6 Manfaat Nasi Untuk Ayam Bangkok Aduan

Manfaat Nasi Untuk Ayam Bangkok – Mungkin merawat ayam bangkok memang terbilang mudah, cukup dengan memberi makan secara rutin, membersihkan kandang dan memberi vitamin serta nutrisi ayam akan sehat. Namun, apakah perawatan ayam bangkok hanya itu saja.

Tentu saja tidak, pemberian pakan juga harus diperhatikan, terlebih lagi ayam bangkok yang dipelihara sering dijadikan untuk ayam aduan. Tentu saja pemberian pakan harus memiliki banyak manfaat dalam meningkatkan kemampuan bertarung ayam bangkok itu sendiri.

Nah, asal kalian tahu ternyata nasi putih juga memiliki banyak manfaat untuk ayam bangkok aduan, bahkan manfaat yang diberikan hampir setara dengan MANFAAT BERAS PUTIH UNTUK AYAM BANGKOK. Dengan begitu, tentu saja nasi putih cocok diberikan untuk ayam aduan.

Kalian bisa memberikan nasi putih sebagai pakan ayam bangkok dewasa ataupun anak ayam bangkok, karena memang manfaatnya yang sangat banyak. Lantas, apa saja manfaat nasi untuk ayam bangkok? Adapun manfaat dari nasi putih untuk ayam yaitu sebagai berikut.

Manfaat Nasi Untuk Ayam Bangkok

Manfaat Nasi Untuk Ayam Bangkok
Advertisements

Keuntungan memberikan nasi untuk ayam ialah dapat menghemat biaya. Bukan itu saja, nasi juga bisa memberikan asupan gizi yang seimbang, maka tak heran bila banyak pemelihara ayam bangkok yang menjadikan nasi putih sebagai pakan campuran atau pakan utama.

Sebagai kombinasi, biasanya nasi dicampur dengan pur, dedak atau jagung giling demi meningkatkan nutrisi. Nah, berikut beberapa manfaat nasi untuk ayam bangkok aduan.

1. Menambah Berat Badan Ayam

1. Menambah Berat Badan Ayam
Advertisements

Jika ayam bangkok memiliki tubuh kurus dan kekurangan berat badan, maka nasi merupakan pakan yang cocok diberikan untuk menggemukkan ayam. Kandungan karbohidrat pada nasi yang lebih besar dibandingkan jagung, akan menambah berat ayam bangkok dengan cepat.

Untuk menambah berat badan ayam bangkok dewasa, kalian bisa memberi pakan nasi dicampur dengan jagung giling atau dedak. Sedangkan untuk menggemukkan anak ayam bangkok kalian bisa mencampur nasi putih dengan pur, agar anak ayam cepat tumbuh dewasa.

2. Sebagai Sumber Energi

2. Sebagai Sumber Energi
Advertisements

Manfaat lainnya dari nasi yaitu sebagai sumber energi yang baik. Nasi putih lebih mudah dicerna oleh ayam bangkok aduan aduan, sehingga lebih cepat terserap dan menjadi energi.

Ayam aduan diharuskan memiliki tenaga yang cukup, baik saat bertarung maupun saat latihan. Nah, untuk mendapatkan energi yang besar, nasi menjadi makanan paling cocok.

3. Cocok Untuk Ayam Bangkok Sakit

3. Cocok Untuk Ayam Bangkok Sakit
Advertisements

Ketika ayam bangkok sakit, pemberian pakan adalah hal yang benar-benar harus diperhatikan. Selain memberi obat dan nutrisi tambahan, nasi ternyata bisa dijadikan sebagai makanan utama ketikan ayam bangkok sakit, karena nasi memiliki tekstur lembut dan mudah dicerna.

Selain itu, kandungan nutrisi pada nasi juga jauh lebih besar dan baik dibandingkan jagung giling serta dedak, juga akan membantu proses pemulihan ayam bangkok agar cepat sehat.

4. Sebagai Pakan Tambahan

4. Sebagai Pakan Tambahan
Advertisements

Selain beberapa manfaat di atas. Nasi juga bisa dijadikan sebagai makanan tambahan untuk ayam bangkok aduan dengan dikombinasikan dengan pakan lain seperti dedak, pur dan jagung.

Mencampur nasi dengan pakan lainnya tentu saja akan meningkatkan nutrisi. Jadi wajar saja bila banyak peternak menggunakan makanan racikan nasi agar ayam memiliki kualitas bagus.

5. Menghemat Pakan

5. Menghemat Pakan
Advertisements

Manfaat nasi untuk ayam bangkok berikutnya ialah dapat menghemat biaya pakan, karena memang dari segi biaya pakan ayam bangkok terbilang besar. Oleh sebab itu, sebagai pecinta ayam bangkok kalian harus cerdas dalam memberikan pakan pada ayam.

Dalam hal ini pemberian nasi untuk ayam bangkok dapat dijadikan sebagai alternatif menghemat biaya, karena bisa dijadikan untuk pakan selingan. Apalagi harga jagung serta konsentrat terbilang lumayan mahal, belum lagi jika memelihara banyak ayam bangkok.

6. Membuat Tubuh Ayam Lebih Kekar

6. Membuat Tubuh Ayam Lebih Kekar
Advertisements

Manfaat lainnya yaitu akan membuat tubuh ayam terlihat lebih kekar. Sama seperti MANFAAT JAGUNG GILING UNTUK AYAM ADUAN, nasi juga memberikan manfaat bagi tubuh ayam agar terlihat lebih kekar, karena memiliki kandungan nutrisi yang cukup besar.

Dengan energi yang cukup dan badan yang kekar, tentu saja akan membantu ayam bangkok dalam bertarung. Sehingga bisa dengan cepat melumpuhkan lawan bertarungnya.

Efek Samping Nasi Untuk Ayam Bangkok

Efek Samping Nasi Untuk Ayam Bangkok
Advertisements

Meskipun memberikan banyak manfaat, namun nasi juga dapat memberikan efek samping untuk ayam itu sendiri. Karena kandungan karbohidrat yang sangat tinggi, tentu saja jika diberikan secara berlebihan efek samping nasi ini bisa membuat ayam bangkok kegemukan.

Ayam bangkok kelebihan berat badan tentu bukan hal bagus, karena akan membuat ayam sulit beraktivitas dan sulit bergerak. Dalam hal ini untuk menghindari efek samping tersebut dapat disesuaikan dengan pelatihan ayam secara rutin agar ayam tidak kegemukan.

Nah, itulah beberapa manfaat nasi untuk ayam bangkok aduan yang dapat inspire2write.com sajikan untuk kalian semua. Dengan banyak manfaat yang diberikan tentu saja, nasi sangat baik untuk ayam bangkok peliharaan kalian. Sekiranya cukup sekian, semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.