√50 Interview Kerja di PT Beserta Jawabannya 100% Lolos!!

Interview Kerja di PT – Seperti kita tahu bahwa setiap kali melamar pekerjaan di PT, pastinya ada beberapa tahapan seleksi, salah satunya adalah Interview atau wawancara. Tahap ini biasanya akan diikuti jika berhasil lolos tahap Psikotest.

Pada saat menjalani Interview, biasanya para peserta akan bertemu langsung dengan petugas HRD atau Staff lain yang memang ditugaskan untuk mewawancarai calon pekerja di PT tersebut. Namun perlu diketahui bahwa pada tahap Interview di PT, banyak menjadi langkah terakhir para calon pekerja.

Citayam

Kenapa demikian? Ada banyak faktor penyebab peserta gagal lolos tahap Interview kerja di PT, salah satunya adalah jawaban dari pertanyaan saat Interview tidak sesuai keinginan pihak Perusahaan.

Oleh karena itu, bagi kalian yang mungkin pernah atau bahkan sering gagal Interview kerja di PT, disini kami telah menyiapkan contoh pertanyaan Interview kerja di PT beserta jawabannya. Selain itu, kami juga punya beberapa tips ampuh untuk menghadapi test Interview di PT, 100% diterima!!

Interview Kerja di PT

Interview Kerja di PT

Test Interview atau wawancara kerja biasanya dilakukan oleh pihak Perusahaan, baik itu Perusahaan kecil seperti Alfamart, Indomarco, Pabrik Sepatu Rumahan hingga Perusahaan besar sekelas PT Garment, Mayora, EPSON, Yamaha Motor dan lain sebagainya.

Sementara itu, khusus untuk Interview kerja di PT, biasanya ada beberapa pertanyaan khusus untuk dijawab dengan benar oleh setiap peserta. Apa sajakah pertanyaan-pertanyaan saat Interview kerja di PT? Simak informasinya dibawah ini lengkap dengan jawaban paling baik dan benar :

1. Silahkan jelaskan secara singkat tentang diri Anda

Pertanyaan diatas hampir selalu muncul di setiap Interview kerja, baik itu saat Interview di Alfamart, Interview di Perusahaan Start Up dan tak terkecuali saat Interview kerja di PT. Ketika memperoleh pertanyaan seperti ini, kalian hanya perlu menjawab nya secara lengkap, jelas dan benar.

Contoh :

Perkenalkan nama Saya Gayuh Isna Aryuni, Lahir di Balikpapan, 23 Juni 1996. Saya merupakan lulusan dari SMK Negeri 3 Balikpapan jurusan Administrasi dan Bisnis dan sebelumnya sudah pernah bekerja sebagai Operator Produksi di PT EPSON selama 2 tahun. Saat ini sedang menjalani kursus Online untuk menambah wawasan di bidang Akuntansi

2. Darimana Anda mendapatkan Lowongan Kerja di PT Kami?

Selain itu, ketika Interview kerja di PT kalian juga akan ditanya darimana kalian mendapatkan informasi bahwa PT tersebut sedang buka lowongan kerja. Disini kalian bisa menjawab :

Saya menerima informasi lowongan kerja di PT (….) dari internet “. Atau bisa juga menjawab ” Saya mengetahui PT (….) sedang membuka lowongan kerja dari SMK Negeri 3 Samarinda dimana Sekolah tersebut merupakan salah satu yang menjalin kerjasama dengan PT ini terkait merekrut pekerja baru. “

3. Apa yang Anda ketahui tentang PT Kami?

Kemudian jika kalian memperoleh pertanyaan tentang apa saja yang diketahui soal PT atau Perusahaan yang di lamar, maka kalian bisa menjelaskan secara singkat profile PT tersebut. Maka dari itu, sebelum menjalani tahap Interview, kami sarankan untuk membaca website resmi Perusahaan, khususnya di tab menu Tentang Kami.

