10 Pertanyaan Interview Alfamart dan Jawabannya 2022

Pertanyaan Interview Alfamart – Keberadaan Alfamart bukan hanya hanya memudahkan masyarakat memenuhi kebutuhan sehari-hari, namun juga membuka banyak lapangan pekerjaan. Dimana banyak sekali gerai Alfamart yang membuka lowongan untuk fresh graduate.

Nah, untuk diterima menjadi karyawan Alfamart, kalian akan melewati sejumlah tahapan seleksi, mulai dari tes pesikotes, tes matematika, hingga tes fisik. Salah satu tahapan seleksi yang juga akan menentukan kalian layak menjadi karyawan Alfamart atau tidak yaitu interview.

Kebanyakan pelamar gagal pada tahap interview, terutama fresh graduate yang memang masih belum paham dengan apa yang ditanyakan pada saat tes wawancara. Namun, jangan khawatir karena disini kami akan membagikan pertanyaan dalam tes wawancara Alfamart.

Dimana pada kesempatan kali ini kami akan memberikan pertanyaan-pertanyaan yang sering ditanyakan HRD ketika tes wawancara calon karyawan Alfamart. Adapun pertanyaan interview Alfamart agar kalian dapat diterima menjadi karyawan, silahkan simak di bawah ini.

Citayam

Persiapan Interview Alfamart Agar Cepat Direkrut

Persiapan Interview Alfamart Agar Cepat Direkrut

Sebelum kalian mengetahui apa saja pertanyaan yang sering ditanyakan oleh HRD, ada baiknya kalian mempersiapkan semuanya yang diperlukan dalam melakukan wawancara. Persiapan interview perlu dilakukan agar kalian cepat direkrut menjadi karyawan Alfamart.

Berikut ini beberapa tips persiapan interview Alfamart agar cepat direkrut.

  1. Cari tahu lebih banyak informasi terkait profil dan kabar terkini mengenai perusahaan.
  2. Pelajari posisi dan deskripsi pekerjaan yang akan kalian lamar.
  3. Membuat catatan singkat mengenai pengalaman dan latar belakang.
  4. Menyiapkan pakaian interview yang sesuai dengan budaya kerja Alfamart (biasanya kemeja putih dan celana hitam).
  5. Persiapkan daftar referensi.
  6. Latih bahasa tubuh.

Siapkan Berkas Administrasi Terlebih Dahulu

Selain beberapa tips di atas, kalian juga perlu menyiapkan dokumen-dokumen yang harus dibawa. Meskipun terlihat sepele, namun jika ada satu saja berkas yang tidak lengkap, kalian bisa dinyatakan gugur. Berikut daftar berkas yang wajib ada ketika melamar pekerjaan di Alfamart.

  • Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP) jika sudah punya.
  • Fotokopi Kartu Keluarga (KK).
  • Fotokopi Nomor Wajib Pemegang Pajak (NPWP).
  • Fotokopi Ijazah SMA Sederajat Terakhir.
  • Fotokopi Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK).
  • Pas Foto Ukuran 3×4 Berwarna.

Pertanyaan Interview Alfamart

Pertanyaan Interview Alfamart

Kualifikasi dan kemampuan jadi faktor penting dalam proses rekrutmen tenaga kerja di semua perusahaan. Bagi Human Resources Development (HRD) bagaimana cara calon karyawan menjawab pertanyaan interview merupakan hal akan sangat menentukan.

Dari berbagai pertanyaan mereka dapat mengukur apakah calon tenaga kerja tersebut layak bergabung di perusahaannya atau tidak. Berikut daftar pertanyaan interview Alfamart.

