Kartu ATM Tidak Dapat Diproses ? Ini Penyebab & Cara Mengatasi

Kartu ATM Tidak Dapat Diproses – Dengan pembukaan rekening bank, nantinya Anda sudah berhasil menjadi nasabah. Selain itu, nantinya Anda akan mendapatkan sebuah kartu ATM beserta buku rekening guna kepentingan transaksi.

Mengenai kartu ATM sendiri nantinya bisa digunakan untuk transaksi di mesin ATM mulai dari tarik tunai, setor tunai, transfer, pembayaran dan lainnya. Selain itu dapat juga digunakan pada mesin EDC guna pembayaran di toko yang menyediakan metode pembayaran non tunai.

Citayam

Namun dalam beberapa kasus yang ada, banyak dari nasabah bank baik itu BRI, BNI, BCA, Mandiri dan lainnya alami sebuah masalah pada kartu ATM-nya. Seperti misalnya kartu rusak dan kartu ATM tidak dapat diproses ketika lakukan transaksi di mesin ATM.

Dengan kejadian ini, pastinya banyak nasabah yang bertanya-tanya mengenai kenapa kartu ATM tidak dapat diproses? Menjawab pertanyaan tersebut, pada pembahasan kali ini kami akan sampaikan secara tuntas masalah ini.

Kartu ATM Tidak Dapat Diproses

Kartu ATM Tidak Dapat Diproses

Sebenarnya mengenai kartu ATM tidak bisa diproses merupakan hal umum dan menjadi khawatir untuk para nasabah yang baru pertama kali merasakan. Dalam transaksi di ATM mesin akan menampilkan keterangan “Maaf untuk sementara ATM tidak dapat memproses transaksi”.

Mengenai hal itu, Anda tidak perlu khawatir akan hal itu dan tidak perlu terlalu cemas. Lebih baik mari kita cari informasinya secara lengkap pada pembahasan berikut, karena kami sudah rangkumkan secara lengkapnya.

Penyebab Kartu ATM Tidak Dapat Diproses

Penyebab Kartu ATM Tidak Dapat Diproses

Hal pertama yang terlintas saat alami kartu ATM tidak bisa diproses ketika bertransaksi di mesin ATM pastinya mengenai apa penyebab yang menjadikan hal ini terjadi. Membahas penyebab sendiri, ada beberapa faktor yang menjadikan kartu debet tidak bisa diproses, misalnya:

1. Kartu ATM Habis Masa Aktif

Penyebab pertama, kartu ATM tidak dapat diproses terjadi karena masa berlaku kartu atau biasa disebut dengan valid thru. Karena seperti diketahui sendiri setiap kartu ATM memiliki masa berlaku selama 5 tahun, jika sudah berakhir maka transaksi tidak akan gagal.

Jadi guna memastikan apakah hal kartu ATM masih aktif dan berlaku atau tidak bisa dilakukan dengan mengecek pada bagian wujud kartu. Di mana setiap bank memberlakukan keterangan valid thru yaitu bulan dan tahun. Contoh 08/22

2. Kartu ATM Rusak

Penyebab kedua, kartu tidak dapat diproses juga bisa terjadi karena kartu ATM milik Anda rusak. Kerusakan bisa terjadi terjadi pada pita hitam lecet / tergores, kartu patah dan retak. Sehingga proses transaksi dimesin ATM tidak dapat membacanya.

3. Kartu ATM Terblokir

Penyebab ketiga, kartu tidak dapat diproses dikarenakan kartu ATM terblokir akibat beberapa faktor mulai dari salah memasukkan PIN 3 kali berturut-turut. Tidak hanya itu, pemblokiran juga bisa karena nasabah yang meminta atau pihak bank memblokir otomatis karena diduga ada transaksi aneh dan mencurigakan.

