nomor telepon anda. Jika sudah klik Kirim OTP.
Advertisements
  • Lalu, masukkan kode OTP, lalu klik “Verifikasi“.
Lalu masukkan kode OTP lalu klik Verifikasi
Advertisements

4. Setujui Syarat dan Ketentuan

Setujui Syarat dan Ketentuan
Advertisements

Setelah berhasil membuat akun, selanjutnya silahkan baca syarat dan ketentuan yang berlaku. Jika setuju klik “Saya Setuju“.

5. Aktifkan Lokasi Anda

Aktifkan Lokasi Anda
Advertisements

Kemudian, aplikasi akan meminta anda untuk mengakses lokasi. Silahkan aktifkan lokasi anda dan izinkan aplikasi mengakses lokasi.

6. Menuju Beranda

Menuju Beranda
Advertisements

Setelah itu, akan muncul pop up seperti gambar di atas. Langsung saja klik “Menuju Beranda” untuk memulai pengecekan penerima Vaksin Covid-19.

7. Pilih Daftar Vaksinasi

Pilih Daftar Vaksinasi
Advertisements

Setelah masuk ke beranda aplikasi PeduliLindungi, selanjutnya silahkan pilih menu “Daftar Vaksinasi“.

8. Masukkan Data Diri

Masukkan Data Diri 1
Advertisements

Langkah berikutnya, tinggal masukkan NIK sesuai KTP dan nomor HP yang anda gunakan untuk mendaftar aplikasi PeduliLindungi sebelumnya. Jika sudah klik “Periksa Data“.

9. Selesai!

Selesai 2
Advertisements

Maka hasilnya akan langsung di tampilkan di layar smartphone anda. Jika anda terdaftar maka akan muncul keterangan bahwa NIK dan Nomor HP anda terdaftar, jika tidak maka sebaliknya.

Cek Penerima Vaksin Covid-19 via UMB *119#

Cara cek penerima Vaksin Covid-19 lainnya yang bisa anda lakukan yaitu melalui kode UMB *119#. Caranya sendiri juga sangat mudah, jadi anda bisa melakukan pengecekan kapanpun dan dimanapun meskipun tanpa terhubung ke jaringan Internet. Adapun caranya sebagai berikut.

1. Lakukan Panggilan *119#

Lakukan Panggilan 119
Advertisements

Pertama-tama, silahkan buka dial number di ponsel anda dan ketikkan kode UMB *119#. Lalu tekan “Panggil“. Melakukan panggilan ke *119# tidak akan dikenai biaya pemotongan pulsa, jadi tak perlu khawatir pulsa anda terpotong.

2. Masukkan NIK

Masukkan NIK
Advertisements

Kemudian, akan muncul pop up, silahkan balas dengan memasukan nomor NIK anda yang sesuai seperti yang tertera pada KTP. Jika sudah klik “Kirim“.

3. Selesai!

Selesai 1
Advertisements

Setelah terkirim, maka secara otomatis anda akan melihat hasilnya. Apakah anda NIK anda terdaftar atau belum sebagai penerima vaksin.

Syarat Penerima Vaksin Covid-19

Syarat Penerima Vaksin Covid 19
Advertisements

Setelah mengecek dan anda termasuk orang yang terdaftar untuk menerima vaksin, maka anda perlu mempersiapkan diri jelang vaksinasi dengan memenuhi syarat seperti di bawah ini.

1. Tubuh Harus Sehat

Pastikan tubuh anda sehat, karena vaksinasi adalah proses pemberian produk biologis yang akan merangsang kekebalan tubuh. Maka dari itu, syarat utama orang yang nemerima vaksin harus memiliki tubuh yang sehat.

2. Tidak Demam

Vaksin tidak boleh diberikan sama sekali jika kondisi tubuh sedang demam, jadi suhu tubuh harus stabil terlebih dahulu.

3. Usia 18-59 Tahun

Vaksin Covid-19 hanya diperuntukan untuk orang berusia 18-59 tahun. Anak-anak dan lansia dikelompokan sebagai usia yang tidak boleh menerima vaksin.

4. Bukan Penderita Diabetes dan Hipertensi

Bagi orang yang memiliki penyakit Komorbid, Diabetes dan Hipertensi yang tidak dikontrol tidak dianjurkan melakukan vaksinasi.

5. Tidak Memiliki Penyakit Autoimun

Selain itu, vaksin juga tidak boleh diberikan untuk orang yang memiliki penyakit Autoimun. Hal ini telah di jelaskan dalam rekomendasi dari PP Penghimpun Alergi Imunologi Indonesia.

Sebegaimana yang telah dijelaskan bahwa syarat mendapatkan vaksin haruslah memiliki imun tubuh yang sehat. Jadi bagi anda penerima vaksin Covid-19 silahkan jaga imun tubuh anda agar tetap sehat dengan mengkonsumsi MAKANAN YANG MENGANDUNG VITAMAIN C, mengatur jam tidur dan lain sebagainya.

Itulah beberapa cara cek penerima Vaksin Covid-19 yang dapat inspired2write.com sajikan untuk anda. Dengan melakukan cara-cara di atas, maka anda bisa langsung mengetahui apakah anda penerima vaksin atau belum.

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.