Sebagai contoh, disini kalian akan mendaftar kerja di PT Yamaha Motor Manufakturing Asia (YMMA). Maka saat diminta menjelaskan secara singkat Profil Perusahaan, kalian tinggal jawab :

PT. YMMA merupakan Perusahaan Otomotif yang memproduksi berbagai macam tipe sepeda motor Yamaha, terutama untuk motor Matic dan motor Bebek. Hingga saat ini PT. YMMA Indonesia telah memiliki karyawan di posisi operator produksi sejumlah lebih dari 10.000 karyawan. PT. YMMA Indonesia juga tercatat sebagai salah perusahaan Otomotif terbaik dan berhasil meraih beberapa penghargaan. Bahkan untuk spare part digunakan dalam membuat motor Yamaha, Perusahaan ini bekerjasama dengan beberapa vendor terbaik. “

4. Apa Motivasi Anda ingin kerja di PT Kami?

Lalu untuk ketika mendapat pertanyaan ” Apa motivasi Anda ingin bekerja disini? ” jangan pernah menjawabnya dengan ” Karena butuh uang Pak / Bu “. Pertanyaan tersebut bisa kalian jawab menggunakan jawaban seperti ini :

Saya mencari tahu perusahaan bapak dan melihat bahwa value perusahaan ini sesuai dengan value pribadi saya, jadi bekerja di sini akan membantu mencapai target karir yang diinginkan. Saya juga bertanya kepada karyawan lain yang bekerja di perusahaan ini terkait budaya kerja, dan budaya tersebut sangat cocok untuk mendukung perkembangan saya.”

5. Apa Hobi Anda?

Untuk jawaban pertanyaan diatas kalian bisa pelajari jawaban seperti dibawah ini :

“Saya sangat suka traveling, dalam setiap perjalanan, saya akan membuat perencanaan kegiatan, tempat yang akan saya datangi, dan rencana keuangan. Dari hobi ini, banyak belajar tentang beradaptasi dengan lingkungan hingga mengambil keputusan tepat dalam menyelesaikan masalah tak terduga terjadi. Selain itu, saya juga bisa lebih percaya diri dalam berkomunikasi dan beradapatasi dengan banyak hal baru”

Dari contoh jawaban interview di atas, kalian akan memperoleh nilai Plus dari pihak Perusahaan, khususnya dari segi komunikasi.

6. Posisi apa yang Anda inginkan?

Selanjutnya, pada tahap Interview kerja di PT juga sering ada pertanyaan ” Posisi atau Jabatan apa yang ingin Anda lamar di PT Kami? “. Jika mendapatkan pertanyaan seperti itu, kalian tinggal jawab :

” Berdasarkan skill dan kemampuan yang dimiliki, Saya ingin melamar kerja sebagai Staff Admin di PT (….). Saya juga sudah mempelajari tugas-tugas Staff Admin di PT (….) melalui teman yang juga bekerja sebagai Staff Admin di Perusahaan Bapak / Ibu. ”

7. Apa Kelebihan Anda?

Kemudian ketika Interview kerja di PT kalian pasti sering menerima pertanyaan ” Apa kelebihan Anda? Coba jelaskan ” pertanyaan seperti ini memang sering membuat bingung para calon pekerja. Namun disini kami akan bantu memberikan jawaban terbaik untuk pertanyaan tersebut.

Jadi, untuk menjelaskan kelebihan diri, disini kalian perlu memperhatikan posisi atau jabatan yang di lamar, lalu tinggal cari tahu skill atau kelebihan apa yang cocok dengan posisi tersebut. Contoh :

” Saya memiliki kelebihan dari segi komunikasi, karena sering melakukan Travelling dan mencoba banyak hal baru. Dengan komunikasi yang baik, berharap skill tersebut bisa membantu Saya dalam berbaur dengan orang baru. Maka dari itu, Saya selalu siap jika ditugaskan bekerja secara Tim maupun Individu. Selain itu, Saya juga punya keunggulan dari segi tata rencana keuangan, yang mungkin bakal memberi dampak positif pada jabatan Staff Admin di PT (….) jika Saya berhasil diterima. ”

8. Kenapa tertarik dengan Posisi tersebut?

Setelah menjelaskan posisi yang dilamar hingga kelebihan kalian yang bisa berdampak positif untuk posisi tersebut, selanjutnya akan muncul pertanyaan ” Apa yang membuat Anda tertarik dengan posisi / jabatan tersebut? “

Ketika muncul pertanyaan seperti itu kalian hanya perlu menjawab :

” Seperti Saya jelaskan sebelumnya bahwa kemampuan komunikasi yang baik serta memiliki skill lebih di bidang Akuntansi. Oleh karena itu, Saya rasa posisi ini bisa Saya lakukan dengan baik. Besar harapan Saya, Bapak / Ibu bisa mempercayakan Saya untuk bergabung di posisi tersebut “

