7 Pengaruh Globalisasi Dalam Keberagaman Ekonomi

Pengaruh Globalisasi Dalam Keberagaman Ekonomi – Globalisasi adalah proses dimana orang-orang dan negara-negara di dunia semakin saling terkait satu sama lain, sehingga saling memerlukan serta mempengaruhi dalam berbagai bidang seperti ekonomi.

Globalisasi merupakan hasil hubungan serta pertukaran perdagangan dan budaya secara besar-besaran, yang didorong oleh perkembangan teknologi. Globalisasi sendiri telah menghasilkan peningkatan perdagangan internasional dalam bidang ekonomi.

Dengan globalisasi menghasilkan keberagaman ekonomi dan sebagai dampak paling menonjol serta meluasnya pasar internasional. Kebebasan pasar internasional dalam hal ini, era pasar bebas membuka peluang kerja sangat luas, meningkatkan pendapatan negara dan lainnya.

Ada banyak pengaruh globalisasi dalam keberagaman ekonomi yang membuat pasar internasional semakin luas. Lantas apa saja pengaruh-pengaruh globalisasi tersebut? Adapun untuk penjelasan lebih lengkap lagi, langsung saja simak ulasan dari inspired2write di bawah ini.

Pengaruh Globalisasi Dalam Keberagaman Ekonomi

Pengaruh Globalisasi Dalam Keberagaman Ekonomi
Advertisements

Seperti yang telah kami sebutkan di atas bahwasanya pengaruh globalisasi dalam keberagaman ekonomi yakni membuat pasar internasional semakin bebas dan terus meningkat.

Selain itu, masih ada beberapa pengaruh lainnya dari globalisasi terhadap keberagaman ekonomi. Adapun pengaruh-pengaruh tersebut, simak selengkapnya di bawah ini.

1. Meningkatkan Perdagangan Internasional

Seiring dengan perkembangan teknologi dengan penemuan televisi, radio, telepon, kapal, pesawat terbang, serta satelit dan internet membuat globalisasi meningkat pesat. Dalam hal ini globalisasi telah menghasilkan peningkatan perdagangan internasional.

2. Memudahkan Impor Barang Baku

Meningkatnya perdagangan internasional juga akan membuat perusahaan lebih mudah mendapatkan bahan baku dari impor. Misalkan perusahaan roti di Indonesia akan lebih mudah membeli tepung terigu dari Turki.

3. Terciptanya Bisnis E-Commerce

Pengaruh globalisasi selanjutnya yakni munculnya bisnis e-commerce. Kemajuan teknologi dengan penemuan internet menjadi pemicu menjamurnya e-commerce, pasalnya dengan adanya internet kegiatan apa saja dapat mempermudah akses kegiatan bisnis.

4. Memudahkan Aktivitas Ekspor

Bukan hanya memudahkan aktivitas impor barang baku, namun pengaruh globalisasi dalam keberagaman ekonomi juga akan memudahkan perusahaan menjual hasil produksi ke luar negeri dengan ekspor.

5. Meningkatnya Sektor Pariwisata

Manfaat lain dari adanya globalisasi di bidang ekonomi yakni meningkatkan sektor pariwisata di suatu negara. Pariwisata merupakan sektor penting yang bisa menjadi tumpuan ekonomi suatu negara, oleh karena itu dengan adanya globalisasi dapat menjadi ajang antar negara untuk mempromosikan wisata suatu negara.

6. Munculnya Perusahaan Multinasional

Dengan adanya globalisasi sebuah perusahaan bisa beroperasi di lebih dari satu negara. Hal ini membuat munculnya banyak perusahaan multinasional.

7. Membuat Persaingan Kerja Semakin Keras

Globalisasi membuat persaingan lapangan kerja yang sangat keras dan membuat kita harus memiliki pendidikan dan ketrampilan tinggi agar bisa bersaing. Hal ini karena kita dapat mencari kerja di luar negeri, namun tenaga kerja asing juga dapat bekerja di Indonesia.

Pengaruh Negatif Globalisasi di Bidang Ekonomi

Pengaruh Negatif Globalisasi di Bidang Ekonomi
Advertisements

Bukan hanya memberikan dampak positif saja, namun keberagaman dalam bidang ekonomi juga memberikan dampak negatif yang terbilang merugikan kegiatan ekonomi.

Globalisasi tak hanya menumbuhkan inovasi atau pembaharuan, namun juga bisa menimbulkan kerugian. Adapun pengaruh negatif globalisasi di bidang ekonomi yaitu sebagai berikut.

  1. Terhambatnya pertumbuhan industri lokal.
  2. Kegiatan impor yang melebihi kegiatan ekspor.
  3. Kesenjangan sosial meningkat.
  4. Tumbuhnya kapitalisme.
  5. Gaya hidup investasi yang meniru budaya barat.

Manfaat Keberagaman Ekonomi

Manfaat Keberagaman Ekonomi
Advertisements

Keberagaman kegiatan ekonomi memberikan banyak manfaat bagi kehidupan manusia. Coba bayangkan saja, jika tidak ada seorang guru, seorang dokter, petani ! tentu saja kehidupan tidak akan berjalan dengan baik dan kebutuhan pun tidak bisa terpenuhi secara maksimal.

Berikut adalah beberapa manfaat keberagaman ekonomi :

  1. Lapangan pekerjaan akan semakin luas.
  2. Kebutuhan akan barang dan jasa dapat terpenuhi.
  3. Harga yang diberikan akan lebih murah.
  4. Dapat memberikan ilmu pengetahuan kepada orang lain yang belum mengerti.
  5. Bisa dijadikan sebagai bahan evaluasi untuk memperbaiki kesalahan yang berhubungan dengan kegiatan ekonomi.

Dengan adanya globalisasi, setiap negara memiliki peranan masing-masing dalam kegiatan ekonomi. Seperti hanya Indonesia yang memiliki banyak PERAN DALAM BIDANG EKONOMI DI ASEAN.

Dalam hal ini setiap negara memiliki peran masing-masing dalam meningkatkan ekonomi internasional. Nah, demikianlah informasi lengkap dari inspired2write.com terkait pengaruh globalisasi dalam keberagaman ekonomi, semoga informasinya bermanfaat.

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.