10 Soal Pertanyaan Interview Indomaret & Jawaban yang Pas 2022

Pertanyaan Interview Indomaret – Indomaret yang menjadi jaringan pengecer waralaba di Indonesia, tentu sudah tidak asing lagi bagi sebagian orang. Di mana jaringan waralaba ini merupakan salah satu anak perusahaan Salim Group.

Indomaret juga menjadi jaringan minimarket yang menyediakan berbagai kebutuhan pokok dan sehari-hari bagi masyarakat. Tidak hanya menjual produk makanan dan peralatan sehari-hari, Indomaret juga melayani jasa transaksi.

Citayam

Hingga artikel ini ditulis Indomaret sudah memiliki ratusan ribu karyawan yang tersebar luas diberbagai gerai yang ada di daerah Indonesia. Itu membuktikan jika bekerja di Indomaret cukup banyak peminat.

Teruntuk Anda yang minat atau ingin daftar kerja di Indomaret, kali ini kami akan sajikan informasi mengenai kisi-kisi soal pertanyaan interview di Indomaret dan jawaban yang pas agar Anda bisa menjawabnya serta dapat berhasil lolos.

Soal Pertanyaan Interview Indomaret Jawaban yang Pas

Persiapan Interview Indomaret

Namun sebelum lanjut ke pembahasan peratanyaan apa saja yang ditawanyakan saat interview, maka Anda perlu tahu dahulu hal-hal atau persiapan apa saja yang diperlukan saat interview. Berikut beberapa persiapan sebelum interview Indomaret:

  • Mencari tahu lebih banyak informasi terkait profil Indomaret.
  • Mempelajari posisi dan deskripsi pekerjaan yang akan dilamar.
  • Membuat catatan singkat tentang pengalaman dan latar belakang.
  • Menyiapkan pakaian interview yang dan menjadi ketentuan diberikan.(Umum kemeja putih dan celana hitam).
  • Menyiapkan daftar referensi.
  • Melatih bahasa tubuh dan mempersiapkan jawaban atas pertanyaan yang diberikan.

Melengkapi Berkas Administrasi Interview Indomaret

Selain itu, Anda juga perlu melengkapi beberapa berkas administasi sebelum interview. Terlihat mudah dilengkapi, namun jika ada satu berkas tidak lengkap, maka pihak perusahaan bisa saja menyatakan gugur. Jadi lengkapi semua itu.

Nah ini beberapa berkas yang wajib ada saat melamar atau sebelum interview kerja di Indomaret:

  • Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP).
  • Fotokopi Kartu Keluarga (KK).
  • Fotokopi Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP).
  • Fotokopi Ijazah Terakhir / SMA Sederajat .
  • Fotokopi Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK).
  • Pas foto 3 × 4 dan berwarna.

Pertanyaan Interview Indomaret

Pertanyaan Interview Indomaret

Jika sudah berhasil tahu persiapan dan berkas apa saja yang dibutuhkan saat daftar kerja di Indomaret di atas. Maka Anda tinggal mengetahui kisi-kisi soal pertanyaan interview kerja di Indomaret.

Di mana kualifikasi dan kemampuan akan menjadi faktor penting dalam proses rekrutmen tenaga kerja di semua perusahaan, termasuk Indomaret. Jadi, bagi HRD jawaban atas pertanyaan yang diberikan akan sangat menentukan.

Lalu pertanyaan apa saja yang di keluar saat interview kerja di Indomaret? Apakah sama dengan pertanyaan interview Alfamart? Mengenai hal itu, kami sudah rangkumkan secara lengkap beberapa soal pertanyaan interview dan jawaban yang pas dan tepat ketika interview.

1. Ceritakan tentang diri Anda ?

Pertanyaan interview pertama, biasanya akan diawali dengan pembukaan yaitu “Ceritakan tentang diri Anda?”. Umumnya akan HRD akan meminta untuk ceritakan siapa diri Anda. Di sini teman-teman bisa menceritakan tentang diri alias perkenalan.

Bisa dimulai dengan memperkenalkan diri, nama, tempat tinggal dan lulusan sekolah mana. Selain itu juga bisa sertakan sebelum melamar kerja di Indomaret pernah bekerja di mana dan untuk bagi yang fresh graduate atau baru tamat sekolah maka tidak perlu.

Jika ada yang perlu disampaikan tentang diri teman-teman, maka sampaikan saja secara jelas. Namun dengan catatan isi dari yang diceritakan adalah hal positif yang nantinya bisa dipertimbangkan pihak HRD.

2. Alasan melamar disini?

Pertanyaan interview kedua yaitu “Alasan mengapa Anda melamar di perusahaan ini?” atau “Kenapa And apply di perusahaan ini? Anda bisa jawab soal pertanyaan interview ini seperti “Saya melamar di perusahaan ini karena saya melihat bahwa bursa ini sedang membutuhkan tenaga kerja untuk posisi sebagai diperlukan”.

Posisi bisa saja disebutkan baik itu menjadi pramuniaga, kasir atau lainnya. Lengkapi juga penjelasan Anda mengetahui dari mana posisi tersebut memang sedang kosong, misalnya “Saya mendapatkan informasi ini dari salah satu akun official di Instagram ataupun di Facebook”.

3. Apa kelebihan Anda?

Pertanyaan interview ketiga adalah “Apa kelebihan Anda?” Untuk jawaban soal pertanyaan ini Anda bisa menceritakan apa sih kelebihan yang dimiliki diri Anda, apa sih kemampuan yang dimiliki.

Silakan sampaikan secara jelas, sesuai dan tidak berlebihan. Namun sekedar saran saja, Anda bisa menceritakan kelebihan yang dimiliki akan tetapi tidak perlu berlebihan dalam menceritakannya.