9. Jelaskan singkat agar PT Kami bisa menerima Anda kerja disini

Setelah mendengar jawaban tersebut, kemudian PT biasanya ingin tahu alasan mereka harus menerima kalian untuk bekerja di PT tersebut. Disini kalian hanya perlu mengulang pernyataan diatas, yaitu kalian punya kemampuan komunikasi, skill accounting dan satu lagi, kalian bisa menyampaikan bahwa ” manajemen waktu adalah kunci kesuksesan, dan kalian selalu memegang teguh statement tersebut. “

10. Apa Prestasi yang Anda miliki?

Kemudian saat diminta untuk menjelaskan prestasi yang dimiliki, kalian tinggal menjelaskan semua pencapaian yang telah diperoleh. Misal, untuk Fresh Graduate kalian bisa menjelaskan bahwa selama di Sekolah kalian berhasil meraih berbagai macam penghargaan di bidang Akademik, Sport dan lain sebagainya.

Sedangkan untuk calon pekerja yang sebelumnya sudah pernah kerja di PT, kalian bisa menyampaikan bahwa selama bekerja di PT sebelumnya kalian sering memberikan Impact yang berguna untuk kelancaran pekerjaan dan lain sebagainya.

11. Apa Kontribusi yang Anda akan berikan pada PT Kami?

Jawaban dari pertanyaan diatas saat Interview kerja di PT sebaiknya bersifat umum, contoh :

” Jika Saya berhasil diterima sebagai Operator Produksi, Saya akan bekerja semaksimal mungkin. Saya juga akan terus belajar dengan posisi yang Saya jalani, sehingga bisa menciptakan ide-ide yang nantinya baik untuk kelancaran produksi”

12. Berapa Gaji yang Anda inginkan?

Lalu ketika ditanya, berapa gaji yang diinginkan, jangan sekali-kali menjawab ” sebanyak mungkin “. Disini kami sarankan untuk memberikan jawaban seperti ini :

“Berdasarkan ketentuan UMK tahun ini, sesuai jabatan yang Saya lamar, maka gaji yang Saya harapkan adalah sesuai ketentuan tersebut. Apabila ada ketentuan khusus dari pihak PT terkait tunjangan dan lain sebagainya, Saya akan selalu mengikuti peraturan tersebut”

13. Apa kelemahan Anda?

Selanjutnya, pada tahap Interview kerja di PT pasti selalu ada pertanyaan mengenai kelemahan kalian. Jika diminta untuk menjelaskan kelemahan yang dimiliki, maka jawablah seperti ini :

“Kekurangan Saya adalah pelupa, Pak/Bu. Tapi untuk meminimalisir kelemahan itu, Saya selalu mencatat hal-hal dan pekerjaan yang harus dan akan saya lakukan setiap hari. Saya juga sering memasang alarm di HP saya. “

14. Apa rencana Anda dalam kurun waktu 5 tahun ke depan?

Saat menjalani Interview kerja di PT dan mendapatkan pertanyaan seputar apa rencana kalian dalam 5 tahun ke depan, jangan sampai jawab ” Saya tidak tahu, karena saat ini Saya hanya fokus bekerja” Jawaban seperti itu menandakan kalian sebagai pribadi yang tidak punya prinsip dan tujuan.

Jawaban yang baik dan benar untuk pertanyaan diatas adalah :

” Saya punya rencana dalam 5 tahun ke depan ingin memberangkatkan Umrah kedua Orang Tua Saya. Selain itu, Saya juga punya rencana memiliki rumah dan menikah. Oleh karena itu, Saya akan berusaha semaksimal mungkin untuk mencapai target tersebut, salah satunya dengan cara bekerja di PT (….)”

