√ Saldo ATM BRI Minus? Arti, Penyebab & Cara Mengatasi

Saldo ATM BRI Minus – Dengan berhasil buka rekening bank BRI dengan setoran awal tergolong kecil, Anda nantinya akan mendapatkan layanan berupa kartu ATM dan buku rekening tabungan yang bisa digunakan untuk transaksi.

Bahkan tidak hanya itu, Anda juga bisa mengaktifkan layanan BRImo saat pembukaan rekening di kantor cabang. Untuk kartu ATM sendiri nantinya berfungsi sebagai alat transaksi di mesin ATM mulai dari transfer, bayar, tarik tunai, setor tunai dan lainnya.

Citayam

Selain itu kartu ATM BRI juga bisa digunakan di mesin EDC di swalayan sebagai metode pembayaran non tunai. Namun dalam beberapa kasus penggunaan rekening BRI atau kartu ATM BRI, nasabah bisa menemukan berbagai masalah.

Baik dari masalah kartu hilang, rusak atau bahkan saldo di rekening ATM BRI minus. Membahas mengenai saldo ATM BRI minus, tentu akan membuat nasabah BRI sedikit cemas, apalagi bagi yang baru pertama kali menemui masalah ini.

Saldo ATM BRI Minus

Saldo ATM BRI Minus

Namun tidak perlu khawatir, pada kali ini kami akan sampaikan informasi mengenai arti, penyebab beserta cara mengatasi saldo ATM BRI minus. Jadi lebih jelasnya simak dan ikuti terus pembahasan berikut ini.

Arti Saldo ATM BRI Minus

Sebelum lanjut ke pembahasan penyebab dan cara mengatasi, alangkah baiknya Anda mengetahui artinya saldo ATM BRI Minus terlebih dahulu. Biasanya saldo ATM minus terjadi pada saat Anda melakukan transaksi di mesin ATM.

Layar mesin ATM akan menampilkan informasi saldo minus, itu artinya sebagai pengingat jika Anda memiliki kewajiban yang belum terpenuhi. Contoh, saldo tidak cukup untuk melakukan sebuah transaksi dengan rekening tersebut.

Umumnya hal ini terjadi ketika nasabah BRI menggunakan kartu ATM atau rekening guna kepentingan autodebet / pembayaran otomatis. Bisa jadi juga karena nasabah BRI memanfaatkan layanan transfer uang terjadwal ke rekening lain.

Dengan begitu, jika belum tiba waktu transfer tersebut terkirim, maka saldo ATM Anda akan muncul dan menjadi minus saat saldo kurang dari nominal diharuskan. Masalah saldo ATM minus sendiri tidak berpengaruh dan saldo saldo rekening tetap aman.

Penyebab Saldo ATM BRI Minus

Penyebab Saldo ATM BRI Minus

Setelah tahu arti dari saldo ATM minus di atas, maka selanjutnya Anda tinggal mengetahui bagaimana penyebab kenapa saldo ATM BRI minus. Ada beberapa faktor penyebab yang bisa mengakibatkan saldo rekening BRI Anda minus, antar lain:

1. Rekening Terdaftar Autodebet

Penyebab pertama, saldo ATM minus diakibatkan saat Anda mendaftarkan / mengaktifkan autodebet rekening pada layanan pinjaman online atau asuransi (BPJS Kesehatan). Secara otomatis nantinya akan saldo akan terpotong pada tanggalnya.

Secara umum saldo minus akan muncul pada saat saldo di ATM tidak cukup melakukan pembayaran autodebet tersebut. Jadi pastikan jika ingin hilangkan saldo minus tersebut Anda harus mengisi saldo rekening BRI-nya.

2. Lakukan Transfer Terjadwal

Penyebab kedua, saldo ATM minus bisa terjadi karena nasabah melakukan transfer terjadwal dan saldo di dalam rekening kurang dengan nominal transfer terjadwal. Contoh saat Anda lakukan transfer terjadwal dengan nominal Rp 500.000, namun saldo hanya ada saldo Rp 200.000.

3. Perbaikan Sistem / Server

Penyebab ketiga, saldo minus bisa terjadi ketika layanan sistem atau server BRI sedang mengadakan perbaikan layanan. Umumnya ini akan terjadi ketika bank BRI mengadakan maintenance atau pemeliharaan sistem guna memberikan pembaharuan pada layanannya.

4. Ada Penarikan Data Harian

Penyebab keempat, saldo minus bisa terjadi karena adanya penarikan data harian dari pihak BRI. Namun masalah ini bukan menjadi masalah serius karena tidak akan berpengaruh terhadap saldo rekening BRI berkurang maupun hilang.

Apakah Saldo BRI Minus Bisa Kembali?

Menjawab pertanyaan tersebut, bisa. Di mana saldo nasabah atau pemilik rekening bisa kembali normal jika sudah mengatasinya. Dengan beberapa cara mengatasi di bawah ini, maka secara otomatis saldo minus akan hilang dan teratasi.

Cara Mengatasi Saldo ATM BRI Minus

Cara Mengatasi Saldo ATM BRI Minus

Jika sudah tahu penyebab saldo ATM minus di atas, maka selanjutnya Anda tinggal mengetahui bagaimana cara mengatasinya. Bisa dikatakan dalam proses mengatasi masalah saldo ATM minus tergolong sangat mudah, ini dia cara mengatasinya.

1. Pastikan Fitur Autodebet

Cara mengatasi saldo ATM minus akibat Anda aktifkan layanan autodebet untuk pembayaran angsuran, pinjol dan transfer terjadwal yaitu dengan cara mengisi saldo ATM BRI guna bisa bayarkan kewajibannya. Anda bisa isi saldo rekening BRI lewat teller, transfer dan setor tunai di ATM.

2. Tunggu Maintenance Selesai

Cara mengatasi saldo ATM minus jika dikarenakan sistem atau server sedang ada maintenance, maka tinggal menunggu sampai proses ini selesai. Guna memastikan, maintenance atau pemeliharaan sudah selesai maka cek secara berkala.

3. Hubungi Kontak Bank BRI

Cara mengatasi saldo minus berikutnya bisa dilakukan dengan menghubungi kontak bank BRI. Ini bisa dilakukan jika Anda tidak punya pinjaman tapi saldo minus, maka bisa menanyakan dan mendapatkan penjelasan lengkap dari petugas. Untuk kontak BRI bisa hubungi di bawah ini.

  • Call Center : 14017/1500 017
  • Email : callBRI@BRI.co.id
  • Facebook : BANK BRI
  • WhatsApp : 08121214017

4. Datang ke Kantor Cabang Bank BRI

Cara mengatasi saldo ATM minus terakhir yaitu dengan datang langsung ke kantor cabang bank BRI terdekat dan menemui CS. Untuk kelancaran, Anda juga bisa siapkan beberapa syarat seperti KTP, kartu ATM dan buku tabungan.

Kesimpulan

Jika sudah mengetahui penyebab dan cara mengatasi saldo minus di atas, maka permasalahan sudah terselesaikan. Mungkin adanya saldo BRI Minus di atas yang inspired2write.com sajikan bisa bermanfaat untuk semua yang membutuhkan. Terutama nasabah bank BRI yang mengalami hal serupa dan pertama kali mengalaminya.

Sumber Gambar : kartubank.com, nomercallcenter.com

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.