4. Apa kekurangan Anda?

Pertanyaan interview ketiga yaitu “Apa kekurangan Anda?” Jika HRD Indomaret menanyakan ini silakan sebutkan apa saja kekurangan Anda, dan pastikan jangan bilang tidak ada, karena manusia tidak mungkin tidak ada kekurangannya.

Nantinya Tim HRD, akan mengetahui jika dijawab tidak ada atau tidak punya. Hal itu dikerenakan sudah pasti berbohong ataupun tidak menjawab secara jujur. Sekedar saran, ceritakan sejujurnya namun dengan catatan tidak menjatuhkan diri And sendiri.

5. Apa yang Anda ketahui tentang perusahaan ini?

Soal pertanyaan interview kelima yaitu “Apa yang Anda ketahui tentang perusahaan ini?”. Dengan begitu poin tentang persiapan dan mencari tahu tentang perusahaan Indomaret sangat penting dan sangat membantu terkait pertanyaan satu ini.

Poin pentingnya Anda perlu tahu akan melamar dimana?, perusahaan ini berdiri di bidang apa?, kemudian kapan perusahaan ini dibentuk?. Saran! silakan cari informasi kepada teman yang sudah pernah bekerja atau sedang bekerja di Indomaret maupun mencarinya di Google.

Semakin menguasai dan mendapatkan informasi lebih banyak, menjadikan Anda bisa menjawab pertanyaan ini secara mudah tanpa harus terbata-bata ucapannya.

6. Kenapa kami harus menerima Anda?

Pertanyaan interview keenam yaitu “Apa yang bisa meyakinkan kami untuk menerima Anda?”. Untuk bisa menjawab pertanyaan ini Anda bisa coba meyakinkan lagi kepada HRD jika saat perusahaan ini dengan poin-poin positif agar lebih yakin.

Usahakan menjawab dengan jawaban yang simpel, tidak panjang lebar namun menyentuh. Selain sama halnya di pertanyaan ketiga yaitu tidak melebih-lebihkan dalam menjelaskannya.

7. Apa rencana 3 tahun kedepan?

Pertanyaan interview ketujuh yaitu “Apa rencana 3 tahun kedepan?” Disini And bisa menjawab dengan menceritakan apa saja rencana Anda itu dalam kurun waktu (tahun) yang dipertanyakan tersebut.

Dan pastikan jika Anda tidak menjawab “Tidak tahu pak”, “Saya belum memiliki rencana”. Jangan jawab seperti itu. Contoh : “Dalam waktu kurun beberapa tahun kedepan, saya harus sudah menjadi kepala toko / posisi diinginkan”.

8. Bersedia bekerja di luar kota?

Pertanyaan interview kedelapan yaitu “Apakah bersedia ditempatkan diluar kota?”. Untuk menjawab pertanyaan ini adalah “Ya, siap”. Apa itu yang dinamakan sedang mencari kerja dab butuh pekerjaan maka menjawab “Ya” sudah mewakili semua.

Apalagi jika dalam persyaratan pembukaan lowongan menyertakan syarat bersedia dan siap untuk ditempatkan di luar kota. Maka itu tandanya pendaftar juga harus siap di mana saja ditempatkan.

9. Gaji yang diinginkan?

Pertanyaan interview kesembilan yaitu “Berapa gaji yang Anda inginkan?” atau “Gaji berapa yang Anda mau?”. Mengenai pertanyaan ini, sebaiknya jangan sampai menyebutkan nominal angka.

Sebutkan saja jika Anda menginginkan upah atau gaji sesuai dengan UMK / UMR yang menjadi ketetapan pemerintah. Jawaban ini saja sudah cukup dan tidak dinilai terlalu berlebihan atas permintaan gaji.

10. Ada pertanyaan?

Pertanyaan interview terakhir yaitu “Adakah pertanyaan untuk kami?” biasanya pertanyaan ini akan dilontarkan di akhir setelah beberapa pertanyaan di atas sudah berhasil Anda jawab.

Pada saat tim HRD bertanya seperti ini maka jangan menjawab “Tidak”. Usahakan hindari, hal itu dikarenakan pihak time HRD merasa jika Anda tidak serius dalam melamar.

Coba Anda menanyakan terkait perusahaan apa itu yang sekiranya belum diketahui. Umumnya mengenai job desc, kemudian benefit, lembur maupun jenjang karir yang akan didapatkan.

Tips Lolos & Berhasil Interview Kerja di Indomaret

Jika sudah tahu beberapa pertanyaan interview kerja di Indomaret dan jawaban yang pas, maka selanjutnya Anda tinggal mengetahui tips agar lolos dan berhasil melewati tahap seleksi interview. Ada beberapa tips yang perlu Anda ketahui, diantara lainnya:

  • Silakan datang interview lebih awal.
  • Berpenampilan rapi, memakai pakaian sesuai ketentuan.
  • Jaga sikap dan sopan santun.
  • Memilih posisi yang sesuai dengan kemampuan.
  • Hindari pertanyaan menjebak interview Indomaret dari pihak HRD.
  • dan menjawab pertanyaan secara jelas, jujur dan tanpa terbata-bata.

Kesimpulan

Demikian kiranya pembahasan terkait kisi-kisi soal pertanyaan interview kerja di Indomaret beserta jawabannya yang dapat inspired2write.com sajikan. Semoga dengan adanya pembahasan terkait pertanyaan saat interview kerja di atas bisa bermanfaat untuk semua, terutama bagi Anda yang daftar kerja di Indomaret dan melewati tahap seleksi interview.

Sumber Gambar : jobstreet.co.id, zurich.co.id

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.