15. Kenapa Anda memilih Resign dari PT sebelumnya?

Khusus untuk kalian yang memilih Resign dari PT sebelumnya dan mendaftar di PT baru, biasanya ada pertanyaan terkait alasan kalian Resign ketika menjalani Interview kerja di PT baru. Pertanyaan tersebut bisa kalian jawab seperti ini :

” Saya Resign dari PT sebelumnya karena kemampuan dan skill Saya merasa kurang dihargai. Oleh karena itu, Saya Resign dan mencoba peruntungan di PT Bapak / Ibu “

16. Apakah Anda bersedia jika harus ditempatkan di luar kota?

Pertanyaan tersebut bisa dijawab seperti ini :

Baik Pak/Bu, kalau Saya boleh berpendapat, besar harapan Saya untuk bisa bekerja di kota Karawang. Tapi, apabila kedepannya perusahaan memiliki kebijakan lain untuk menempatkan Saya di luar kota, bisa dipastikan Saya bersedia mengikuti aturan tersebut. Saya percaya bahwa perusahaan Bapak/Ibu memiliki banyak pertimbangan untuk menempatkan seseorang di sebuah kota.”

17 . Lingkungan kerja seperti apa yang Anda suka?

Jawaban pertanyaan diatas :

” Saya menyukai lingkungan pekerjaan yang memungkinkan Saya untuk menjalin kerja sama dan bertemu orang banyak. Tapi yang pasti Saya sangat senang ketika berada di lingkungan kerja yang produktif dan bersahabat “

18 . Ada yang mau ditanyakan?

Jawaban pertanyaan diatas saat Interview kerja di PT adalah :

“Apa tahapan seleki setelah interview? Dan kira-kira kapan Saya bisa mendapat hasil dari interview ini Pak/Bu?”

“Apakah Bapak/Ibu ada masukan untuk Saya sebagai Fresh Graduate agar bisa berhasil menjalani posisi ini?”

Cara Menghadapi Test Interview Kerja di PT

Cara Menghadapi Test Wawancara di PT

Sampai disini kalian sudah tahu apa saja pertanyaan Interview kerja di PT beserta jawabannya. Dengan begitu, kalian bisa mempelajari soal-soal Interview kerja di PT yang kami sajikan diatas agar nantinya bisa lolos seleksi ketika menjalani Interview kerja di PT.

Meski begitu, perlu diketahui bahwa ketika sudah mempersiapkan semua jawaban dari pertanyaan yang bakal diberikan oleh HRD, saat Interview kerja di PT berlangsung banyak peserta yang gugup sehingga proses Interview berjalan berantakan.

Hal tersebut bisa menjadi alasan peserta tidak lolos Interview kerja di PT. Oleh karena itu, disini kami telah menyiapkan beberapa tips untuk menghadapi Interview kerja di PT, antara lain :

1. Berdoa Sebelum Interview Kerja di PT

Pertama, jangan lupa untuk berdoa sesuai kepercayaan masing-masing ketika menunggu panggilan Interview kerja di PT. Cara ini sangat berguna untuk mengendalikan mental supaya tidak gugup ketika Interview kerja di PT dengan HRD PT.

2. Berpikiran Positif

Kedua, selalu berpikiran positif dan hindari pikiran-pikiran yang membuat stress. Sebagai contoh, sambil menunggu panggilan Interview kerja di PT kalian bisa memikirkan bagaimana jika nanti bekerja di PT dan menerima gaji besar, ingin menyenangkan orang tua atau memikirkan hal lain yang membuat pikiran senang dan tenang.

3. Perbanyak Minum Air Putih

Ketiga, sebelum Interview kerja di PT kalian harus perbanyak minum air putih. Cara ini berlaku untuk meningkatkan fokus saat menjawab pertanyaan Internview nantinya.

4. Perhatikan Penampilan

Terakhir, penampilan juga menjadi salah satu kunci lolos Interview kerja di PT. Ya, ketika penampilan kalian rapih, bersih dan wangi maka hal itu bisa meningkatkan kepercayaan diri sehingga bisa dengan lancar menjawab semua pertanyaan Interview kerja di PT.

KESIMPULAN

Demikianlah informasi dari Inspired2Write.com mengenai pertanyaan saat Interview kerja di PT beserta jawabannya. Diatas kami juga menjelaskan beberapa tips menghadapi test Interview kerja di PT. Semoga dengan adanya informasi kali ini, semua calon pekerja di PT yang menjalani tahap seleksi Interview kerja di PT bisa mempersiapkannya secara lebih matang sehingga bisa lolos dan diterima kerja di PT. Selamat berjuang!!

sumber gambar :

  • tabalong.kalsel.polri.go.id
  • lifepal.co.id
  • Gramedia.com

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.