1. Ceritakan Deskripsi Singkat Tentang Diri Kalian

Sebagai awal proses interview biasanya HRD akan melontarkan pertanyaan tentang deskripsi singkat tentang diri kalian. Ceritakan deskripsi singkat mengenai diri kalian kepada pewawancara dengan santai dan jangan panik. Deskripsi diri dapat meliputi banyak hal mulai dari:

  • Nama Lengkap
  • Usia
  • Alamat atau Domisili
  • Pendidikan Terakhir

2. Apa yang Anda Ketahui Tentang Perusahaan Kami?

Dari pertanyaan ini pihak HRD Alfamart ingin mengetahui seberapa aktif kalian mencari informasi tentang perusahaan PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (Alfamart). Kalian bisa mencari tahu informasi di bidang retail atau dibidang lain yang sedang berkembang.

3. Apakah Anda Memiliki Pengalaman Kerja Sebelumnya?

Jika kalian memiliki pengalaman kerja, disarankan untuk menyebutkan secara detail. Umumnya HRD akan mempertimbangkan pengalaman yang dimiliki oleh pelamar kerja. Ceritakan pengalaman sebelumnya, berapa lama bekerja dan pencapaian yang diperoleh?

Akan tetapi jika baru pertama kali terjun ke dunia kerja, jawablah dengan jujur. Sertakan juga penyataan komitmen untuk bersedia belajar dan menimba pengalaman.

4. Mengapa Anda Ingin Bekerja di Alfamart?

Beritahu alasan kalian memilih berkarir di Alfamart. Kalian dapat meyakinkan HRD tentang kelebihan brand Alfamart dibandingkan dengan minimarket yang lain. Jelaskan juga tentang keterkaitan kemampuan yang kalian miliki dengan kebutuhan perusahaan.

5. Apakah Anda Dapat Bekerja Sebagai Sebuah Tim?

Jawab dengan percaya diri apakah kalian mampu menjaga relasi sosial yang baik. Sertakan juga apabila kalian memiliki pengalaman bekerja sama sebagai sebuah tim.

6. Apa Kelebihan Anda?

Jawab dengan percaya diri apa yang menjadi kelebihan kalian. Setidaknya sertakan 3 kelebihan dalam diri Anda yang ada kaitanya dengan ruang lingkup pekerjaan. Katakan dengan jujur tidak perlu dilebih-lebihkan atau dikurangi.

7. Apa Kekurangan Anda?

Sebutkan 3 kekurangan Anda yang relevan dengan posisi pekerjaan yang Anda lamar. Jelaskan pula solusi nyata untuk mengatasi kekurangan tersebut.

8. Apa Yang Ingin Anda Capai 5 Tahun Kedepan?

Nah, disini HRD ingin mengetahui potensi kalian dalam bekerja itu seperti apa. 5 tahun kedepan ini adalah rencana kalian setelah bekerja di Alfamart. Sampaikan bahwa 5 tahun ke depan, kalian ingin berkarir dan mengabdi di perusahaan ini apa yang sudah dikuasai, seperti skill, kemampuan dan daya pola pikir yang baik untuk membuat perusahaan Alfamart semakin baik.

9. Kenapa Kami Harus Menerima Anda?

Dari pertanyaan ini HRD ingin mengetahui seberapa percaya diri Anda. Kalian dapat menjawab dengan yakin bahwa kalian cocok di perusahaan Alfamart, sesuai dengan kualifikasi, sesuai dengan skill, kemampuan dan pengalaman yang dikuasai sebagai bahan kepercayaan diri.

10. Berapa Gaji yang Saya Minta?

Nah, untuk menjawab ini, sebaiknya jangan meminta gaji terlalu berlebihan. Mintalah gaji sesuai prosedur penggajian karyawan di Alfamart yang kalian lamar. Kalian dapat meminta gaji sesuai dengan UMR atau UMK. Intinya sesuaikan gaji dengan biaya hidup kalian.

Nah, itulah beberapa pertanyaan interview Alfamart yang dapat inspired2write.com bagikan buat kalian semua. Sekiranya cukup itu saja informasi dari kami, semoga artikel di atas membantu.

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.