Cara Mengatasi Kartu ATM Tidak Dapat Diproses

Cara Mengatasi Kartu ATM Tidak Dapat Diproses

Setelah tahu apa penyebab dari permasalahan kartu ATM tidak dapat diproses saat transaksi di mesin ATM, maka selanjutnya Anda tinggal mengetahui bagaimana cara untuk mengatasinya. Sebenarnya dalam kasus ini cara mengatasinya sangatlah mudah.

Di mana untuk kartu rusak dan valid thru habis, nasabah hanya perlu mengganti dengan kartu ATM baru. Sedangkan untuk kartu diblokir, maka Anda tinggal membuka blokiran saja. Nasabah bisa lakukan di kantor cabang bank terdekat dengan lokasi sesuai banknya.

Guna lebih jelasnya, kami akan sampaikan langkah-langkah ganti kartu ATM atau buka blokiran kartu ATM. Jadi bagi Anda yang masih bingung langkahnya, maka bisa simak dan ikuti pembahasan di bawah ini sampai akhir.

1. Siapkan Syarat Ketentuan

Guna kelancaran dalam mengganti atau membuka blokiran kartu ATM tidak dapat diproses ada beberapa syarat diperlukan. Diantara lain syarat tersebut seperti misalnya buku rekening tabungan, kartu ATM lama, KTP dan biaya ganti kartu ATM.

2. Datang ke Kantor Bank

Jika semua syarat sudah siap, maka selanjutnya Anda tinggal datang ke kantor cabang bank terkait sesuai rekening yang dimiliki. Pastikan datang ke kantor saat jam operasional kerja dan usahakan datang lebih awal agar tidak antri terlalu panjang.

3. Ambil Nomor Antrean & Tunggu Dipanggil

Saat tiba di kantor cabang bank, maka Anda akan disambut oleh security yang berjaga dan menanyakan kepentingan. Disini silakan sampaikan secara lengkap, kemudian Anda akan dibantu mengambil nomor antrian bagian CS dan setelah itu tunggu sampai nomor dipanggil.

4. Informasikan Tujuan Kedatangan

Lalu saat nomor antrean dipanggil, silakan informasikan maksud tujuan secara jelas dan lengkap kepada pihak customer service. Apakah itu ganti kartu ATM akibat valid thru dan rusak atau ingin buka blokiran kartu ATM.

5. Diproses Customer Service

Dengan menerima dan dapatkan informasi yang Anda diberikan di atas, maka CS akan mulai memproses sesuai dengan masalahnya. Jika karena kartu rusak dan valid thru habis, maka CS akan mengganti kartu ATM dengan yang baru. Namun jika hanya terblokir, maka CS perlu membuka saja.

6. Berhasil

Pada saat proses yang dilakukan oleh CS, Anda silakan menunggu saja sampai CS selesai memprosesnya. Maka jika sudah, CS akan memberikan kartu ATM baru dan meminta Anda buat PIN-nya. Dengan begitu, proses mengatasi kartu debet tidak dapat diproses sudah teratasi.

Biaya Mengatasi Kartu ATM Tidak Diproses?

Untuk Anda yang bertanya apakah ada biaya dalam mengatasi kartu ATM tidak dapat diproses, akan melihat dari segi masalah yang terjadi. Karena untuk ganti kartu ATM baru dan pembukaan blokiran kartu ATM akan memakan biaya berbeda.

Secara umum untuk ganti kartu ATM akan dikenai biaya Rp 10.000 – Rp 25.000 tergantung dengan jenis kartu ATM dan bank penerbit. Sedangkan untuk proses membuka kartu ATM akibat terblokir, nasabah akan dikenai biaya sebesar Rp 5.000.

Kesimpulan

Jadi, itu saja kiranya pembahasan yang dapat inspired2write.com sampaikan kepada Anda mengenai kartu debet tidak dapat diproses. Semoga dengan adanya informasi kartu ATM tidak dapat diproses di atas bisa bermanfaat, apalagi bagi nasabah yang alami masalah serupa.

Sumber Gambar : hipwee.com, liputan6.com, usahanow.com

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.